Apr 23, 2023

Fantasi Yang Tumbuh Sebagai Pelarian Manusia Dari Kenyataan

 



Video klip di atas itu "The Blower's Daughter". Enak kan ya suaranya gendhuk SettiaBlog, ndak....ndak....bercanda. Di bawah ini ada lirik + chord-nya, lagu ini enak di pakai belajar main gitar. Chord dan liriknya sederhana. Settia dulu suka lagu ini karena ada kata sederhana yang di ucapkan terdengar indah di lagu tersebut. So it is, arti kata tersebut "ya gitu lah", maksudnya apa Settia? Maksudnya, ya gitu lah. Waduuh....belum apa - apa Settia udah ngacau.
The Blower Diughter

[Verse 1]
  
  C 
And so it is
 F 
Just like you said it would be
 G                   F 
Life goes easy on me
  
  C 
Most Of the time

[Verse 2]

  
  C 
And so it is
 F 
The shorter story
G
No love, no glory
Am
No hero in her sky
[Chorus]
F
I can't take my eyes off of you
Em
I can't take my eyes off you
Dm
I can't take my eyes off of you
C
I can't take my eyes off you
F    G
I can't take my eyes off you
F    G
I can't take my eyes

[Verse 3]

  C 
And so it is
  F 
Just like you said it should be
  G 
                We'll both forget the breeze  
   F   C  C 
Most     Of the time

[Verse 4]

  C 
    And so it is  
  F 
  The colder water
  G 
  The blower's daughter  
  Am 
  The pupil in denial

[Chorus]

  F 
I can't take my eyes off of you
  Em 
       I can't take my eyes off you
  Dm 
  I can't take my eyes off of you
  C 
  I can't take my eyes off you  
  F   G 
 I can't take my eyes off you
    F- slide -G   
 I can't take my eyes...

[Bridge]

  D 
  Oooooooooohh  
  G 
   Did I say that I loathe you?  
  Em 
       Did I say that I want to
  A   Bm 
  Leave it all behind?

[Chorus/Outro]

  G 
    I can't take my mind off of you 
  F#m 
  I can't take my mind off of you
  Em 
  I can't take my mind off of you   
  D 
   I can't take my mind off of you  
  G    A 
 I can't take my mind off of you        
  G 
    I can't take my mind...

Blognya Settia ini di buat pertama kali pada bulan Ramadhan 2016 yang lalu. Makanya setiap habis lebaran kayak gini waktunya Settia untuk mengkaji dan menata ulang blog ini. Kali ini SettiaBlog memulai dengan memperkenalkan paduan warna Coffee dan Milk Chocolate. Ya mungkin yang perlu di perhatikan dalam blognya Settia itu antara bahasan yang sifatnya fantasi dan kenyataan. Biar lebih enak dan dan mudah di pahami SettiaBlog jelasin pakai ilustrasi ya. Fantasi adalah gambaran seseorang didalam alam pikir kita akibat persepsi yang kita bangun. Misalnya, karena dia baik kepada kita, maka kita anggap dia mencintai diri kita. Sementara lawan dari fantasi adalah kenyataan, yaitu kondisi yang sejatinya terjadi dan merupakan sebuah kebenaran.

Cinta terkadang bersifat buta, pandangan kita menjadi sempit sehingga kita sulit menilai. Hal ini bisa membuat kita jatuh cinta kepada fantasi tentang seseorang, bukan orang tersebut secara kenyataan. Satu-satunya cara untuk menghapus fantasi ini adalah dengan melakukan pendekatan. Disini kita akan memahaminya dari sisi terang dan sisi gelapnya. Ketika kebenaran terungkap, lalu harapan tak sesuai kenyataan, maka rasa cinta kita bisa terhapus. Sementara ketika harapan sesuai dengan kenyataan, rasa cinta bisa semakin menguat. Sehingga, jangan pernah biarkan diri kita jatuh cinta dalam fantasi belaka, ungkap kebenarannya dan cintai seseorang dalam keadaan sebenarnya.

Demikian pula ketika kita ingin kembali dengan mantan kekasih kita. Mungkin dimasa lalu misalnya setahun atau dua tahun yang lalu kita memadu kasih, lalu putus karena permasalahan tertentu. Lalu, terpikir untuk kembali kepadanya, karena kita berfikir bahwa dia masih orang yang dulu, yang saling mencintai dengan kita. Padahal, waktu pasti merubah seseorang, jangan-jangan kita jatuh cinta dengan dia yang ada di masa lalu, bukan dia yang hari ini ada. Begitu juga dengan dia, bisa saja dia memandang kita sebagai diri kita di masa lalu, bukan diri kita yang sudah memiliki sifat berbeda seperti sekarang.

Pertemuan kalian kembali bisa saja akan membuat kalian kecewa, karena banyak hal-hal yang berubah dari diri kalian. Jadi, janganlah terjebak dalam fantasi, kembalilah kepada kenyataan dan terimalah kebenaran yang ada.

Secara pribadi di tahun 2023 ini mungkin Settia akan banyak berubah. 2023 ini jika di jumlahkan perangka ; 2 + 0 + 2 + 3 = 7. Angka 7 (tujuh) ini bagi SettiaBlog sendiri memiliki arti tersendiri, makanya kombinasi angka 7 sering SettiaBlog gunakan untuk password atau yang lain yang sifatnya privasi. Dalam Kimia, garam yang memliki pH=7, sifatnya netral, makanya orang Jawa sering gunakan media pengobatan. Tujuh, kalau dalam bahasa Jawa pithu = pithulungan (pertolongan). Jika Anda membuka Al Qur'an pada surat ke 7 akan ketemu surat Al A'raf. Salah satu surat yang memiliki keistimewaan sebagai sarana untuk menolong seseorang dari masalah, kayak merukunkan suami - istri, menyembuhkan sakit, keluar dari masalah dan banyak lagi yang lainnya. Terus caranya gimana Settia? Ya mana Settia ngerti, itu kata orang - orang yang ngerti. Coba aja masukkan ke kue terus kasih ke orang. Gimana masukinnya Settia? Wes....SettiaBlog tambah ngacau....he....he....

Ini yang SettiaBlog maksud, harus hati - hati memahami bahasan SettiaBlog. Kalau itu sifatnya nyata tentu peluang kebenarannya juga besar. Tapi juga jangan salah paham tentang yang sifatnya fantasi. Ndak usah di tanggapi serius ya candaan SettiaBlog. Tapi beneran lho, kayaknya tahun 2023 ini akan banyak yang berubah dengan SettiaBlog, yang SettiaBlog rasakan seperti itu. SettiaBlog berubah tentu ada gaya yang merubah, sesuai hukum Newton "gaya akan menyebabkan suatu benda bergerak, berubah arah, atau bahkan berubah bentuk". Ya Allah SWT yang merubah Settia, ya, SettiaBlog paham itu tapi kan lewat perantara dan ini bisa siapa saja. Yang jadi pertanyaan, SettiaBlog perubahannya ke arah mana? Ke arah manapun perubahan SettiaBlog, SettiaBlog harus berterima kasih.






Backgroundnya di Bottom Note ini SettiaBlog kombinasikan warna platinum silver dan silver sand. Di Bottom Note ini video klip aslinya, lagu The Blower's Daughter yang merupakan soundtrack film lama "Closer". Lagu dan tema filmnya ada benang merah, mewakili para kaum penakluk (playboy) yang kehilangan perempuan, harapan dan petualangannya, sepi sendiri ndak pernah mendapatkan apapun terkecuali fatamorgana.

Manusia adalah makhluk yang memiliki berbagai kemampuan dan aspek yang membuat mereka lebih unggul dari makhluk lainnya. Mereka juga memiliki peradaban yang membuat dunia berubah seiring dengan perkembangan mereka. Hal - hal yang manusia percaya dan pikirkan saat ini membentuk peradaban dengan berbagai hal yang menakjubkan. Tak jarang ada hal - hal yang tidak masuk akal terjadi dalam kehidupan manusia sepanjang masa. Sehingga mereka yang tidak mengetahuinya mencoba mencari tahu sesuai dengan kemampuan berpikir mereka. 

Biasanya hal yang tidak biasa ini menjadi hal - hal yang tidak bisa mereka pikirkan. Hal itulah yang memunculkan berbagai kepercayaan akan sesuatu yang tidak terlihat atau yang disebut gaib. Selain hal tersebut juga beredar beberapa cerita yang tidak masuk akal menurut logika manusia. Ada yang percaya dengan hal tersebut dan ada juga yang tidak percaya. Mereka menyebut cerita yang tidak masuk akal tersebut sebagai fantasi. Selain tidak masuk akal, fantasi juga biasanya tidak pernah dibuktikan oleh seluruh dunia namun hanya beberapa bagian dalam masyarakat. 

Seringkali fantasi ini berkembang menjadi cerita atau hal lain dengan berbagai tujuan. Namun tujuan utama dari fantasi ini adalah untuk menghibur masyarakat dengan hal tersebut. Sehingga dari hari ke hari dengan perkembangan zaman manusia mereka membuat hiburan dengan fantasi yang sangat beragam. Tentu saja banyak orang yang menyukai hiburan tentang fantasi tersebut. Tapi karena hal itu semakin banyak orang yang menyukai fantasi daripada kenyataan. Contohnya saja ada yang mencintai fantasi sampai berani melakukan hal yang tidak masuk akal didunia nyata. 

Mereka yang menyukai fantasi biasanya dianggap sebagai orang yang melarikan diri dari kenyataan. Mereka dianggap tidak berani menghadapi kenyataan dan masalah dalam hidup mereka. Sehingga mereka memilih fantasi sebagai pelarian dan pelampiasan mereka dari kehidupan nyata tersebut. Memang terkadang kita memerlukan sesuatu untuk menenagkan diri kita. Akan tatapi jangan sampai membuat hal tersebut sebagai pelampiasan yang berlebihan akan kehidupan nyata. Karena kita adalah manusia yang pasti akan menghadapi kebahagiaan dan kesedihan dalam kehidupan kita.

No comments:

Post a Comment