Jun 21, 2020

Tips Mencari Bentuk Khusus Semangat Anda


Potongan lirik lagu "fight song" milik Rachel Platten.
This is my fight song
Take back my life song
Prove I'm alright song

(Mungkin pada saatnya tiba, kita harus benar-benar menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Ketika orang lain menjatuhkan hidup kita, pada saat itulah kita harus mengeluarkan segala kemampuan untuk membuktikan bahwa kita masih baik-baik saja.)
Seperti yang pernah di hadapi Selena Gomez, mulai di bully, di khianati pacarnya, berjuang melawan sakit lupus, masalah dengan keluarga dan lain-lain. Namun Dia tetap tabah menghadapi semua, dan SettiaBlog berharap Dia tetap kuat. Tidak hanya Selena Gomez siapapun pasti akan mengalami cobaan yang tidak mengenakkan. Haruskah kita menyerah? Tentu tidak. Kita harus punya semangat khusus untuk menguatkan dan membangkitkan diri kita.


Sampai detik ini, Anda tentu sudah tahu bahwa semangat atau passion adalah tujuan, alasan atau keyakinan Anda dalam membangun kehidupan yang sejahtera. Anda juga tahu bahwa hobi dan ketrampilan bukanlah semangat Anda, melainkan perwujudan dari semangat Anda. Selanjutnya, Anda perlu tahu bagaimana cara mengetahui semangat Anda. Mengetahui bentuk umum semangat tidaklah cukup. Anda harus tahu dengan rinci apa semangat Anda secara khusus. Semangat Anda tidaklah sama dengan semangat orang lain. Anda memiliki sebuah semangat istimewa yang tidak dimiliki orang lain dan hanya dimiliki oleh Anda.

Bila Anda tidak tahu bentuk khusus semangat Anda, Anda tidak akan memiliki nilai lebih dibanding orang lain. Anda tidak akan bisa menjadi diri sendiri dalam hubungan-hubungan Anda. Ide-ide Anda tidak akan dihargai saat Anda memberi saran untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Sebaliknya, bila Anda tahu bentuk khusus semangat Anda, nilai lebih Anda akan terukur dengan jelas. Anda akan memiliki kepribadian yang khas dalam hubungan-hubungan Anda. Orang-orang akan menghargai ide-ide Anda dan bahkan meminta saran kepada Anda untuk menyelesaikan suatu masalah.

Mengetahui bentuk khusus semangat Anda berarti mengetahui diri Anda sendiri. Anda bisa mengetahui nilai beda Anda dibandingkan orang lain. Memang tidak mudah dan butuh waktu untuk mencari tahu bentuk khusus semangat Anda, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat yang sebanding dengan usaha Anda.

Apa yang dimaksud bentuk khusus semangat?

Bentuk umum semangat yaitu tujuan, alasan, atau keyakinan Anda. Anda juga sudah membaca contoh Sir Richard Branson, yang memiliki bentuk khusus semangat berpetualang. Sekarang saatnya Anda mencari tahu bentuk khusus dari semangat Anda. Dalam merancang kehidupan sejahtera, Anda memiliki rancangan Anda sendiri. Anda menggunakan prinsip-prinsip umum untuk membangun hidup yang sejahtera, dan Anda juga memiliki tujuan yang umum untuk mencapai kesejahteraan. Selain itu, Anda memiliki tujuan khusus dalam hidup Anda. Tujuan umum Anda sama dengan orang lain, yaitu membangun hidup sejahtera, tetapi tujuan khusus Anda berbeda dan hanya Anda yang bisa mencapainya.

Membangun kehidupan sejahtera membutuhkan semangat. Kesejahteraan yang umum membutuhkan semangat yang umum. Kesejahteraan yang khusus butuh semangat yang khusus. Karena itu, Anda membutuhkan bentuk khusus semangat agar bisa mencapai tujuan khusus kesejahteraan Anda. Bentuk khusus semangat bisa juga disebut sebagai sistem nilai atau value system Anda. Sistem nilai atau value system adalah :
A value system is a set of consistent values and measures. A principle value is a foundation upon which other values and measures of integrity are based.
(Sistem nilai adalah rangkaian penilaian dan tolak ukur yang konsisten. Nilai prinsip adalah fondasi yang menjadi dasar bagi nilai dan ukuran integritas lain.)

Dalam bukunya Start With Why, Simon Sinek menjelaskan pentingnya sistem nilai atau value system:
Value, by definition, is the transference of trust. You have to earn trust by communicating and demonstrating that you share the same values and beliefs.
Again, a WHY is just a belief, HOWs are the actions we take to realize that belief, and WHATs are the results of those actions. When all three are in balance, trust is built and value is perceived.

(Definisi nilai adalah pemindahan kepercayaan. Anda harus mendapatkan kepercayaan dengan cara mengkomunikasikan dan mendemonstrasikan bahwa Anda memiliki nilai dan kepercayaan yang sama.
Sekali lagi, WHY atau KENAPA hanyalah suatu kepercayaan, HOW atau BAGAIMANA adalah tindakan yang kita lakukan untuk mewujudkan kepercayaan itu, dan WHAT atau APA adalah hasil dari tindakan tersebut. Saat ketiga-tiganya seimbang, tercipta kepercayaan dan terlihat nilai.)

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan sistem nilai atau value system adalah rangkaian penilaian dan tolak ukur konsisten yang menjadi dasar bagi kepercayaan yang Anda pegang, tindakan yang Anda lakukan, dan hasil yang Anda dapatkan. Nilai atau value yang Anda pegang dalam hidup berbeda dengan orang lain. Walau ada nilai atau value yang umum dipegang semua orang, Anda memiliki sistem nilai atau value system yang khusus bagi Anda sendiri. Sistem nilai khusus Anda terdiri dari rangkaian penilaian dan tolak ukur khusus Anda.

Sistem nilai khusus inilah yang menjadi dasar dari bentuk khusus semangat Anda.

Karena sistem nilai khusus mempengaruhi kepercayaan, tindakan, dan hasil Anda, maka sangat penting untuk mencari tahu bentuk khusus semangat berdasarkan sistem nilai khusus Anda. Selanjutnya, Anda perlu tahu bagaimana cara mencari bentuk khusus semangat Anda.

Bagaimana langkah mencari bentuk khusus semangat?

Metode yang bisa Anda gunakan untuk menemukan WHY atau KENAPA adalah dengan bertanya. Ada metode yang disebut 5 Whys untuk menemukan akar sebuah permasalahan. Metode ini dikembangkan oleh Sakichi Toyoda dari perusahaan Toyota, tetapi kemudian diadopsi dan dipakai oleh perusahaan-perusahaan lain di dunia untuk mengatasi tantangan manajemen.

Metode ini sangat mudah dan terbukti sangat efektif untuk menemukan penyebab suatu permasalahan. Anda bisa menggunakan metode ini untuk menemukan bentuk khusus semangat Anda. Cara melakukan metode 5 Whys adalah sebagai berikut :

• Tulis permasalahan secara spesifik.

• Menuliskan permasalahan membantu Anda melihat gambaran lengkapnya. Hal ini membantu Anda fokus untuk menyelesaikan permasalahannya

• Tanya kenapa permasalahan itu terjadi dan tulis jawabannya dibawah masalahnya

• Bila jawaban yang Anda dapatkan tidak menjelaskan akar penyebab masalahnya, tanya kenapa lagi dan tulis jawabannya

• Ulangi langkah ke-3 sampai Anda mampu mengidentifikasi akar penyebab masalahnya. Hal ini bisa membutuhkan lebih atau kurang dari lima kali.

Walaupun penjelasan di atas mengatakan Anda mulai dengan menulis permasalahan, untuk menemukan bentuk khusus semangat, Anda juga bisa menuliskan hobi atau ketrampilan Anda. Memulai dari hobi atau ketrampilan Anda sangat membantu untuk menemukan bentuk khusus semangat Anda. SettiaBlog biasa menggunakan metode 5 Whys untuk membantu seorang teman menemukan bentuk khusus semangatnya. Hal yang dijadikan dasar untuk memulai prosesnya adalah jurusan kuliah yang diambil oleh teman SettiaBlog. Dia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Universitas Al Azhar.

Contoh proses 5 Whys yang terjadi adalah seperti berikut:

(?) Kenapa kamu kuliah di jurusan Hubungan Internasional?

• Karena aku mau jadi diplomat

(?) Kenapa kamu mau jadi diplomat?

• Karena aku ingin bepergian ke luar negeri

(?) Kenapa kamu mau bepergian ke luar negeri?

• Karena aku merasa hal itu keren

(?) Kenapa kamu merasa hal itu keren?

• Karena hal itu membuat aku diapresiasi oleh orang lain

SettiaBlog berhenti pada pertanyaan ke-empat karena SettiaBlog merasa akar penyebabnya sudah ditemukan. Bagi teman SettiaBlog, bentuk khusus semangatnya adalah mengapresiasi dan diapresiasi orang lain.

Bentuk khusus semangat ini muncul dari kebutuhan dasar manusia untuk menghargai dan dihargai. Sistem nilai yang menjadi dasar bagi kepercayaan yang dipegang teman SettiaBlog, tindakan yang dilakukannya, dan hasil yang didapatkannya adalah sistem nilai berdasarkan memberi dan menerima apresiasi.

Bisakah Anda lihat bagaimana metode 5 Whys mampu membantu Anda menemukan bentuk khusus semangat Anda?

Cari semangat Anda bersama seorang rekan

Anda sudah tahu apa yang dimaksud bentuk khusus semangat. Anda juga sudah tahu metode 5 Whys untuk mencari bentuk khusus semangat Anda. Bila Anda ingin menggunakan metode ini, sebaiknya Anda meminta bantuan seorang rekan.

Seorang rekan bisa membantu Anda dengan cara menanyakan kelima pertanyaan kenapa seperti contoh di atas. Bila Anda melakukan metode di atas seorang diri, Anda akan sulit menjawab secara objektif. Sebaliknya, bila Anda dibantu seorang rekan, Anda akan bisa menjawab objektif dan mendapatkan bentuk khusus semangat Anda.

Dengan sekedar mengetahui bentuk umum semangat saja, Anda sudah memiliki modal yang kuat untuk membangun kehidupan sejahtera. Ditambah dengan mengetahui bentuk khusus semangat Anda, Anda sudah termasuk sejumlah elit manusia yang memahami apa yang dibutuhkan untuk membangun hidup yang sejahtera. Bila Anda belum mengetahui bentuk semangat Anda, carilah segera. Mintalah bantuan seorang rekan untuk melakukan metode 5 Whys seperti contoh di atas. Dengan mengetahui bentuk khusus semangat Anda, Anda punya nilai lebih dibanding orang lain yang akan sangat membantu dalam perjalanan Anda merancang kehidupan yang sejahtera.

No comments:

Post a Comment