Jun 19, 2021

Faktor Penting Dalam Membangun Kepercayaan

  


SettiaBlog kagum melihat perjuangan Selena Gomez, ketika yang lain mandul karya dan tak berdaya, dia terus eksis dan selalu ada ide untuk berkarya. Yang bikin heran lagi, kenapa setiap karya atau produknya muncul sambutan hangat dari penggemar dan konsumennya. Padahal promosinya biasa-biasa saja, Anda bisa coba lihat "RareBeauty", paling hanya menjelaskan sekilas keunggulannya, karena promosinya lewat media sosial, pinternya dia selalu di update. Taylor Swift juga gitu. Lalu apa yang membuat konsumennya selalu setia dengan karya dan produk mereka. Kepercayaan. Seperti lagu "when you believe" di atas. Kepercayaan konsumen terhadap mereka. Jika Anda sebagai pemasar di percaya konsumen, apapun yang Anda katakan pasti akan di terima dengan baik.

Kita ambil contoh, kita sering lihat iklan-iklan jual beli tanah seperti di bawah ini

Tanah Dijual
Dijual sebidang tanah bersertifikat Hak Guna
Bangunan di Kawasan Industri Kabil,
Jalan Pelabuhan Kelurahan Kabil,
Kecamatan Nongsa, Kota Batam
dengan luas tanah 20.010 m2

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi :
Ibu Padma :
082244556677

Secara struktur sudah sesuai dengan kaidah pembuatan iklan, tapi apakah menjamin konsumen akan tertarik dengan iklan tersebut. Apalagi di media sosial. Yang jelas kita ndak usah terlalu di pusingkan dengan kaidah-kaidah penulisan yang formal. Yang penting berani memulai dan membuat, tentu dengan kata-kata yang persuasif dan mudah di pahami. SettiaBlog malah suka kayak yang di pakai Selena Gomez atau Taylor Swift, ndak terlalu formal apalagi promosinya di media sosial. Yang paling berperan itu kepercayaan, jika Anda di percaya konsumen, apapun yang Anda promosikan pasti akan banyak yang merespon.

Kepercayaan sendiri dapat menginspirasi pemasar untuk mempertahankan hubungan yang telah dibangun melalui kolaborasi dengan mitra dagang. Kepercayaan bisa menjadi dasar untuk menolak keputusan jangka pendek dan lebih banyak manfaat jangka panjang, seperti yang diharapkan dengan menjaga mitra yang ada. Kepercayaan dapat membantu pemasar mengelola risiko besar dengan hati-hati karena mereka percaya bahwa pasangan mereka tidak akan mengambil kesempatan, yang tentu saja dapat merusak pasar.

Cara Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Demi Perkembangan Bisnis

Kepercayaan konsumen merupakan satu hal yang harus dijaga dan ditingkatkan demi pengembangaan bisnis Anda. Kepercayaan adalah prasyarat untuk pengembangan perusahaan. Upaya lebih lanjut diperlukan untuk memenangkan, mempertahankan, dan memperkuat kepercayaan konsumen. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis Anda.

1. Jadilah Pendengar yang Baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjadi pendengar yang baik bagi konsumen ataupun pelanggan Anda. Saat bertemu dengan konsumen, pastikan fokus anda terfokus dan terpusat. Cobalah untuk mendengarkan dengan baik dan memahami semua keluhan dan kebutuhan pelanggan. Semakin dalam kualitas hubungan Anda dengan konsumen, maka tingkat kepercayaan konsumen akan semakin tinggi.

2. Tepati Janji

Hal kedua yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah menepati janji. Cobalah menepati janji kepada konsumen, seperti janji untuk memberikan produk dengan kualitas yang baik, janji untuk memberikan solusi secara cepar, dan sebagainya. Tidak menepati janji merupakan salah satu penyebab rusaknya kepercayaan konsumen.

3. Jujur dan Terbuka

Jujur dan terbuka merupakan kunci dalam meningkatkan kepercayaan Konsumen. Jangan kecewa atau merasa dibohongi, karena selamanya mereka tidak dapat percaya terhadap anda. Kirimkan dengan baik jika ada masalah atau hambatan. Usahakan selalu bersikap terbuka kepada konsumen.

4. Beri Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama sangatlah penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Kesan pertama yang baik dapat menentukan kepercayaan masa depan pada perusahaan anda. Namun, jika Anda tidak membuat kesan pertama yang baik, Anda mungkin tidak lagi dipercaya oleh pelanggan anda. Ini tentunya dapat kehilangan bisnis anda dan ditinggalkan oleh konsumen.

5. Yakinkan dengan Profesional

Sebagai seorang yang profesional, Anda perlu teknik profesional untuk menyakinkan konsumen. Peragakan dengan mengucapkan kata-kata yang baik, memilih bahasa yang baik dan sopan, melakukan dengan baik, gerakan tubuh yang baik dan penampilan yang bagus. Dengan begitu Anda terlihat profesional dan kepercayaan konsumen meningkat dengan sendirinya.

Kepercayaan konsumen adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis. Selain kepercayaan konsumen, Anda juga harus mampu mengelola keuangan dengan baik jika menginginkan bisnis Anda terus berkembang. Jurnal adalah perangkat lunak akuntansi online yang membantu anda mengelola keuangan bisnis anda. Berbagai fitur jurnal membuatnya lebih mudah untuk mengelola keuangan anda dari pembukuan, pelaporan keuangan, manajemen aset, manajemen aset perusahaan, pelaporan keuangan real-time dan banyak lagi.

Faktor Penting Dalam Membangun Kepercayaan

1. Kredibilitas

Mengapa kredibilitas? Karena kredibilitasmerupakan hal sangat penting untuk diperhatikan. Semakin bagus kualitas dan kapabilitas seseorang, atau bisnis yang sesuai dengan bidangnya akan semakin kredibel dimata konsumen. Untuk mewujudkan kredibilitas seseorang pun perlu waktu yang tidak singkat dan butuh proses mengenal diri kita. Mungkin ini tidak sejalan dengan ungkapan “Jangan melihat buku dari sampulnya atau menilai seseorang dari penampilannya,” tetapi dari perspektif bisnis, kesan pertama memperkuat kredibilitas dan kepercayaan diri konsumen. Kenyataannya, melihat sendiri tidak cukup untuk menilai atau mengukur kredibilitas seseorang. Karena lama terlibat, peran kredibilitas menjadi titik pembelajaran.

2. Kedekatan

Kedekatan merupakan faktor kedua yang sangat penting dalam membangun kepercayaan, seseorang memiliki kredibilitas tetapi tidak punya kedekatan dan tidak mampu untuk berkomunikasi dengan baik, maka kepercayaan pun sulit di wujudkan. Contoh kecil Kita membutuhkan guru matematika untuk saudari kita, lalu kita mengenal seorang guru matematika yang kredibel. Kemudian kami mencoba menghubunginya dengan ponsel, tetapi tidak ada jawaban ketika waktu bergulir dan semakin dekat. Bisakah kita mempercayai tutor yang direkomendasikan oleh teman kita setelah awal yang sulit? Misalnya, bagaimana dia akan memberi kita kepercayaan akan kemajuan pelajaran yang telah diberikan? Inilah arti kedekatan. Kredibilitas tidak ada artinya jika tidak berjalan seiring dengan kedekatan.

3. Reliabilitas atau keandalan

Reliabilitas merupakan pembuktian apakah seseorang bisa memenuhi hal-hal yang diharapkan oleh relasi, sahabat atau orang sekitar. Atau apakah penjual dapat memberikan layanan yang diharapkan dari pelanggannya. Dari ketiga faktor ini, keandalan adalah faktor paling penting dalam membangun atau mempertahankan kepercayaan. Kita bisa saja salah menilai orang dalam kredibilitas dan kedekatan karena hanya berdasar pada penilaian sesaat, tapi kita tidak akan salah menilai orang berdasarkan reliabilitas atau kehandalannya.Kelemahan dari reliabilitas ini butuh proses dan waktu untuk menampakkan diri, sedangkan kita dalam menilai seseorang terkadang memerlukan waktu yang cepat.

No comments:

Post a Comment