Mar 2, 2023

Ilmu itu Terwujudnya dengan di Jalani

 



Hari Selasa yang lalu SettiaBlog mencoba membuat pola acak dari kursi plastik yang tertumpuk, dari kursi plastik tersebut SettiaBlog tarik satu persatu dan SettiaBlog letakkan berserakan secara acak. Awalnya SettiaBlog hanya ingin membuat gambar pola acak dari kursi plastik tersebut. Ketika sudah berserakan SettiaBlog ada pemikiran lain, lalu kursi plastik itu SettiaBlog bariskan dan dengan cepat kursi plastik itu membentuk barisan di banding bila kursi plastik itu SettiaBlog ambil satu persatu dari tumpukan lalu SettiaBlog buat barisan. Kalau klip "Hero" di atas itu milik Enrique Iglesias. Ini lagu lama, ya mungkin sudah banyak yang kenal. Ya, kalau SettiaBlog ndak mau memaksakan diri menjadi seorang Hero (pahlawan).  SettiaBlog cukup menjadi diri sendiri dan mengurai semua keterbatasan ilmu SettiaBlog yang telah di berikan Allah SWT kepada  sesama, khususnya orang - orang yang SettiaBlog sayangi. Seperti kursi plastik yang SettiaBlog urai akan lebih mudah di tata menjadi sebuah barisan. Karena, kalau dalam filosofi Jawa di kenal dengan,
"Ilmu iku, kelakone kanthi laku, Lekase  lawan kas, Tegese kas nyantosani, Setya budya pangekesing dur angkara"
(Ilmu itu terwujudnya dengan dijalani, Dimulai dengan kemauan, Kemauan inilah yang membuat sentosa, Budi yang setia itu penghancur nafsu angkara)
Ilmu (ilmu) iku (itu), kelakone  (terlaksananya, terwujudnya)  kanthi  (dengan) laku  (dijalani). Ilmu itu terwujudnya dengan dijalani.

Iinilah ilmu tentang diri, yang berbeda dengan ilmu pengetahuan tentang dunia luar (sains). Dalam ilmu tentang diri perangkat utama sebagai alat untuk mengetahu adalah hati. Dalam istilah budaya Jawa disebut rasa. Melalui olah rasa itulah diri dikenali. Apa makna dari mengenali diri?  Jadi begini, dahulu kala ketika manusia hendak dilahirkan ke dunia Allah SWT telah menciptakan diri manusia di alam ruh. Di alam ruh itu bakal calon manusia telah diperkenalkan dengan Tuhan Yang Mengatur alam raya. Namun ketika turun ke dunia, pekat dan gelapnya alam materi membuat kita lupa akan asal-usul kita. Dan kita juga lupa tujuan akhir perjalanan yang semestinya kita tempuh. Dalam budaya Jawa ini disebut sangkan paraning dumadi.

Mengenali diri dengan demikian pada hakekatnya adalah mengingat (zikir) tentang sangkan paraning dumadi. Disebut mengingat karena dahulu kita telah mengetaui. Jadi itu bukan pengetahuan yang baru, melainkan telah tertanam dalam sanubari kita. Laku  yang arti harfiahnya adalah berjalan, adalah proses mengingat itu. Dalam laku  ada tatacara yeng harus ditempuh agar  rasa  kita terasah. Tatacara yang utama adalah syariat agama, yang kedua menahan hawa nafsu dan yang terakhir adalah menyepi. Tujuan menyepi adalah kontemplasi agar sang diri  dikenali.

Pengenalan diri menghasilkan apa yang  disebut sebagai budya  (budi). Ia adalah pikiran yang sadar diri. Pikiran yang berhasil melakukan sinkronisasi dengan hati yang berzikir. Oleh karena itu budi kadang diartikan sebagai pikiran, seperti pada kata akal budi, budidaya, . Dan di lain tempat diartikan sebagai hati, seperti pada kata budi luhur, berbudi, budi mulia, budiman.  Seorang yang berbudi adalah seorang yang sudah paham akan sangkan paraning dumadi.  Dalam bahasa filsafat modern disebut sebagai intelektual.

Lekase   (dimulainya) lawan  (dengan) kas (kemauan). Dimulai dengan kemauan.
Laku  tadi adalah sesuatu yang berat dilaksanakan, maka diperlukan kemauan yang keras dalam memulainya. Tanpa kemauan jalan yang akan dilalui untuk laku tidak akan tampak. Ibarat orang yang memegang obor di kegelapan. Seratus langkah ke depan adalah gelap semata, jika dia berkemauan untuk melangkah satu langkah, maka satu langkah ke depan akan terang. Begitu seterusnya sampai seratus langkah lagi, maka yang tadinya gelap akan kelihatan.
Tegese  (maknanya) kas  (kemauan) nyantosani (membuat sentosa). Kemauan inilah yang membuat sentosa.
Kemauan akan membuat seseorang kuat dalam menjalani laku. Karena selangkah demi selangkah jalan di depan akan terang dan terbuka untuk dilewati. Jika kemauan terpelihara sepanjang jalan maka proses laku akan mencapai titik akhir pada saatnya. Seperti kata pepatah, perjalanan seribu langkah selalu diawali dengan langkah pertama.

Setya (setia) budya (budi) pangekesing (penghancur) dur (keburukan) angkara (angkara). Budi yang setia itu penghancur nafsu angkara.
Sesudah akal budi terbentuk, aktual, mewujud dalam diri, maka akan mudah untuk menumpas nafsu angkara. Inilah puncak kekuatan manusia yang sebenarnya, mengalahkan dur angkara dalam dirinya. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, "orang yang paling kuat adalah orang yang dapat mengalahkan hawa nafsunya".


Bottom Note

Manusia di bagi menjadi empat golongan. Apa saja itu?

Pertama, Rojulun Yadri wa Yadri Annahu Yadri (Seseorang yang Tahu (berilmu), dan dia Tahu kalau dirinya Tahu). Tanpa bermaksud menghujat yang lain, manusia jenis atau golongan ini merupakan golongan manusia yang paling baik. Sebab, orang yang tahu bahwa dirinya mengetahui merupakan perilaku orang pintar, memiliki kemapanan ilmu. Dan dia mengetahui bahwa ilmu yang didapat harus benar-benar dimanfaatkan untuk umat. Jika menyebut suatu golongan yang terdapat dalam masyarakat Indonesia, makia ulama dan para kyai termasuk golongan ini. Tentu ulama di sini bukan sekedar orang yang memakai sorban dan memiliki jenggot. Sekali lagi, bukan! Akan tetapi benar-benar ulama, yang memiliki kedalaman pengetahuan (ilmu) dan ilmu ini benar-benar menjadikannya dekat dan takut kepada Allah serta mengajarkan kebaikan, menentang permusuhan. Terhadap golongan pertama ini, kita harus mengikuti, menghormati,dan meneladaninya dalam kehidupan sosial, politik, agama dan lainnya.

Kedua, Rojulun Yadri wa Laa Yadri Annahu Yadri (Seseorang yang Tahu (berilmu), tapi dia Tidak Tahu kalau dirinya Tahu). Golongan kedua ini sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Bahwa orang ini sebenarnya memiliki potensi atau kemapanan ilmu, akan tetapi tidak menyadari atau mengoptimalkannya untuk keperluan umat. Sehingga, orang pada golongan ini dianalogikan bak “macan tidur”.

Ketiga, Rojulun Laa Yadri wa Yadri Annahu Laa Yadri (orang yang tidak tahu dan mengetahui bahwa ia tidak tahu). Secara singkat dan sederhana, golongan manusia ketiga ini adalah mereka yang sedang dalam proses mencari ilmu. Artinya, mencari ilmu orang disini lebih kepada berangkat dari sesuatu yang tidak diketahui akan tetapi ia berusaha keras untuk mengetahuinya. Jenis manusia ini masih tergolong baik. Sebab, ini jenis manusia yang bisa menyadari kekurangannnya. Jadi, golongan ini bisa dikatakan belum memiliki kapasitas ilmu yang memadai, akan tetapi dia tahu dan menyadari fakta tersebut sehingga ia berusaha keras untuk belajar dan mengejar ketertinggalan.

Keempat, Rojulun Laa Yadri wa Laa Yadri Annahu Laa Yadri  (orang yang tidak tahu dan tidak mengetahui bahwa ia tidak tahu). Alfandi dalam Ihya ‘Ulumuddin; Filsafat Ilmu dan Kesucian Hati di Bidang Insan dan Lisan, mengatakan bahwa jenis manusia keempat ini paling buruk. Celakanya, model manusia seperti ini susah diingatkan, ngeyelan, selalu merasa tahu, memiliki ilmu, berhak menjawab semua persoalan, padahal ia tidak mengetahui apa-apa. Sehingga, kita dapat mengatakan kepada manusia golongan terakhir ini bahwa apa yang ia ucapkan lebih banyak menyesatkan karena tidak memiliki landasan keilmuan yang jelas dan mapan.

Lha terus SettiaBlog masuk golongan yang mana? Jelas kalau SettiaBlog masuk golongan terakhir. Orangnya ndak jelas, ya seperti inilah SettiaBlog.



Setia Hayuning Bawono

No comments:

Post a Comment