Jul 11, 2023

Jika Ingin Sukses Dan Berhasil Harus Berani Gagal

 


Background yang SettiaBlog gunakan ini idenya dari mana? Pasti semua sudah bisa menebak. Benar...., unik kan ya kombinasinya. Istri SettiaBlog itu pakai baju hitam, lha kok di kombinasi hijab warna green blue   motif dan pakai asesoris warna putih. Lalu SettiaBlog coba gunakan background dan backgroundnya ini menggunakan teknik tiga lapis. Cantik kan ya? Kalau background kemaren kenapa SettiaBlog kasih burung terbang. Ini untuk ngasih motivasi, kakak dari salah satu murid SettiaBlog itu akan menikah, mereka itu sudah seperti saudara SettiaBlog. Dulu pernah menikah, baru beberapa tahun udah bercerai dan sekarang dia di pertemukan lagi dengan jodoh yang baru. Makanya bahasan ini SettiaBlog kasih judul "Jika Ingin Sukses Dan Berhasil Harus Berani Gagal", karena berani sukses = berani gagal.
“The bird dares to break the shell, then the shell breaks open and the bird can fly openly. This is the simplest principle of success. You dream, you dare and and you fly.”
(Burung berani memecahkan cangkang, kemudian cangkang itu terbuka dan burung bisa terbang bebas. Ini adalah prinsip kesuksesan yang paling sederhana. Kamu bermimpi, kamu berani, dan dan kamu terbang.) Lagunya sendiri SettiaBlog kasih "strong" milik London Grammar.

Harus diakui bahwa sebagian besar orang-orang sukses dan berhasil, karena mereka berani untuk gagal. Mereka sangat setia dan cinta kepada kesuksessan dan kegagalan.  Keberuntungan dan keajaiban selalu berpihak kepada mereka-mereka yang berani dan bertindak, tidak kepada mereka yang ragu-ragu dan sangat berhati-hati. Lihatlah orang-orang sukses dan berhasil  yang namanya terabadikan dan terarsip secara baik hingga saat ini seperti Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Umar Bin Khatab dan Ali Bin Abu Thalib, adalah sosok-sosok pemberani yang tak takut gagal, tapi mendapatkan kesuksessan yang namanya  terabadikan secara terhormat dan dikenal dunia.  Ada 5 (lima) keberanian yang dilakukan orang-orang sukses. Kelima keberanian itu adalah :  
pertama Berani bermimpi,  sebagaimana Bung Karno pernah mengatakan bermimpilah anda setinggi langit, bila jatuh masih bisa mendapatkan bintang dan bulan. Bermimpilah yang terbaik,  dan bila engkau meyakininya maka mimpimu  akan menjadi kenyataan. Kedua berani mencoba, karena tanpa mencoba engkau tidak akan menjadi mahir dan jagoan dibanding engkau hanya melihat dan mendengar. Pepatah mengatakan, ” YOU SEE YOU FORGET, YOU HEAR YOU REMEMBER, YOU DO YOU MASTER”.
(Bila hanya melihat kita akan bisa lupa . Bila hanya mendengar kita hanya bisa ingat, tetapi bila kita melakukannya maka kita akan menjadi master atau ahli.)

Ketiga : berani berjuang. Tanpa berjuang kita tidak akan mendapatkan tujuan. Pepatah China yang sangat populer mengatakan bahwa ” seribu kilo meter perjalanan yang akan kita tempuh dimulai dari langkah pertama”. Semuanya harus diperjuangkan, di gerakkan, dilakukan yang butuh gerakan, butuh waktu, butuh tenaga hingga taruhan jiwa dan raga. Pelaut-pelaut tangguh tidak lahir dari laut yang tenang dan teduh, tetapi mereka lahir dari besarnya gelombang arus laut yang ganas dan membahayakan.

 Keempat : Berani sukses. Hal ini merupakan hukum sebab akibat bahwa kesuksesan dan keberanian  memiliki korelasi yang signifikan dan sangat kuat, dimana kesuksessan itu dipengaruhi oleh keberanian. Semakin tinggi keberanian seseorang untuk mencapai kesuksessan, maka akan semakin dekat keberhasilan dan kesuksesan yang akan didapatkannya. 

Kelima : berani gagal.  Kesuksessan dan kegagalan adalah saudara kembar yamg sangat dekat hubungannya. Bila gagal maka tidak sukses, sebaliknya bila sukses maka lenyaplah kegagalan. Hanya saja ada satu variabel yang dapat membantu yaitu 'berani'. Jika anda berani gagal, maka 99 persen anda akan sukses, sebaliknya bila anda takut gagal maka 99 persen tidak akan mencapai kesuksessan. Mungkin kita masih teringat sejarah KFC yang telah mendunia, berawal dari seorang mantan pejuang perang Amerika yang telah mengalami kegagalan 999 kali untuk menjual resep ayam ibunya. Dan nanti yang keseribu kali penjualan barulah ayamnya dapat dibeli orang.  Kita juga masih ingat dengan kegagalan Thomas Alfa Edison sang penemu lampu pijar mengalami kegagalan hampir 3000 kali.  Orang-orang bijak sering mengemukakan bahwa mata kuliah paling penting di kampus Universitas Kehidupan adalah KESULITAN dan  KEGAGALAN .  Bila seseorang lulus dari mata kuliah ini yang bobot SKS nya 6. Bila mendapatkan nilai C saja, maka akan mendapatkan 2 x 6 = 12. Bila mendapatkan nilai B, maka akan mendapatkan angka kredit 3 x 6 = 18. Dan bila mendapatkan nilai A, maka angka kredit yang di dapatkan 4 x 6 =24. Makna kehidupan yang kita bisa dapatkan bahwa kesulitan itu jangan dihindari tetapi dihadapi.

Kejujuran seseorang harus dibekali kesantunannya dalam menyampaikan niat baiknya. Karena orang yang jujur tetapi kasar dalam menyampaikan niat baiknya, akan dikalahkan oleh orang  jahat tetapi santun dalam menyampaikan niat jahatnya. Ingat,  dua orang  jahat  yang teratur dan disiplin kehidupannya, dapat mengalahkan seribu orang baik yang tidak disiplin dan teratur kehidupannya.  Ingatlah, semua penderitaan dalam hidup ini adalah pemberitahuan untuk memperkuat diri, dan seperti halnya kesenangan dan kebahagiaan adalah pemberitahuan Tuhan agar kita perlu berhati-hati. Satu keberhasilan kecil lebih berarti dari seribu rencana terbaik tetapi tak satupun dilakukan, dan sedikit bicara dan banyak bekerja lebih utama dan terbaik dari pada banyak bicara tetapi tidak bertindak. Perhatikan, orang-orang yang sukses dan berhasil tidak memiliki rasa dendam, dengki dan iri hati, karena mereka lebih konsen pada perbaikan diri mereka sendiri dari pada harus mengoreksi orang lain.

Sebab, bagi orang-orang yang sukses  beranggapan bahwa dendam, dengki dan iri hati hanya akan merusak rezeki. Sebaliknya mereka terus berpikir untuk bekerja dalam kedamaian hati yang sejuk dan tenang untuk menanti rezeki yang datang dan tak terduga arahnya. Kepribadian yang baik  akan menjadikan kita lebih menarik dari pada orang yang berwajah menarik, tetapi kepribadiannya buruk. Wajah itu urusan sementara di dunia, tetapi kepribadian itu dibawa sampai ke akhirat. Kunci Kesuksessan itu tidak dapat membuka pintu sukses, tetapi kitalah yang harus membukanya. Sama halnya dengan jalan menuju kesuksessan itu tidak akan sampai seseorang kesana, bila tidak bergerak selangkahpun. Berapapun langkah dan jauhnya  Kita berjalan di jalan yang salah, kita masih dapat kembali dan berbalik arah. tetapi sebaliknya, berapapun langkah dan jauhnya kita berjalan di jalan yang benar kita tidak dapat kembali ke jalan yang salah.  Berani adalah sebuah keyakinan pikiran ,  hati  dan tindakan yang tidak dimiliki oleh semua orang, karena berani itu sebuah anugerah Tuhan kepada manusia-manusia pilihan yang memiliki kejujuran dan kebersihan hati.

Keberanian tidak akan Tuhan berikan kepada mereka yang memiliki penyakit hati dan  peragu. Keberanian juga tidak diberikan Tuhan hanya kepada orang-orang yang berpendidikan, tetapi dapat diberikan kepada orang-orang berpendidikan rendah tetapi memiliki kepribadian dan hati yang bersih.  Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena kita tidak dapat mengetahui kebaikan yang mana yang kita lakukan yang akan menghantarkan kita kedalam surga nanti.  Beranilah melangkah sekalipun nanti tidak berhasil, karena sesungguhnya keberanian untuk melangkah dan bertindak ada pelajaran berharga  yang akan kita dapatkan di dalamnya. Kegagalan dalam satu hal menandakan akan ada keberhasilan dalam hal yang lain, maka bergerak dan melangkah untuk terus mencoba hingga kita menjadi kuat dan dipermudah menghadapi setiap kesulitan.

Jangan pernah merubah pikiran, sikap dan tindakan Anda hanya agar mereka senang dan suka kepada Anda, tetapi tetap bertahan dengan kepercayaan dan keyakinan diri Anda agar mau atau tidak mau, suka atau tidak suka mereka akan menerima Anda. Jadilah pribadi yang mampu bergantung pada diri sendiri, tetapi tetap rendah hati untuk kapan membutuhkan bantuan orang lain dan selalu santun dalam meminta bantuan.  Jangan pernah melupakan untuk selalu berterimakasih kepada sahabat dan teman yang sering membantu atau hanya sekedar memberi nasehat, dan ucapkan selalu permohonan maaf bila ada ucapan, sikap dan tindakan yang kurang berkenan, dan ungkapkan kata  tolong setiap anda meminta sesuatu sekalipun itu kepada pembantu rumah tangga atau bawahan Anda.  Kadangkala, kejujuran Anda  menyebabkan sahabat dan teman menjauhi Anda, tetapi bersyukurlah karena Tuhan menunjukkan bahwa mereka bukanlah sahabat atau teman yang baik, sehingga bersahabatlah dengan orang-orang yang jujur, ikhlas dan rendah hati karena disanalah engkau menemukan ketenangan dan ketenteraman kehidupan. Ingat, setiap usaha kita pasti akan ada hasilnya, yang besar kecilnya ditentukan oleh seberapa besar usaha Anda.  Tidak begitu penting besar dan kecil hasil yang kita dapatkan, tetapi yang paling utama adalah rasa syukur kita atas hasil yang kita dapatkan.

Hidup bukanlah apa yang kita mau, tetapi berdasarkan apa yang kita mampu kerjakan.  Bila kita mau dinaikkan kelas dalam kehidupan, maka kita harus memiliki kemampuan untuk mengikuti ujian kenaikan kelas dengan belajar, belajar dan belajar.  Tanpa kemampuan yang kita persiapkan, tidaklah bisa kita mengikuti kemauan kita. Kemauan atau motivasi memang penting untuk mencapai kemampuan, tetapi setelah mencapai kemampuan itu, janganlah mengikuti kemauan kita melebihi kemampuan kita.  Tidak perlu bersedih hanya karena memiliki kawan, sahabat dan teman yang sedikit, tetapi bersedihlah bila memiliki banyak kawan dan sahabat tetapi sedikit sekali yang mengajak kepada jalan Allah.  Matahari selalu sendiri, tetapi tetap bersinar.  Harimau dan serigala selalu menyendiri tetapi ia tetap dijuluki raja hutan yang paling disegani. Berani lah untuk tidak menjadi populer karena mempertahankan pemikiran, sikap dan perilaku, dari pada menjadi populer  dengan menjual diri dengan harga yang sangat rendah lebih rendah.  Setiap orang ingin hidup sukses. Tetapi ndak semua orang mau berusaha melewati sederet proses menuju tangga kesuksesan. Artinya, banyak orang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya tetapi enggan bekerja keras, mudah menyerah dan putus asa ketika berhadapan dengan sederet kegagalan.

Padahal, setiap kesuksesan akan selalu beriringan dengan kegagalan. Dengan kata lain orang yang ingin sukses maka dia harus berani melewati sederet kegagalan. Bukan sekali dua kali. Tetapi berkali-kali kegagalan sebelum akhirnya berhasil meraih sukses. Orang yang ingin sukses menapaki kariernya, maka mau tak mau dia harus berusaha pantang menyerah meraihnya. Tak perlu merasa malu bila harus memulainya dari nol. Karena setiap segala sesuatu itu pasti dimulai dari bawah. Sebagaimana angka sepuluh, sebelumnya harus melewati angka-angka lain terlebih dahulu; sembilan, delapan, tujuh, enam, lima, dan seterusnya. Gigih dan memiliki tekad kuat merupakan dua hal yang akan menunjang kesuksesan setiap orang. Disadari atau tidak, banyak orang yang mengeluhkan keadaannya bila sedang mengalami kegagalan, sehingga dia akhirnya menyerah dan memutuskan untuk berpindah profesi, berharap dengan profesinya yang baru itu dia akan langsung meraih kesuksesan. Padahal, ketika beralih profesi, dia harus memulai segalanya dari nol dan itu bukanlah hal yang mudah. Keputusan beralih profesi tentu hak semua orang, akan tetapi yang harus dipikirkan adalah: jangan membuat keputusan yang tidak kita yakini atau sekadar mengikuti tren profesi yang ada. Atau hanya ikut-ikutan apa yang dilakukan orang lain. Karena melihat orang lain berhasil berjualan, kita lantas ikut-ikutan berjualan tanpa mau belajar proses panjang di balik kesuksesan orang lain. Kita tidak perlu belajar untuk menjelaskan kegagalan dan kesuksessan kita pada orang lain, tetapi yang lebih penting dari itu kita harus banyak belajar mendengarkan kegagalan dan kesuksessan orang lain . Jika masalah Anda tidak berhenti seperti datangnya hujan, maka kuncinya hanya rendahkan diri Anda untuk berdo'a, maka payung adalah do'a dari  masalah Anda. Bila engkau jatuh dan tersungkur ke bumi, maka bersyukurlah karena itu kesempatan Anda untuk bersujud kepada Allah dan yang akan  mengangkat Anda ke derajat terpuji.  
Bottom Note

Maaf semuanya, tadi siang warna yang di pakai istri SettiaBlog sengaja SettiaBlog salahkan. SettiaBlog ngerti kok banyak yang marah dan SettiaBlog juga ngerti kok kalau istri SettiaBlog marah. SettiaBlog ingin buktikan kalau istri SettiaBlog itu sayang ke SettiaBlog. Istri SettiaBlog, jangan marah! Jangan di masukkan hati, SettiaBlog sebenarnya ngerti kok kalau kamu marah dan kenapa marah. Sekali lagi SettiaBlog minta maaf kepada semuanya dan juga istri SettiaBlog.

No comments:

Post a Comment