Apr 24, 2023

Hal yang Biasa Dilakukan Orang Beruntung



Video Klip "home" di atas milik Michael Bublé, go home, ayo pulang..., bagaimanapun bentuknya rumah sendiri adalah tempat yang nyaman dan menyenangkan. Seperti halnya menjadi diri sendiri apa adanya adalah hal menyenangkan dan menenangkan. Waktunya SettiaBlog menata diri dan berbenah diri, semoga di tahun ini kita semua menjadi lucky persons (orang - orang yang beruntung). Bicara soal lucky persons, SettiaBlog akan ambil beberapa pola pikir orang - orang yang sudah boleh di bilang berhasil meraih impiannya.
“Saya sangat percaya pada keberuntungan. Saya menemukan bahwa semakin keras saya bekerja, semakin banyak yang saya miliki.” Thomas Jefferson.
Tak satu pun dari kita beruntung sepanjang waktu, tetapi ndak ada keraguan bahwa beberapa orang cenderung lebih beruntung daripada yang lain. Anda mungkin berkata, itu tidak adil. Atau Anda mungkin melihat bagaimana mereka memandang kehidupan dan bertanya pada diri sendiri apakah cara mereka melihat dunia yang membantu mereka menjadi lebih beruntung di dalamnya. Yang benar adalah bahwa orang yang beruntung, ndak beruntung karena kebetulan belaka. Mereka beruntung karena pola pikir yang mereka hidupkan. Pola pikir yang menerima nasib buruk sebagai hal yang ndak terhindarkan, tetapi  keberuntungan sebagai sesuatu yang kita ciptakan dengan kerja keras, keberanian, dan optimisme. 

Seperti yang pernah ditulis oleh Martin Seligman, pendiri psikologi positif; Orang optimis menanggung badai yang sama dalam hidup seperti orang pesimis. Tapi mereka bertahan lebih baik dan muncul dari mereka dengan lebih baik. Begitu pula dengan keberuntungan. Anda mungkin tidak dapat mengendalikan ekonomi, cuaca, pasar saham, atau alam semesta, tetapi penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat menciptakan keberuntungan Anda sendiri. Ini permainan yang panjang tetapi dengan hasil yang kuat. Orang yang beruntung mengatasi badai kehidupan dengan melihat peluang tersembunyi, memercayai diri sendiri, dan mengambil tindakan berani. Ketika masalah muncul, mereka dibantu oleh bantuan dari teman-teman yang suportif. Anda dapat mengubah keberuntungan Anda dengan strategi yang sama. Begini caranya.

1. Mereka Memercayai Intuisi Mereka

Terlalu sering kita terlalu bersandar pada logika otak kiri saja. Jadi, jika Anda telah membuat beberapa keputusan yang tidak menguntungkan, pikirkan di mana Anda dapat lebih menyesuaikan diri dengan intuisi Anda dan bertanya pada diri sendiri "Apakah ini terasa benar?".  Tentu saja ini bukan tentang membuang cara berpikir logika, tapi ini tentang menyesuaikan indra 'keenam' itu daripada mengabaikannya. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, ketika datang ke keputusan yang sangat besar dalam hidup, menganalisis hal-hal secara berlebihan sebenarnya dapat menurunkan peluang Anda untuk membuat keputusan terbaik. Studi telah menemukan bahwa otak Anda membedakan pola halus dan kompleks yang melampaui pemahaman alam sadar.

Wawasan yang tidak dapat dipahami itu dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik. Berani , dibutuhkan keberanian untuk memercayai naluri Anda dan semakin sering Anda melakukannya, semakin baik hal itu dapat membimbing Anda. Jangan abaikan firasat atau membungkam alarm internal Anda hanya karena Anda tidak dapat menjelaskannya. Orang yang beruntung bertindak berdasarkan naluri ini.

2. Mereka Mengambil Risiko

Keberuntungan orang hampir selalu berasal dari tindakan berani; dari mengambil risiko . Mereka sama sekali ndak beruntung. Itu adalah hasil dari tindakan berani; keluar dari keengganan bawaan kita untuk mengambil risiko yang terhubung ke dalam DNA kita. Artinya, kita diprogram untuk lebih fokus pada apa yang harus kita hilangkan daripada apa yang harus kita peroleh. Bertindak selaras dengan ini adalah ketidakmampuan kita untuk secara akurat memprediksi biaya kelambanan. Ini menjelaskan mengapa begitu banyak orang bertahan dengan situasi yang membuat mereka sengsara daripada meninggalkan keamanan yang dikenal karena ketidaktahuan yang lebih baik ndak diketahui.

Tentu saja ada banyak risiko yang valid dalam hidup dan kita perlu berhati-hati terhadapnya, tetapi memikirkan risiko dapat membuat kita tidak melihat peluang.  Dorong diri Anda keluar dari zona nyaman Anda dan pertaruhkan kerentanan Anda untuk sesuatu yang lebih penting daripada harga diri dan keamanan jangka pendek Anda. Tidak ada yang berharga yang pernah dibuat tanpa risiko. Kuncinya -  jangan menunggu untuk merasa berani sebelum Anda mulai bertindak seolah-olah Anda sudah berani!

3. Mereka Mengharapkan Hal Baik Terjadi

Orang yang mengharapkan hal baik terjadi pada mereka menarik lebih banyak hal baik, ada banyak ilmu di balik 'hukum tarik-menarik'. Yang benar adalah bahwa apa yang Anda keluarkan Anda dapatkan kembali… tidak secara instan, tidak setiap saat, tetapi seiring waktu ketika Anda mengharapkan hal-hal baik terjadi, Anda akan menemukan bahwa hal itu biasanya terjadi.

4. Mereka Melihat Gelas Setengah Penuh

Kemunduran bagi satu orang bisa menjadi peluang bagus bagi orang lain. Ini bukan tentang apa yang terjadi, tetapi bagaimana Anda menafsirkannya dan peluang yang Anda temukan di dalamnya. Seperti yang pernah ditulis oleh Napoleon Hill, "Dalam setiap kesulitan terdapat benih manfaat yang sama atau lebih besar." Ketika Anda memilih untuk mencari peluang dalam kesulitan Anda, Anda dijamin akan menemukannya  Jika Anda ndak bisa, lihat lebih keras. Anda ndak akan pernah menemukan keberuntungan dalam berbagai hal jika Anda hanya melihat apa yang salah dan apa yang tidak Anda miliki. Dengan bersikap optimis kita dapat menemukan peluang dalam kesulitan dan mengambil tindakan yang tidak akan diambil oleh teman pesimis kita. Pada gilirannya, kami menciptakan peluang baru untuk diri kami sendiri.

5. Mereka Merangkul Kegagalan Sebagai Tak Terelakkan

Tidak seorang pun, di ulang lagi, tidak seorang pun – selalu beruntung. Kita semua mengalami kemunduran. Kita semua memiliki kekecewaan. Kita semua memiliki rencana kita yang dihujani dari waktu ke waktu.  Tetapi orang-orang yang sering kita anggap beruntung ndak membiarkan nasib buruk menghentikan mereka untuk mencoba menciptakan lebih banyak keberuntungan. “Ekspektasi tinggi orang yang beruntung memotivasi mereka untuk bertahan,” bahkan ketika mereka tidak berhasil.

6. Mereka Bergaul Dengan Orang Beruntung Lainnya

Mari kita hadapi itu, orang-orang yang bergaul dengan kita memengaruhi pandangan hidup kita. Jadi jika Anda bergaul dengan banyak rengekan, mengeluh kepada orang-orang yang kurang beruntung, kemungkinan besar Anda akan segera kecewa. Emosi itu menular. Optimisme. Pesimisme. Takut. Kepercayaan diri. Ambisi. Pengunduran diri. Bersengajalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang memiliki pandangan hidup yang positif dan lebih sedikit waktu dengan orang-orang yang tidak.  Ini mungkin merupakan faktor paling penting untuk keberuntungan masa depan Anda. 

Bersamaan dengan bergaul dengan orang-orang yang berpikir beruntung dan berpikiran sama, penting juga untuk memperhatikan kata-kata Gandhi dan menjadi perubahan yang ingin Anda lihat pada orang lain. Lihatlah sisi yang lebih terang dan lebih terang. Bersikaplah ceria. Bagikan kata yang membesarkan hati. Tawarkan bantuan untuk membuat orang lain merasa beruntung. Ubah lemon itu menjadi limun. Berdiri tegak, berikan senyum di wajah Anda dan jalani sisa hari Anda dengan ekspresi wajah yang memberi tahu orang-orang bahwa Anda berharap mendapatkan yang baik… terlepas dari apa yang terjadi di sekitar Anda!




Bottom Note

Kalau video klip di Bottom Note ini "the lucky one" milik Taylor Swift. Ada yang pernah dengar dengan istilah lucky girl syndrome.  Secara dasar, lucky girl syndrome bukanlah suatu penyakit karena embel-embel "syndrome" yang mengikuti di belakangnya. Hal ini justru adalah efek cara berpikir dari seseorang yang selalu bersyukur dan mengubah perspektifnya dalam memandang suatu hal yang tidak berjalan sesuai keinginan. Sebagai contohnya, mungkin saja Anda pernah merasa sial karena hubungan percintaan yang selalu gagal dan Anda kerap merasa semuanya tidak adil bagi Anda. Namun, apabila Anda mengubah cara pandangan Anda akan tragedi ini menjadi suatu bentuk rasa syukur karena ternyata Anda dijauhkan dari orang yang tidak baik untuk membangun sebuah hubungan dengan Anda, maka Anda adalah orang yang beruntung.

Apabila kita secara terus menerus melakukan hal ini dan mengubah cara kerja otak dalam mengambil kesimpulan positif akan suatu kejadian, maka kita akan merasa bahwa kita adalah orang yang tergolong beruntung. Sehingga pada akhirnya, Anda akan selalu berpikir "Oh my God, I can't help it but I'm so lucky." Karena inilah, istilah lucky girl syndrome muncul.

lucky girl syndrome  ini adalah sebuah program neurolinguistik di mana kita menegaskan cara otak kita bekerja untuk lebih optimal. Karena, orang-orang yang selalu merasa tidak beruntung as if everything doesn't work out in their favor  akan memiliki kecenderungan untuk merasa tegang dan takut dengan hal-hal buruk yang akan menimpa mereka. Sehingga, mereka akan menjadi lebih sulit untuk jeli terhadap berbagai peluang yang sebenarnya datang kepada mereka secara tidak disadari. Berbeda dengan orang-orang yang selalu menganggap dirinya adalah orang yang beruntung. Mereka akan menjadi lebih santai, luwes dan selalu penuh dengan energi positif. Sehingga mereka pun dapat melihat berbagai kesempatan emas yang menghampiri mereka. Pada akhirnya, mereka akan terus menerus merasa beruntung akan apa yang terjadi di kehidupannya.
"When we change our thinking, it changes our mood, our emotions and then it changes our behavior. If you practice this actively, you'll be in a more positive mood, you'll respond differently to people, and they'll respond differently to you. Language and communication is such a powerful tool, the language we use shapes the reality we live in."

No comments:

Post a Comment