Jul 26, 2023

Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatif

 


Background yang SettiaBlog gunakan ini gradasi warna blue koi, blue diamond dan chrome white. Hari ini istri SettiaBlog gunakan gradasi warna tersebut. Ya memang dia di samping kreatif juga selalu punya inisiatif, makanya terkesan dia itu beda dengan yang lain. Video klipnya ini sama kayak yang kemarin tapi posisi ambilnya yang beda, yang versi video bagus banget cuma ndak SettiaBlog tampilkan di sini, untuk koleksi SettiaBlog. Lagunya "hold my hand" versi piano. Border yang SettiaBlog gunakan ada yang tahu ndak, ini apa? Border ini SettiaBlog ambil dari kue lumpur buatan mbak yu SettiaBlog yang SettiaBlog makan tadi siang, bagus kan ya.

Kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. Secara sederhana, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal atau resourceful.  Dengan kemampuan ini, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya. Ketika menunjukkan inisiatif di dalam dunia kerja, Anda akan memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan lain-lain.

Pada dasarnya, kemampuan inisiatif juga termasuk ke dalam kemampuan manajemen diri atau self management. Kemampuan ini dapat dikembangkan oleh diri sendiri secara perlahan-lahan. Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerja Anda akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkungan Anda akan menyukai sosok kepribadian Anda.

Seberapa penting kemampuan inisiatif untuk diterapkan dalam dunia kerja? Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa alasan kenapa kemampuan ini sangat penting:

1. Disukai oleh rekan kerja dan atasan

Salah satu contoh manfaat yang bisa didapat dari skill inisiatif adalah berpotensi disukai oleh rekan kerja dan atasan. Pasalnya, orang dengan skill inisiatif yang tinggi akan selalu berusaha untuk mencari ide-ide terbaiknya dalam suatu proyek. Tidak hanya itu, ia akan berusaha untuk mencari jalan keluar dari setiap masalah, dan itu ia lakukan tanpa perlu ada perintah dari atasannya.

2. Kesempatan promosi jabatan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan kemampuan inisiatif adalah potensi untuk mendapat promosi jabatan dari perusahaan Anda. Sebab, mereka menilai bahwa Anda memiliki kualitas yang mumpuni dari setiap inisiatif yang Anda eksekusi dengan baik.

3. Memudahkan Anda dalam bekerja

Orang yang memiliki inisiatif tinggi selalu berusaha untuk keluar saat ia terjebak dalam suatu kondisi. Contoh kasus penerapan kemampuan inisiatif dalam bekerja adalah ketika seorang karyawan tidak tahu apa-apa terkait proyek yang ditawarkan oleh atasan. Lantas, ia berinisiatif untuk terus bertanya kepada atasan serta mencari tahu cara agar membuat proyek tersebut berjalan dengan lancar. Selain memudahkan dalam bekerja, kemampuan ini juga penting dimaksimalkan saat melakukan kolaborasi dengan departemen lain.

Setelah mengetahui pentingnya kemampuan inisiatif, lantas bagaimana cara meningkatkannya?

1. Membuat rencana karier

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki rencana karier yang panjang cenderung memiliki inisiatif yang tinggi. Memiliki tujuan karier yang jelas akan membantu Anda dalam meningkatkan rasa inisiatif secara pribadi, terlebih saat hendak mengambil keputusan untuk mewujudkannya. Sebagai contoh, Anda ingin menjadi fotografer profesional.  Nah, untuk mewujudkan hal tersebut secara tidak langsung Anda akan mengambil inisiatif demi inisiatif dalam proses menjalaninya. Misalnya, memiliki inisiatif untuk mengikuti kelas online, bertanya kepada profesional, dan sebagainya.

2. Membangun rasa percaya diri

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan inisiatif adalah dengan membangun rasa percaya diri. Saat menunjukkan ide dalam tim, terkadang ada rekan kerja yang tidak setuju dengan hal tersebut. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap ide Anda agar rasa inisiatif kian tumbuh untuk mewujudkannya.

3. Siap dalam menghadapi tantangan

Dalam dunia kerja, tantangan terkadang datang secara tidak terduga. Oleh karena itu, saat tantangan tersebut datang, bersiaplah untuk menghadapinya agar dapat meningkatkan kemampuan inisiatif. Sebab, kunci untuk sukses dalam menghadapi tantangan adalah dengan terus berinisiatif untuk bertanya, membangun ide, dan lain-lain. Selain itu, menurut Indeed, ketika Anda berhasil menghadapi tantangan dengan baik, hal tersebut akan menjadi inspirasi bagi rekan kerja Anda yang lainnya. Tidak hanya meningkatkan inisiatif, tantangan juga dapat membuat Anda jadi lebih berpikir kritis.

4. Siap menghadapi tantangan dan peluang

Kesempatan dan peluang biasanya muncul tidak terencana, maka Anda harus selalu bersiap untuk kemungkinan tersebut. Saat memiliki persiapan matang, hal tersebut akan membantu Anda mengubah tantangan jadi peluang. Jika siap menghadapi peluang dan tantangan, tim Anda atau orang-orang di sekitar akan terinspirasi untuk meningkatkan kinerjanya. Ini juga bisa menjadi tanda dan bukti untuk atasan bahwa Anda bisa menghadapi tantangan dan mengubahnya menjadi peluang.

5. Meminta feedback dan kritik membangun

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melatih kemampuan inisiatif yaitu dengan meminta feedback  kepada manajer maupun rekan kerja. Kritik yang membangun akan membantu Anda mengetahui bagaimana mengambil inisiatif yang baik dalam pekerjaan.

6. Bersikap positif

Bersikap positif dapat meningkatkan peluang dan kesempatan dalam karier, juga memotivasi orang-orang di sekitar Anda. Manajer Anda di kantor biasanya memiliki opini yang kuat saat ada isu di perusahaan, apalagi jika ditambah dengan tekanan, anggota tim bisa ikut lebih stres. Saat menghadapi sebuah isu, penting untuk Anda menunjukkan sikap positif. Ini akan membuat Anda mengambil inisiatif yang lebih baik dan menyelesaikan masalah dengan lebih tenang.

7. Lakukan lebih dari yang diminta

Setiap orang punya kewajiban dan tanggung jawabnya masing-masing. Namun, jika ada masa ketika Anda harus mengerjakan pekerjaan di luar job description posisi Anda, tak salah jika Anda mengambil kesempatan tersebut. Tak hanya untuk menambah kemampuan dan pengalaman, Anda juga memperlihatkan rasa peduli dan berandil dalam mencapai tujuan perusahaan.

8. Belajar dari orang lain

Salah satu cara paling mudah untuk melatih kemampuan inisiatif Anda dalam pekerjaan adalah belajar dari rekan kerja. Anda bisa mengambil contoh dan belajar mengambil inisiatif dari rekan kerja yang memiliki high-performance  saat mengambil keputusan. Mulai dari metode, teknik dan bagaimana mereka mengambil inisiatif bisa menjadi contoh yang baik untuk Anda.

9. Selesaikan masalah sebelum diperintahkan

Memiliki kemampuan inisiatif berarti bisa mengambil keputusan dalam penyelesaian masalah tanpa menunggu perintah. Saat Anda mengambil inisiatif dalam pekerjaan, artinya Anda memberikan yang terbaik untuk pekerjaan Anda.

10. Aktif berpendapat

Jika Anda merupakan karyawan yang percaya diri, positif, dan aware  dengan sekitar, Anda akan memiliki pendapat juga opini tentang lingkungan kerja Anda. Salah satu elemen kunci untuk mengembangkan kemampuan inisiatif dalam pekerjaan terlibat dalam diskusi, beraprtisipasi, dan memberi opini tentang bagaimana lingkungan kerja ataupun pekerjaan Anda bisa ditingkatkan.
SettiaBlog minta maaf ya, ini bukan maksud membanggakan istri SettiaBlog, ini untuk memotivasi semuanya. Istri SettiaBlog juga belajar untuk terus berkembang. Secara pribadi istri SettiaBlog itu suka dengan bidang fashion makanya dia harus banyak berinisiatif dan kreatif.

No comments:

Post a Comment