Apr 4, 2023

Tip's Menarik dan Ciptakan Energi Positif Setiap Hari

 



Kali ini SettiaBlog akan membawa ke suasana musim semi yang penuh warna carousel pink. Untuk menambah suasana SettiaBlog kasih video klip "breath of spring" di atas. Biar tambah seru lagi SettiaBlog kasih idiom a spring in one's step, maksudnya apa?  Ini ungkapan untuk menggambarkan seseorang yang berjalan penuh energi dan bahagia. Ketika menjalani aktivitas sehari-hari, kita mengirim energi ke dunia dan kita menerima kembali energi tersebut. Sebab pikiran, tubuh, dan roh kita terdiri dari energi, yang bergetar keluar dan bisa dirasakan oleh orang lain. Jadi, getaran apapun yang terjadi dalam diri kita akan berdampak pada simpanan energi kita sendiri. Energi yang baik dapat meningkatkan perasaan bahagia, menghilangkan perasaan cemas dan meningkatkan komunikasi. Sementara energi buruk menghasilkan perasaan perselisihan, konflik, dan bahkan kebencian. Maka dari itu penting sekali untuk menarik energi yang baik dan menolak yang buruk. Mulailah dengan beberapa  kunci harian untuk menarik dan menciptakan energi positif mengalir ke arah Anda.

• Perhatikan energi yang Anda pancarkan

Jangan berharap bisa menarik energi baik bila Anda sendiri lebih sering mengeluarkan energi negatif. Maka dari itu mulai perhatikan energi yang Anda pancarkan. Apakah memancarkan rasa damai, tenang dan bahagia? Atau apakah Anda lebih emosi dan penuh kesedihan? Fokuskan energi Anda pada hal-hal yang positif.

• Ubah pikiran Anda

Sangat mudah untuk membiarkan diri tergelincir ke dalam pesimisme atau bersikap acuh tak acuh. Tetapi jika Anda ingin menarik hal-hal baik, Anda harus membiarkan hal-hal positif membimbing Anda, bukan yang negatif. Jangan biarkan diri Anda berkubang dalam perenungan pesimistis. Berhentilah mencari berita buruk atau melebih-lebihkan yang negatif. Ganti pikiran negatif dengan pernyataan positif tetapi realistis yang menginspirasi Anda untuk mengambil tindakan.

• Singkirkan pengaruh negatif

Energi negatif dapat mengganggu perasaan bahagia dan menguras kepuasan Anda.  Pengaruh negatif ini dapat berupa orang, tempat, atau hal-hal yang mempengaruhi kehidupan Anda secara tidak menguntungkan. Mungkin ada orang-orang di sekitar yang meracuni kebahagiaan Anda secara keseluruhan, dengan kritik terus-menerus yang menjatuhkan atau malah mendapati diri Anda mengikuti kebiasaan buruk mereka. Singkirkan pengaruh negatif itu dan dan mulailah menciptakan kehidupan yang Anda inginkan. Berusahalah untuk membatasi paparan energi negatif dan perkuat mental diri Anda sebelum Anda menghadapinya.

• Perluas lingkaran energi positif

Sama seperti Anda mencoba untuk membatasi pengaruh negatif Anda, pastikan kamu mulai menghabiskan waktu dengan yang positif. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif dan sukses, yang suportif dan peduli. Tetap berteman dengan mereka yang membawa energi positif bersama mereka, dan pastikan Anda memelihara dan melindungi hubungan itu. Bawa energi baik Anda sendiri ke dalam lingkaran Anda dan bantu menciptakan sinergi positif yang akan meresap ke dalam kelompok.

• Sebar kebaikan dan belas kasih

Tindakan kebaikan kecil dapat memiliki dampak besar pada pemberi dan penerima. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang baik dan penyayang kepada orang lain lebih puas dengan kehidupan mereka, menikmati kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, dan memiliki hubungan yang lebih kuat.  Ada banyak cara mudah untuk menunjukkan kebaikan, seperti menulis pesan positif, membelikan secangkir kopi untuk orang lain, atau sekadar tersenyum saat Anda melewati orang asing. 

• Menumbuhkan rasa syukur

Temukan waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal yang Anda syukuri. Dengan menemukan cara-cara kecil untuk melatih rasa syukur, Anda akan membiarkan diri melepaskan emosi negatif dan menggantinya dengan pikiran positif. Anda dapat melatih rasa syukur setiap pagi dengan memikirkan 5 hal yang Anda syukuri. Kemudian pikirkan setidaknya satu orang yang Anda syukuri dalam hidup.

• Selaraskan diri Anda di masa sekarang dan masa depan

Hal-hal yang Anda gunakan, mulai dari waktu, energi dan uang akan berdampak pada masa depan. Semua pilihan hari ini akan membentuk diri Anda di masa depan. Jika Anda ingin energi positif mengalir melalui Anda, Anda harus mulai membuat keputusan yang akan mengarahkan Anda untuk menjadi orang yang Anda inginkan, dengan pekerjaan dan hubungan yang Anda inginkan.
Tanyakan pada diri Anda  pertanyaan-pertanyaan ini: Seperti apa hidup yang Anda inginkan ini? Siapa Anda di masa depan? Apa yang Anda lakukan? Mulailah menyelaraskan diri Anda saat ini dengan diri Anda di masa depan yang Anda inginkan. Saat Anda mulai mengambil langkah untuk menciptakan kenyataan yang Anda inginkan, Anda akan merasa termotivasi untuk mengendalikan lebih banyak bagian dalam hidup Anda. Semakin banyak tindakan yang Anda ambil ke arah yang positif, semakin Anda menciptakan realitas yang menguntungkan Anda sendiri.






Bottom Note

Video klip di Bottom Note ini juga bernuansa carousel pink, itu SettiaBlog ambil dari tembok kamar SettiaBlog ......he....he..... Backgroundnya juga sama, carousel pink dengan border geyser. Idiomnya SettiaBlog kasih spring fever, maksudnya  perubahan suasana hati atau perilaku yang dialami, seperti perasaan gelisah dan gembira. Atau biasa di bilang mood swing, sebenarnya ini adalah proses natural, tidak perlu khawatir. Dibawah ini ada beberapa tip's untuk Anda dalam mengatasi mood swing yang sedang melanda.

Ketika merasa mood mulai berubah, luangkan waktu untuk berhenti sejenak, tarik napas dalam-dalam, dan fokuslah pada pernapasan. Dengan memfokuskan perhatian pada hal yang bersifat sensoris, maka Anda dapat mengalihkan pikiran-pikiran negatif.

- Coba pelajari keterampilan mengatasi stres (coping stress). Intensitas perubahan suasana hati dapat dikurangi dengan melakukan coping stress. Misalnya seperti melakukan meditasi, yoga, teknik visualisasi, olahraga, dan aromaterapi. Selain itu, melakukan hal sederhana seperti hobi juga dapat mengatasi mood swing. Cara-cara tersebut dapat merelaksasi pikiran Anda, sehingga Anda lebih bisa merasa tenang.

- Cari keseimbangan hidup Anda dengan mulai meningkatkan gaya hidup sehat. Seperti lebih sering berolahraga, banyak makan sayur dan buah, dan tidur yang cukup. Dengan begitu, Anda dapat memegang kendali atas suasana hati Anda karena Anda mampu mengatasi kebiasaan yang buruk.

Buatlah diary mood tracker, setelah itu identifikasi apa yang menjadi pemicunya. Dengan mengenali suasana hati dan penyebabnya, maka Anda akan lebih sadar dan mampu mengendalikan mood, serta berusaha menghindari penyebabnya.
 

No comments:

Post a Comment