Jul 20, 2023

Hal Positif yang Dirasakan saat Mendapat Dukungan Moral dari Orang Lain

 


Bahasan sebelumnya tadi sebenarnya untuk murid les SettiaBlog.  Wajah yang ada dalam klip tersebut adalah Tribhuwana Tunggadewi, sosok wanita Jawa yang punya visi - misi besar. Harapan SettiaBlog agar kita semua selalu berpikir besar. Beberapa hari ini SettiaBlog selalu gunakan warna navy biru tua (warna laut dalam), yang SettiaBlog bilang warna SettiaBlog itu lho, maksud SettiaBlog agar kita semua bisa berpikir dalam dan mengenali diri sendiri. Dan backgroundnya kan sebelumnya SettiaBlog buat gradasi warna dari biru langit sampai biru tua. Maksudnya dalam menjalani takdir kehidupan kita harus melalui proses, tentunya untuk menuju kesempurnaan. Lagunya yang bahasan sebelumnya sebenarnya SettiaBlog ingin mengatakan bahwa waktu yang sudah kita lalui ndak mungkin bisa di ulang lagi, ndak perlu di sesali, yakin bahwa Allah SWT selalu menunjukkan jalan yang terbaik untuk kita semua.  SettiaBlog minta maaf, maksud SettiaBlog kita saling memotivasi dan saling memberi dukungan moral. SettiaBlog sendiri sering bilang ke istri SettiaBlog,  SettiaBlog sering ngerti hal yang terjadi di lingkungan sekitar tapi pura - pura ndak ngerti. Maksudnya, SettiaBlog mengingatkan ke istri SettiaBlog agar ndak terlalu ikut campur urusan orang lain, kan lebih baik fokus pada tanggung jawab yang di emban. Kalau ngasih dukungan moral  kan itu sudah seharusnya. Lagunya sendiri pada bahasan kali ini SettiaBlog kasih "long live" milik Taylor Swift. Taylor Swift sendiri merasakan betapa pentingnya dukungan moral orang sekitar saat meniti karir.

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri atau selalu membutuhkan bantuan orang lain, salah satunya terkait dengan dukungan moral. Memberi dukungan moral berarti memberikan dukungan dengan ucapan atau menunjukkan rasa simpati dan empati kepada orang lain. Meskipun terdengar sederhana, rupanya dukungan moral bisa berdampak besar bagi kehidupan orang. Berikut ada beberapa hal positif yang bisa dirasakan saat mendapat dukungan moral dari orang lain.

1. Menjadi semangat dan lebih percaya diri

Tanpa disadari rupanya dukungan moral bisa membuat orang lain menjadi lebih semangat dalam menjalani hari dan lebih percaya diri ketika hendak melakukan sesuatu. Misalnya dengan mengucapkan, "Semangat ya presentasinya!", "Semangat untuk hari ini, kamu pasti bisa!"  dan lain sebagainya.

2. Percaya bisa menghadapi semua masalah

Kita tidak tahu seberat apa masalah orang lain hingga menutup diri dan larut dalam kesedihan. Oleh karena itu, dukungan moral diperlukan agar orang tersebut percaya bisa menghadapi semua masalah dengan baik. Misalnya dengan mengucapkan, "Kamu yang sabar ya, semua pasti ada hikmahnya.", "Aku tahu kamu kuat, kamu hebat, kamu pasti bisa melewati ini semua.", dan lain sebagainya.

3. Perasaan menjadi lebih tenang

Selain itu, dukungan moral juga bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang dari sebelumnya. Hal ini karena ucapan seseorang yang memberikan pesan afirmasi kepada orang lain. Misalnya "Kamu tenang saja, semua akan baik-baik saja.", "Kamu sudah sangat hebat hari ini, kalau hasil tidak sesuai jangan bersedih, ya! Masih banyak jalan untuk sukses lainnya.",  dan lain sebagainya. 

4. Merasa dihargai keberadaannya atau tidak merasa sendiri

Memberi dukungan moral juga membuat seseorang merasa tidak kesepian dan keberadaannya lebih dihargai oleh sekitar. Misalnya dengan mengucapkan, "Kamu jangan sedih terus, kalau butuh tempat bercerita bisa sama aku.", "Kamu enggak sendiri kok, di sini ada aku sama temen-temen lain yang bisa membantumu.", "Gimana harimu tadi? Semua baik-baik saja?",  dan lain sebagainya.

5. Lebih mensyukuri hidup

Dukungan moral juga membuat seseorang lebih mensyukuri hidup yang dimilikinya sekarang. Ia bisa menyadari bahwa hidupnya sangat bermakna dan berharga, sehingga hidup terasa lebih tenang saat menjalani hari.

No comments:

Post a Comment