Jul 17, 2020

Tips untuk Hari Kerja yang Lebih Bahagia


Klip "Up & Up" di atas merupakan salah satu klip yang sangat kreatif. Sedangkan liriknya menceritakan tentang perspektif kita tentang dunia tempat kita berpijak ini. Kita mempunyai mimpi-mimpi dan apa yang harus kita lakukan untuk menggapainya. Tetapi kita sering berfikir hidup ini tak akan bisa kita ubah dan menyalahkan keadaan dan dunia ini yang tak cukup baik. Namun, anggapan itu semua salah ! Kenapa ? Dalam klip "Up & Up" ini menggambarkan tentang dunia dan kesibukkan orang-orang didalamnya terjadi begitu indah dengan cara mereka sendiri. Terkadang kita memang butuh sebuah pandangan baru yang lebih positif, berhenti menyalahkan keadaan! Karena semua dimulai dari diri kita sendiri. Lakukan yang terbaik, sebaik-baiknya yang kita bisa.

Seandainya hal tersebut di terapkan dalam lingkungan kita kerja. Karena sekitar sepertiga dari jam bangun kita banyak dihabiskan di kantor. Ini adalah waktu yang cukup lama, dan sudah seharusnya kita bisa melewatinya dengan perasaan yang menyenangkan dan membahagiakan. Menjadi bahagia di kantor mungkin tidak selalu mudah, tetapi sangat mungkin. Berikut adalah cara untuk menjadi lebih bahagia di kantor.

• Tetapkan tiga target kecil setiap hari

Terkadang kita sulit untuk melangkah maju karena kesibukan pekerjaan, gangguan email, panggilan telepon, dan persaingan yang terus menerus. Dengan mencatat tiga hal kecil yang ingin Anda capai setiap hari dan jika kemudian Anda lupa karena kesibukan dapat mengingatkan diri Anda dari tujuan yang telah Anda buat. Salah satu cara terbaik untuk mengatur dan melacak pekerjaan sehari-hari Anda adalah dengan papan Kanban. Jika Anda belum pernah menggunakannya atau mencobanya. Ini sederhana, namun efektif.


• Hindari negativitas di tempat kerja

Tidak peduli betapa bahagianya Anda, negativitas, gosip, dan rekan kerja yang sering mengeluh dapat menguras energi Anda. Sebagai gantinya, cobalah berteman dengan rekan kerja yang positif, kolegial, dan dapatkan sumber daya yang mendukung perkembangan Anda . Lebih baik lagi... menjadi orang yang positif dan memiliki manfaat bagi perkembangan tempat kerja Anda. Hal itu mungkin juga akan lebih cepat memajukan karir Anda.

• Jadikan ruang kerja seperti milik Anda sendiri

Karena Anda menghabiskan begitu banyak waktu di ruang kerja Anda, alangkah baiknya jika Anda membuatnya nyaman, santai, dan itu juga cerminan dari kepribadian Anda. Namun harus tetap sederhana. Over-cluttering ruang kerja Anda dapat mengganggu konsentrasi kerja Anda.

• Membudayakan dan mengembangkan sifat profesional kerja Anda

Pengembangan sifat profesional kerja akan membantu Anda merasa bertanggung jawab dengan karir Anda dan tumbuh sebagai seorang profesional. Dengarkan saran dari atasan Anda, tetapi jadilah pemimpin diri Anda sendiri. Fokus dengan tujuan yang ingin Anda raih, di mana posisi Anda sekarang (jabatan Anda). Ambil langkah setiap hari yang memajukan Anda untuk mencapai tujuan Anda.

• Berorientasi pada masa depan

Kejadian - kejadian yang kurang menyenangkan tidak akan membuat hari tampak suram jika Anda memiliki tujuan jangka panjang yang solid, dan Anda melakukan pekerjaan sesuai dengan harapan mereka. Fokus pada pekerjaan Anda sekarang, tetapi tidak melupakan tujuan besar Anda. Cara terbaik untuk mencapai tujuan adalah memiliki satu tujuan jangka panjang (satu sampai tiga tahun ke depan). Lay out langkah yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan pada flowchart, seperti ini:

No comments:

Post a Comment