Jul 16, 2020

Tips Membuat You Tube Story' agar Chanel Anda Lebih Interaktif


Gambar yang di iringi lagu "The Story" di atas SettiaBlog ambil dari Youtube Story Taylor Swift World. Senyumnya cantik kan? Acungkan jempol saja, sudah banyak yang subscribe. Ya, jelas, walaupun mokong tapi fansnya banyak banget. Pasti semua ingin kan seperti Taylor Swift, punya banyak sekali fans. Dan YouTube memberi sarana untuk berinteraksi dengan fans Anda. Tidak mau kalah dengan media sosial lainnya, YouTube meluncurkan fitur story mulai tahun 2017 lalu. Pada awalnya YouTube menamai fitur itu dengan sebutan Reels. Tidak seperti pada media sosial lain, Reels akan muncul di laman channel masing-masing kreator. Setahun kemudian, YouTube melakukan rebranding dan mengganti Reels menjadi YouTube Stories. Yang bisa membagikan story adalah kreator yang memiliki minimal 10.000 subscriber. Bagaimana cara membuatnya?
Siapkan handphone Android atau iPhone Anda dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

• Pastikan Anda sudah login di aplikasi YouTube

Anda harus login dengan akun Anda yang memiliki setidaknya 10.000 subscriber. Caranya mudah, Anda hanya perlu klik ikon bulat yang ada di kanan atas aplikasi kemudian login.

• Tap ikon kamera di bagian atas, ia berada di sebelah ikon pencarian

Ikon kamera dengan tanda plus. Jika di aplikasi tidak ada tanda plusnya, berarti jumlah subscriber Anda masih kurang.

• Di kolom Create, klik Story

Anda akan disuguhkan beberapa pilihan mengenai apa yang ingin Anda bagikan. Mulai dari video, live, story, atau post.

• Anda akan masuk ke kamera

Seperti story di media sosial lain, Anda bisa tap tombol capture untuk mengambil foto. Anda juga bisa menekan tombol lebih lama untuk mengambil video.

• Anda juga bisa akses galeri handphone

Jika Anda ingin mengambil foto dan video yang sudah ada di galeri, klik ikon persegi di bagian kiri bawah.

• Ada banyak elemen ekstra yang bisa ditambahkan

Anda akan mendapatkan efek-efek lain yang bisa membuat story semakin menarik. Mulai dari musik, filter, stiker, dan teks.

• Terakhir, klik post untuk membagikan story

Berbeda dari media sosial lain, di YouTube, semua orang bisa melihat story yang Anda bagikan. Subscriber bisa melihatnya melalui kolom story di atas tab Subscriptions. Sedangkan orang lain bisa melihatnya jika mereka melihat channel Anda.

• Highlight komentar di story

Anda bisa memberikan highlight pada respons orang lain dengan stiker komentar. Caranya, klik ikon Comments, pilih komentar mana yang ingin Anda highlight kemudian tap Reply in Story. Anda bisa menambahkan video atau foto untuk menyertai stiker komentar. Klik Post untuk membagikannya.

Story di YouTube bertahan lebih lama daripada di Snapchat atau Instagram. Ia akan berakhir setelah 7 hari. Sementara komentar orang lain tetap bisa Anda baca hingga 30 hari setelah story dibagikan di YouTube Studio.

No comments:

Post a Comment