Jan 7, 2019

Keindahan dan Manfaat Bunga Golden Trumpet



Golden trumpet adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai bunga alamanda dan juga sering disebut sebagai bunga lonceng kuning (Yellow Bell), atau bunga buttercup (Buttercup Flower). Tumbuhan indah dengan bunga kuning keemasan yang harum ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan dan banyak ditemukan di Brazil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya yang indah.
Alamanda pada umumnya berwarna kuning dan memiliki 3 jenis spesies utama, yaitu: spesies Allamanda Nerrifolia berwarna kuning cerah, Allamanda Cathartica berwarna Kuning, dan Allamanda Purpureceae berwarna kuning keunguan.

Golden terumpet sangat bagus digunakan sebagai pagar tinggi yang alami. Tanaman ini adalah tanaman kayu yang merambat, bisa mencapai tinggi 15 kaki.


Bisa juga dipangkas dengan bentuk yang lebih kompak, terutama bila ditanam dalam pot.


Atau di tempatkan di sudut - sudut taman.

Karena tidak memiliki sulur, ia harus dibantu tali atau yang lain untuk membantunya menempel. Daunnya bulat dan berombak, panjangnya 4-6 inci. Ini bisa tumbuh cukup besar, jadi perlu ruang yang cukup luas.

Di samping indah bunga Golden trumpet, diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan, beberapa fungsi medis, salah satunya dapat dipakai sebagai laksatif.

■ Daun Golden trumpet digunakan untuk penawar racun dan dipakai sebagai ramuan herbal untuk penyakit bisul atau abses, eksim, dan kurap. Rasa daun bunga alamanda ini pedas, pahit, berkhasiat laksatif (pencahar) dan penyebab muntah (emetik).

■ Getah bunga Golden trumpet yang berwarna putih memiliki sifat anti bakteri dan juga antibiotik sehingga dapat dijadikan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah kuman atau bakteri.

■ Bunga Golden trumpet juga dapat digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa,

■ Akar Golden trumpet dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kuning.

No comments:

Post a Comment