Oct 31, 2020

Penerapan Yin and Yang dalam Kehidupan


 

 Untuk lagu Ariana Grande "34+35" di atas, SettiaBlog tahu jawabannya. 34+35=69, benarkan Ari...? Ari..., coba sekarang urutkan angka 1 sampai 69! Setelah itu lihat tengahnya, kira-kira angka berapa? Tengahnya itu angka 34 dan 35. Benarkan Ari...? Sekarang di jumlahkan Ari! 3+4+3+5=15 dan 6+9=15, lho...kok sama jumlahnya. Ya benar, itu yang di namakan keseimbangan atau Yin and Yang. 69 di anggap sebagai simbol Yin and Yang. Ada yang bilang itu angka kawin. Apa tho sebenarnya Yin and Yang itu?



Teori Yin and Yang merupakan teori yang berasal dari Tiongkok. Hampir seluruh ajaran yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Mulai dari pengobatan tradisional, seni bela diri, hingga feng shui, semua didasari oleh teori Yin and Yang.

Penjelasan Makna Teori Yin and Yang

Menurut teori tersebut, Yin Yang adalah segala sesuatu di alam semesta, terdiri dari dua kekuatan yang saling berlawanan, namun saling terkait. Unsur Yin adalah unsur feminin yang memiliki warna hitam, dan unsur Yang adalah unsur maskulin yang memiliki warna putih. Interaksi antar kedua unsur tersebut akan menciptakan esensi di kehidupan setiap orang. Keduanya saling memberi makna dan tidak bisa seimbang tanpa kehadiran satu sama lain.

Dari segi energi, Yin cenderung lembut, lambat, santai, pasif, dan sunyi.

Sedangkan Yang diekspresikan oleh kualitas energi yang berlawanan dan berseberangan dengan Yin. Yang cenderung lebih agresif, kuat, panas, dan kokoh.

Penerapan Teori Yin Yang dalam Rumah

Lantaran membutuhkan energi Yin dan yang seimbang, sangat penting mengimplementasikan teori Yin and Yang dalam rumah. Tenang, teori ini tak rumit kok. Anda bisa memulainya dari level paling sederhana seperti berikut ini.

Yin (energi pasif): Yin merupakan unsur yang memberikan relaksasi. Energi ini bisa didapatkan dari kamar tidur, dan kamar mandi. Yin juga bisa hadir dari musik-musik relaksasi, air mancur, atau sekadar gambar air.

Yang (energi aktif): Yang merupakan unsur yang memberikan kekuatan dan semangat. Energi ini bisa didapatkan dari lampu-lampu berwarna terang, atau dekorasi dengan warna-warna berani. Unsur Yang juga bisa dihadirkan dengan diadakannya kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti pesta misalnya.

Rumah yang baik adalah rumah yang memiliki unsur Yin dan Yang yang seimbang. Jangan sampai unsur Yang hadir terlalu besar, sehingga penghuni rumah hanya sibuk dan fokus mengejar ambisi, tanpa pernah mengistirahatkan fisik dan mental. Begitu juga ketika unsur Yin terlalu besar, yang ada malah hanya rasa malas. Untuk itu, coba luangkan waktu untuk melihat rumah Anda dan cek kembali, ruangan mana yang memiliki ketidakseimbangan. Apakah kamar Anda kehilangan energi Yin yang menenangkan? Atau justru memiliki terlalu banyak memiliki Yang?

Penempatan unsur Yin and Yang pada Area Spesifik

Mungkin sebagian dari Anda akan bingung menentukan area mana saja yang harus memiliki unsur Yin, atau unsur Yang. Semua tergantung dari fungsi ruangan tersebut. Contoh Yin Yang misalnya pada kamar tidur. Lantaran digunakan sebagai tempat beristirahat, kamar tidurmu harus memiliki unsur Yin yang besar. Hindari elemen-elemen yang membawa unsur Yang masuk ke dalam kamar. Seperti televisi, alat olahraga, atau alat untuk bekerja. Masukkan barang-barang dengan unsur Yin yang besar seperti lilin aromaterapi, musik relaksasi, atau lampu redup. Area kamar mandi pun juga sama seperti kamar tidur yang harus memiliki unsur Yin besar.

Sedangkan ruang keluarga, dapur, ruang kerja, adalah ruangan-ruangan yang harus memiliki unsur Yang besar. Pilih warna-warna cerah sebagai warna cat dinding ruangan-ruangan tersebut. Dekorasi yang membangkitkan semangat seperti foto keluarga, atau permainan yang bisa dimainkan bersama-sama.

Penerapan Yin and Yang dalam kepribadian

Dalam kepribadian manusia,Yin mempunyai ciri: bijaksana, imajinatif, damai, relaks, tekun, dan introvert. Sedangkan Yang mempunyai ciri: ambisius, berani, ekstrovert, ceria, dan berjiwa petualang. Dalam diri kita pasti mempunyai sisi baik dan buruk dan juga pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sudah ada porsinya masing-masing. Seringkali kita tidak mengetahui potensi yang terpendam dalam diri karena terlalu sibuk dengan berfokus pada kekurangan yang kita miliki. Jika mau menggali dan mengenali diri lebih dalam lagi maka akan ada banyak potensi terpendam yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi diri sendiri.

Ketika kita sudah mengetahui kecenderungan sifat yang dimiliki maka bisa dengan mudah menyeimbangkan Yin and Yang yang ada pada diri kita. Hal ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti kita bisa menggunakannya untuk mengambil keputusan, bersosialisasi dengan orang lain, mengontrol diri, mengembangkan potensi yang dimiliki, memiliki pikiran yang rasional dan masih banyak lagi. Jika seseorang dapat mengaplikasikan filosofi ini dalam aspek kehidupan, maka ia akan menjalani hidup yang lebih produktif dan dilakukan dalam ketenangan.

Selain itu, Yin and Yang dapat kita terapkan untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi kita dengan pekerjaan yang kita miliki. Hal yang dapat kita lakukan meliputi :

1. Menciptakan Keteraturan

Cara pertama yaitu menjaganya agar tetap teratur dengan membuat jadwal kegiatan apa saja yang akan dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas satu sama lain.:

2. Aktif:

Dengan kita menjadi aktif maka kita akan merasa sehat dan senang melakukan aktivitas yang kita biasa lakukan setiap harinya. :

3. Luangkan waktu untuk istirahat :

Kita juga akan merasa jenuh dengan aktivitas yang begitu saja sehingga kita juga butuh untuk beristirahat dari rutinitas yang kita jalani dengan berlibur ke suatu tempat atau juga beristirahat dirumah untuk menghilangkan rasa jenuh. :

4. "me time":

Lakukan hal untuk memanjakan diri sendiri misalnya melakukan hobi yang disukai disela-sela kesibukan.:

"Life is a Balancing Act", kita bisa memulai dengan menyeimbangkan hal-hal kecil.

Penerapan Yin and Yang dalam hubungan sex

Saat melakukan hubungan suami-istri, setiap pasangan juga harus menyeimbangkan kedua elemen agar kehidupan mereka tetap tentram. Pria dilarang menghabiskan elemen Yang dalam diri mereka, jika mereka belum mendapatkan energi Yin yang cukup dari pasangan. Dengan kata lain, pria dilarang mencapai orgasme jika pasangannya belum sampai pada titik tersebut. Karenanya, mereka harus mengulur waktu agar wanita mengalami titik puncak lebih dulu dan menyalurkan lebih banyak energi Yin pada pria.

Hal ini dilakukan agar sesi bercinta tak hanya sekedar jadi sarana pemuas hasrat pria, namun juga akan memberikan hal yang indah untuk wanita. So sweet.

Penerapan Yin and Yang dalam kesehatan

Sifat-sifat Yin and Yang

☯ Selalu bergerak / keseimbangan dinamis .Yin and Yang selalu bergerak seperti alam semesta

☯ Saling melebur dan membentuk . Yin melebur diri dengan melebur Yang. Sebaliknya, Yang tumbuh dengan melebur Yin

☯ Bersifat Tidak Murni. Jika terdapat Yin, selalu ada Yang. Demikian juga jika terdapat Yang, ada pula unsur Yin.

☯ Tidak Mutlak. Dalam kondisi tertentu disebut Yang tetapi dalam hubungan lain bisa disebut Yin.

☯ Misalnya bumi bila pada siang hari digolongkan kedalam unsur Yang, tetapi malam hari digolongkan kedalam unsur Yin.

Konsep Yin and Yang dalam tubuh manusia

Semua bagian tubuh manusia dibawah pengaruh aspek Yin and Yang. Tubuh bagian luar (lateral) adalah aspek Yang, sedangkan bagian dalam (medial) adalah aspek Yin. Dalam ilmu akupunktur dikenal 12 organ dalam. Enam organ berkarakter Yin dikenal sebagai organ Cang yaitu Paru-paru, Limpa, Jantung, Ginjal, Pericardium, Hati. Dan enam organ berkarakter Yang dikenal sebagai organ Fu yaitu Usus Besar, Usus Kecil, Lambung, Kantung Kemih, Tiga Pemanas, Kantung Empedu. Manusia dikatakan sehat apabila aspek Yin and Yang dalam sistem tubuh dalam keadaan seimbang demikian sebaliknya. Ketidakseimbangan ditunjukkan dengan terjadinya aspek kelebihan disebut penyakit ekses atau penyakit yang bersifat Yang. Sebaliknya jika terjadi aspek kekurangan disebut sebagai penyakit defisien atau penyakit Yin.

Penerapan Konsep Yin Yang dalam Terapi

Pada penyakit yang bersifat kekurangan (defisien) atau penyakit Yin, proses penyembuhannya dengan rangsangan yang bersifat menguatkan yang dikenal dengan tonifikasi, sedangkan pada penyakit yang bersifat kelebihan (ekses) atau penyakit Yang proses penyembuhannya dengan rangsangan yang bersifat mengurangi yang dikenal dengan sedasi.

Konsep Yin Yang dalam menentukan Prognosis

Apabila penyakit yang bersifat Yang berarti hanya gangguan di meridian , prognosisnya baik (bisa sembuh), sedangkan penyakit yang bersifat Yin berarti terjadi gangguan di organ, prognosisnya baik (bisa sembuh), meragukan (dapat sembuh dengan berbagai anjuran) atau tidak baik (tidak bisa sembuh dengan sempurna). Hal ini dikarenakan selain penerapan konsep Yin and Yang juga didasarkan pada berat / ringannya penyakit, umur pasien, kondisi umum pasien, motivasi pasien dan status ekonomi pasien.

No comments:

Post a Comment