Jun 22, 2020

Tips Menata Kamar Tidur Sesuai Feng Shui


Klip di atas adalah salah satu rumah milik Selena Gomez, SettiaBlog suka karena penataannya yang simple, rapi dan bersih. Dengan mengikuti panduan feng shui di harapkan bisa menata rumah yang rapi, bersih indah dan nyaman. Kenyamanan rumah akan mempengaruhi penghuninya, termasuk kamar tidur.
Dengan mengikuti panduan feng shui kamar tidur ini, Anda punya kesempatan untuk lebih memperbaiki kualitas tidur Anda. Tentu Anda tahu, selain faktor stress dan masalah emosi lainnya, masih banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Untungnya, faktor-faktor lainnya tersebut sangat mungkin diatasi dengan cara-cara dan langkah-langkah yang tepat. Berikut ini beberapa cara memperbaiki kualitas tidur yang bisa Anda coba berdasarkan panduan feng shui kamar tidur.


Penempatan Kamar Tidur Terbaik



• Pilih Kamar Tidur di Area Belakang Rumah

Area belakang rumah berarti area yang dekat dengan halaman belakang atau yang paling jauh dari pintu utama rumah. Alasan utamanya yaitu area belakang rumah biasanya adalah area yang paling senyap dan tentu akan sangat membantu Anda beristirahat. Dengan begitu, waktu istirahat Anda takkan terganggu oleh suara bising atau aktivitas apapun yang dihasilkan manusia ataupun mesin (kendaraan).

• Hindari Kamar Tidur di Atas Garasi

Tips feng shui kamar tidur yang kedua berupa anjuran untuk tak membuat kamar tidur di area yang kurang baik seperti di atas garasi. Pasalnya, tempat tidur di atas garasi sangat mungkin terdampak banyak gangguan seperti suara bising pintu garasi, bau mesin, hingga serangga liar. Pengecualian bisa didapatkan bila Anda mampu menghilangkan faktor-faktor di atas yang membuat lokasi feng shui kamar tidur Anda buruk.

• Hindari Kamar Tidur di Area yang Sangat Aktif

Area yang sangat aktif meliputi area kamar mandi, ruangan hiburan, atau ruangan lain dengan intensitas aktivitas yang cukup tinggi. Biasanya, kendala ini muncul di rumah-rumah konvensional dan takkan terjadi di apartemen atau hunian vertikal lainnya. Feng shui kamar tidur di atas tempat-tempat tersebut dipandang buruk karena dampaknya akan sangat mengganggu kualitas tidur Anda.

• Hindari Kamar Tidur di Atas Dapur Terbaik

Area di atas dapur juga dipandang sangat tak baik menurut prinsip feng shui kamar tidur untuk kesehatan dan kualitas tidur. Beberapa ahli menyebutkan tidur di atas area ini membawa energi negatif yang akan berdampak buruk bagi kualitas tidur dan kesehatan. Salah satu alasan logisnya yaitu suhu di atas area dapur biasanya lebih tinggi dari suhu standar akibat aktivitas memasak di dapur.

• Jangan Buat Ukuran Kamar Berlebihan

Tips berikutnya mengenai feng shui kamar tidur untuk kesehatan dan peningkatan kualitas tidur adalah soal ukuran kamar tidur. Ternyata, ukuran kamar tidur sebaiknya tak dibuat terlalu besar karena justru akan berdampak buruk pada kualitas tidur Anda. Bila kamar tidur terlalu besar, kemungkinan besar Anda akan merasa lebih capai ketika bangun tidur meskipun waktu tidur Anda cukup.

Penempatan Tempat Tidur Terbaik



• Tempatkan Kepala Tempat Tidur Berlawanan dengan Dinding

Ketika dalam penerbangan Anda mendapatkan kursi dekat jendela, apakah Anda akan tidur dengan kepala di dekat lorong jalan? Hal yang sama juga berlaku dalam menentukan posisi tempat tidur. Menempatkan kepala tempat tidur berlawanan dengan tembok akan menghadirkan perasaan aman dan membuat Anda tidur dengan lebih cepat.

• Jangan Tempelkan Tempat Tidur di Tembok yang Berpintu

Tips feng shui kamar tidur yang satu ini sangat penting terutama bila Anda tinggal dengan orang lain baik pasangan, keluarga, ataupun siapapun. Jika pintu terbuka saat Anda sedang tidur, pasti akan langsung membangunkan Anda karena suara dan gerakan pintu yang dibuka. Jadi, daripada harus selalu terbangun dan terganggu karena pintu yang dibuka, lebih baik posisikan kepala menghadap pintu.

• Jangan Letakkan Kepala Tempat Tidur di Bawah Jendela

Ketika Anda tidur dengan posisi kepala tepat di bawah jendela, tidur Anda akan lebih mudah terganggu akibat energi negatif yang datang dari luar. Energi chi tersebut meliputi suara angin, bebauan, suara bising, cahaya, bayangan, hingga kehadiran serangga. Feng shui kamar tidur melarang hal ini karena gangguan-gangguan tersebut akan mengacaukan tidur Anda dan kualitas tidur Anda pun terganggu.

• Kepala Tempat Tidur Ditempatkan di Arah Berlawanan dengan Pintu

Berdasarkan tips feng shui kamar tidur, penempatan seperti ini akan menghasilkan kenyamanan, keamanan, dan kendali yang lebih baik. Persis seperti penjelasan pada poin nomor tujuh, langkah ini akan membuat Anda tak kerepotan ketika ada yang mengakses pintu. Anda pun akan merasa lebih tenang, mudah untuk kembali tidur, dan mendapatkan kualitas istirahat yang lebih baik.

• Jangan Tempelkan Tempat Tidur di Tembok Toilet

Larangan ini sama seperti larangan menempatkan kamar tidur tepat di bawah toilet. Jika kamar tidur Anda berada satu dinding dengan toilet, Anda pasti akan terganggu dengan suara berisik yang berasal dari aktivitas dalam toilet. Jika sudah terlanjur, solusi yang bisa Anda coba adalah dengan memasang headboard tebal untuk meminimalisir bunyi bising.

• Jangan Buat Dinding Kamar Tidur Bersebelahan dengan Dapur

Selain melarang penempatan kamar tidur di atas dapur, feng shui kamar tidur juga melarang kamar yang ditempatkan bersebelahan dengan dapur. Hal ini disebabkan oleh adanya elemen api dari dapur yang dapat menyebabkan insomnia serta berbagai masalah gangguan tidur lainnya. Secara ilmiah, energi panas dari dapur pun terbukti dapat menjalar hingga ke kamar tidur dan kemudian mengurangi kualitas tidur Anda.

Pengaturan Furnitur Kamar Tidur



• Buang Furnitur Gantung di Atas Tempat Tidur

Apa nyamannya tidur di bawah lampu hias gantung berukuran besar yang berada tepat di atas kepala Anda? Apakah tak mengganggu? Jika Anda menempatkan hiasan gantung di atas tempat tidur, Anda pasti takkan bisa merasa tenang karena tahu Anda tak 100 persen aman. Lebih baik hilangkan furnitur gantung tersebut dan tempatkan di tempat lainnya yang lebih tepat dan juga aman daripada di kamar tidur.

• Jangan Simpan Furnitur Besar di Sebelah Tempat Tidur

Meskipun Anda senang memajang furnitur besar seperti rak buku di sebelah tempat tidur, namun ternyata hal itu dilarang dalam feng shui tempat tidur. Daripada rak buku berukuran besar (atau furnitur besar lainnya), lebih baik Anda memilih furnitur berukuran kecil. Alasannya, furnitur besar bisa memunculkan perasaan tertekan yang tak Anda sadari karena keberadaannya.

• Keluarkan Barang yang Berhubungan dengan Pekerjaan dari Kamar Tidur

Poin berikut ini sudah cukup sering dibahas dalam berbagai anjuran ataupun larangan feng shui. Feng shui memang sangat melarang campur baur antara urusan istirahat dan pekerjaan karena hanya menimbulkan dampak negatif bagi Anda. Lebih parahnya, kebiasaan buruk ini akan menimbulkan dampak lain seperti stress akibat pekerjaan yang akan secara langsung merusak kualitas tidur Anda.

• Pilih Model Furnitur Konvensional

Furnitur modern memang memberikan kesan mewah dan indah yang sangat berbeda dibandingkan model furnitur konvensional. Apalagi bila Anda memilih furnitur yang terbuat dari material yang tak 100 persen kokoh, hal ini pasti juga akan mengganggu perasaan Anda. Lebih baik pilih furnitur yang mengutamakan kenyamanan dibanding model desainnya ya.

No comments:

Post a Comment