Jul 15, 2020

Tips Tingkatkan Kepercayaan Diri dan Berani Tuangkan Ide


SettiaBlog acungkan jempol untuk ide klip di atas. Sederhana tapi sangat imajinatif. Tidak semua orang berani menuangkan ide, mungkin karena malu atau kurang percaya diri. Soal malu, awalnya SettiaBlog seorang pemalu, pendiam, dan tidak percaya diri. Tak heran, SettiaBlog sering diam dalam diskusi kelompok. Sekalipun terpaksa harus melakukan presentasi, badan SettiaBlog gemetar, keringat bercucuran padahal ruangan ber-AC, suara terbata-bata, wajah tegang, dan pikiran sering blank. Hal yang sama tejadi pada aspek lain. SettiaBlog grogi berada di orang-orang yang baru kenal. Untunglah SettiaBlog tidak menyerah, terus menumbuhkan kepercayaan diri meskipun harus jatuh bangun. Dan berikut ada tips meningkatkan believe in you and your ideas. Dan untuk Selena Gomez penampilannya tambah ceria, cerah dan penuh semangat, ini yang SettiaBlog suka.


Ingat Allah Subhanahu wa Ta’ala

Tak bisa dipungkiri, masalah demi masalah datang bertubi-tubi di kehidupan kita. Masalah-masalah tersebut sering membuat kita kehilangan percaya diri dalam menjalani hidup. Untuk mengembalikan rasa percaya diri tersebut, cara mudahnya adalah mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan mengigat Allah Subhanahu wa Ta’ala, Anda akan yakin dan optimistis bisa menjalani kerasnya hidup. Selain itu, Anda memiliki backing maha kuat yang akan membantu Anda dalam setiap kesulitan sehingga hati Anda akan tentram. Jadi, jika Anda merasa tidak percaya diri dalam menghadapi sesuatu, ingatlah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yakinlah akan kebesaran-Nya.

Perbaiki penampilan

Terkadang, rasa kurang diri disebabkan oleh penampilan. Oleh karena itu, untuk membangun rasa percaya diri Anda, perbaiki penampilan Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang laki-laki yang hendak bertemu wanita, tata rambut Anda dengan rapi. Tidak hanya berhenti di rambut. Anda bisa juga mewangikan tubuh Anda dengan menggunakan deodoran atau parfum. Selain itu, gunakan juga baju yang rapi dan pakai ikat pinggang agar celana Anda tidak kedodoran.

.Hentikan pikiran negatif

Kurang percaya diri bisa disebabkan oleh pikiran negatif. Beberapa di antaranya yang mungkin Anda miliki adalah adalah:

• Merasa diri sendiri tidak berharga

• Takut ditolak

• Takut salah dengan apa yang akan dilakukan

• Takut direndahkan atau diremehkan orang lain

• Merasa diri lebih rendah dari orang lain

• Merasa akan ditertawakan orang lain

Anda harus menghentikan pikiran negatif karena akan memenjarakan Anda dalam krisis kepercayaan diri. Cara mudahnya adalah dengan mengafirmasi, yaitu mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif atau sesuatu yang Anda maui.

Contoh afirmasi untuk pikiran-pikiran negatif di atas adalah:

Saya adalah orang berharga karena sama-sama ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala

Penolakan adalah hal lumrah sehingga saya harus mencobanya

Kesalahan adalah tanda orang sedang belajar

Orang lain akan menghargai saya karena saya menghargai mereka juga

Membuat orang lain tertawa itu lebih baik daripada membuat orang lain sedih

Identifikasi satu kelebihan kunci Anda

Persaingan adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas Anda. Agar Anda percaya diri menghadapi persaingan tersebut, Anda seyogianya mengetahui apa kelebihan Anda dibanding pesaing Anda. Oleh karena itu, mulai sekarang identifkasi satu kelebihan kunci Anda sehingga Anda fokus dan menjadi ahli di bidangnya. Dengan menjadi ahli di bidangnya, Anda akan percaya diri dan tidak takut lagi dengan pesaing Anda. Sebagai contoh, jika Anda sekarang bergelut di dunia social media marketing, tentukan satu kelebihan Anda. Cukup satu. Itu bisa Facebook marketing, Twitter marketing, atau Instagram marketing.

Baca buku

Buku adalah gudang ilmu. Meskipun sekarang ini banyak informasi gratis bertebaran di internet, buku memiliki sejumlah manfaat yang tidak ada di informasi gratis tersebut. Dengan membaca buku bermutu, wawasan dan pengetahuan Anda akan meningkat sehingga meningkat pula kepercayaan diri Anda. Sebagai contoh, SettiaBlog ingin menguasai copywriting yaitu teknik menulis naskah untuk mempromosikan produk, jasa, atau ide. SettiaBlog membeli sejumlah buku tentang copywriting di Amazon. SettiaBlog lantas membaca prinsip-prinsip copywriting dan menerapkannya pada postingan blog SettiaBlog.

Sapa orang yang baru dikenal

Berada di orang-orang yang baru dikenal sangat tidak nyaman. Triknya adalah menyapa mereka duluan sehingga mencairkan suasana. Sebagai contoh, Anda menghadiri rapat orang tua siswa di sekolah anak Anda. Anda bisa menyapa beberapa orang tua siswa atau guru dengan mengucapkan asalamualaikum, hai, atau halo apa kabar. Dengan menyapa duluan, Anda mencairkan suasana dan berusaha memberi kesan pertama yang positif. Anda pun tidak akan merasa sendirian atau dikucilkan. Yang penting lagi, Anda memiliki teman baru.

Lakukan persiapan sebaik mungkin

Anda sering gugup saat presentasi? Stres menghadapi wawancara kerja? Percaya atau tidak, kuncinya terletak di persiapan. SettiaBlog tidak bohong kepada Anda. Penyebab utama ketidakpercayadirian yang SettiaBlog rasakan saat melakukan presentasi adalah kurangnya persiapan. Namun, ketika mempersiapkan diri dan materi sebaik mungkin. Hasilnya, SettiaBlog membawakan materi presentasi lebih baik dari waktu ke waktu. Seperti apa persiapannya? Katakanlah SettiaBlog akan mempresentasikan materi tentang content marketing minggu depan. Persiapan yang akan di lakukan adalah:

Meriset referensi online tentang content marketing. Ini meliputi statistik, prinsip, teknik, dan studi kasus content marketing

Melakukan curah ide (brainstorming) untuk materi yang akan di bawakan dengan menggunakan teknik Mind Map

Membuat slide presentasi dan menyelesaikannya dua hari sebelum pelaksanaan

Latihan presentasi minimal 3 kali

Menonton video Youtube dari beberapa pembicara favorit SettiaBlog.

Memvisualisasikan ketika melakukan presentasi tersebut. Dan juga membayangkan bagaimana menyampaikan presentasi dan respons peserta

Terapkan teknik “Jika-Maka”

Teknik “Jika-Maka” ini sederhana, namun hasilnya sangat efektif. Mengapa? Karena Anda mempersiapkan sesuatu bila situasi dan kondisi tidak sesuai yang Anda harapkan, sebaik apa pun Anda melakukan persiapan. Sebagai contoh, jika Anda akan bertemu teman kencan Anda untuk kali pertama, penerapan teknik “Jika-Maka” antara lain:

Jika gugup saat bertemu si dia, maka akan ke toilet sebentar untuk menenangkan diri

Jika si dia sibuk dengan telepon genggamnya, maka akan memancingnya dengan pembicaraan ringan

Jika si dia berbicara tentang topik yang tidak ketahui, maka akan menjadi pendengar yang baik

Dengan menerapkan teknik “Jika-Maka”, Anda akan tahu tindakan yang mesti dilakukan jika sesuatu terjadi tidak sesuai harapan Anda. Dengan kata lain, Anda tidak akan blank.

Tetapkan sasaran kecil untuk meraih sasaran besar

Anda menetapkan sasaran besar? Itu tidak salah. Mungkin berbeda dengan Anda, SettiaBlog lebih suka menetapkan sasaran kecil terlebih dahulu sebelum meraih sasaran besar. Setelah meraih sasaran kecil, lebih percaya diri meraih sasaran besar. Sebagai contoh, SettiaBlog jarang berolahraga. Jika menetapkan sasaran berlari 30 menit sebanyak 3x dalam seminggu, SettiaBlog akan “lumpuh” sebelum bertindak. Banyak alasan yang akan menghindarkan dari meraih sasaran tersebut. Solusinya adalah menetapkan sasaran push up satu kali setiap hari dan meraihnya. Setelah berhasil melakukan push up setiap hari, meningkatkannya dengan jalan kaki 5.000 langkah dalam seminggu.

Kesuksesan kecil tersebut memberikan motivasi dan menaikkan rasa percaya diri dalam meraih sasaran berlari 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Bandingkan Anda dengan diri sendiri

Cara lain untuk membangkitkan rasa percaya diri adalah tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain. Mengapa? Karena orang lain akan terus memiliki kelebihan dibanding Anda sehingga bisa menghilangkan percaya diri Anda. Solusinya? Bandingkan Anda dengan diri sendiri apa adanya. Sebagai contoh, jika tahun sebelumnya Anda tidak berolahraga dan sekarang melakukan satu kali push up setiap hari, maka Anda sedang menuju kesuksesan. Ingat, kesuksesan akan menggulirkan kesuksesan lain sehingga Anda lebih percaya diri menjalani hidup yang Anda rasa keras ini.

Bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki dan bagaimana kondisi Anda sekarang akan membangun rasa percaya diri Anda. Mengapa? Karena dengan bersyukur, Anda akan terhindar dari stres dan perasaan negatif lain. Sebagai contoh, Anda bersyukur masih bisa makan hari ini, menghirup udara, memiliki pekerjaan, dan sebagainya.

Berdoa sebelum memulai sesuatu

Berdoa sebelum memulai sesuatu bisa juga membantu Anda melejitkan rasa percaya diri Anda. Hal ini karena doa akan membuat Anda mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala dan berharap lindungan-Nya dalam setiap langkah Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang muslim, ucapkan doa keluar rumah sebelum bepergian. Bagaimana jika Anda tidak tahu doa-doa? Pelajari doa-doa sehari-hari, dan kalau masih belum bisa, ucapkan bismillah saja. Kepercayaan diri bukanlah genetik, melainkan keterampilan yang bisa dipelajari dan ditingkatkan. Jika Anda sekarang kurang percaya diri, triknya adalah mencari akar penyebab mengapa Anda tidak percaya diri dan berusaha sekuat tenaga mengatasi penyebab tersebut.

No comments:

Post a Comment