Jan 26, 2023

Kerja Keras dan Pantang Menyerah Melebihi Bakat Seseorang

 



SettiaBlog kalau lagi bengong, biasanya SettiaBlog gunakan main-in game sebentar. Bengong sendiri merupakan kondisi umum yang biasa di alami seseorang pada saat tertentu. Disadari maupun tidak, kebanyakan orang pikirannya akan melayang ke mana-mana hingga 50 persen dari waktu seharian. Otak manusia memiliki jaringan dan tingkat kesadaran yang beragam. Jaringan tersebut bisa diaktifkan secara bergantian di luar kendali. Bentuk jaringan yang digunakan otak saat bengong dinamakan default-mode. Sementara jaringan saat mengambil keputusan penting disebut executive control. Jaringan yang aktif saat bereaksi atau merespons rangsangan dalam situasi tertentu dikenal sebagai salience. Kamu itu lho ngomong apa tho Setia....Setia.... Ndak tahu, SettiaBlog ini ngomong apa. Tadi SettiaBlog itu hanya duduk bengong di kamar. Dari pada hanya bengong terus SettiaBlog gunakan main Mobile Legends.

Biasanya c SettiaBlog suka main-in hero Tank atau Mage. Kali ini SettiaBlog coba gunakan hero Yi Sun Shin yang termasuk Marksman - Assassin dan pakai skin lama Roguish Ranger. Yi Sun Shin sendiri di ambil dari tokoh pahlawan Korea Selatan saat melawan Jepang. Laksamana Yi Sun Shin ini merupakan sosok pekerja keras serta pantang menyerah menjadi salah satu tokoh yang paling dihormati oleh rakyat Korea Selatan. Selain itu, dia sangat berperan besar dalam membawa perubahan pada Korea hingga saat ini. Tidak heran, patung Yi Sun Shin berdiri tegak gagah di Seoul.

Tentu Anda sering melihat seseorang dengan karir yang sukses, memiliki banyak pengalaman, dan prestasi yang membanggakan. Dan itu pasti tak semudah membalikan telapak tangan, mereka mencapai semua impiannya dengan kerja keras. Kerja keras sendiri merupakan kegiatan kerja yang dilakukan seseorang secara sungguh-sungguh tanpa mengenal kata lelah dan menyerah hingga mencapai target yang sudah ditentukan. Seseorang yang bekerja keras seringkali disebut sebagai workaholic.  Mereka akan terus berusaha dan bekerja keras dengan baik dan maksimal. Kegiatan seperti ini justru mampu mengembangkan diri seseorang lebih baik lagi. Selain itu, seseorang yang bekerja keras cenderung memiliki pemikiran positif dan menonjol dibandingkan dengan seseorang yang bukan pekerja keras.

Tapi anehnya, ketika seseorang telah mencapai sesuatu yang bernilai, maka banyak masyarakat atau lingkungan disekitarnya yang memberikan label bahwa hal tersebut bisa terjadi karena adanya bakat di dalam diri mereka. Mereka berpikir bahwa kesuksesan dan keberhasilan yang dimiliki seseorang berasal dari kemampuan yang dibawa dari lahir dan membuat orang tersebut berbeda dengan orang lain meskipun dilahirkan pada masa yang sama.

Faktanya adalah kerja keras dan sikap pantang menyerah bisa mengalahkan bakat. Ada banyak sekali orang yang menjalani hidup dengan sukses dan hebat dengan mengandalkan sikap kerja keras untuk meraih apa yang mereka dapatkan saat ini. Contohnya saja, pemain sepak bola legendaris Maradona yang pernah dikeluarkan saat ini telah menjadi salah satu olah ragawan yang ditulis dalam sejarah. Semua orang bisa menguasai keterampilan dan menguasai kemampuan tertentu, jika seseorang memiliki keinginan untuk melakukannya dengan sepenuh kemampuan dan menjalaninya dengan senang hati.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk melatih keterampilan dan kemampuan agar menjadi lebih baik.

• Agar bisa menjawab pertanyaan ini, bisa dimulai dengan memikirkan tentang apa yang paling dipedulikan, apa saja yang dilakukan di waktu luang, apa yang membuat diri kita puas, atau bisa juga melakukan berbagai hobi baru.

• Jika kita semua telah mengetahui apa yang paling menarik, maka mulailah melatih keterampilan dan menemukan sumber daya yang bisa membantu diri kita untuk menguasai keterampilan tersebut.

• Caranya juga bisa didapatkan dengan mengikuti kelas pelatihan, menemukan mentor yang tepat, dan mencari materi yang memungkinkan untuk bisa mengajar diri sendiri.

• Semakin sering seseorang belajar dan berlatih, maka akan semakin baik kemampuan seseorang dalam melakukan keterampilan tersebut.

• Hanya saja dalam mengikuti kelas pelatihan dan kursus dibutuhkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikutinya.

• Apa yang harus dilakukan ketika seseorang tidak memiliki biaya yang memadai untuk melanjutkan studi? Tentu modal atau prinsip utama adalah tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, harus selalu optimis sembari berusaha dan saat ini telah ada solusi lembaga donasi ataupun pendidikan yang memberikan bantuan dana pendidikan bagi masyarakat yang memerlukan.

• Allah SWT ketika menguji seorang hamba tidak mungkin tanpa mempertimbangkan kemampuan hambanya dalam menghadapi segala ujian didunia, tentu bagaimana manusia menyikapi suatu kondisi tersebut untuk terus berkembang dan berusaha tanpa mensekutkan Allah dengan selain Allah.

• Berbagai kemudahan telah diberikan oleh sang maha kuasa melalaui berbagai cara seperti melalui pemerintah atau Negara dengan syarat-syarat yang bisa dipertanggung jawabkan secara hukum baik diakherat maupun dunia, karena tujuan utama adalah membantu seluruh masyarakat Indonesia demi mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa khawatir dengan biaya pendidikan yang akan memberatkan mereka.

• Biarkan orang lain memberi tahu Anda apa yang telah baik dan apa yang perlu diperbaiki.karena yang bisa melihat dan menilai seseorang adalah orang lain.

• Orang-orang yang sukses adalah tipe orang yang tidak pernah berhenti belajar dan sangat menghargai kritik yang membangun. Dengarkan apa yang positif dari kritik orang lain, miliki komitmen untuk terus berkembang, dan jangan pernah berhenti untuk bekerja keras.

• Jangan pernah mempedulikan orang yang berkata miring atau menyinyir dengan ungkapan merendahkan diri orang lain, bahwa kita tidak berbakat akan sesuatu hal. Kita harus tetap Fokus berusaha dan bekerja keras meningkatkan keterampilan yang miliki dan kita harus yakin bahwa sesuatu yang ditekuni dan dikerjakan secara serius akan bermanfaat dilingkungan sekitar kita.


Bottom Note

Klip di atas adalah "The Game Of Love" milik Santana feat Michelle Branch.
Cinta bukan mainan ya, cinta adalah anugerah dari Allah SWT.
Rezeki, jodoh, dan maut merupakan hak prerogatif Allah SWT
Sebagai salah satu makhluk Allah SWT yang paling sempurna, manusia dianugerahi akal dan nafsu untuk memenuhi kebutuhan dan mempertahankan diri dari ancaman. Allah SWT memberikan hak istimewa pada manusia untuk menentukan hidup berdasarkan keinginannya. Namun Allah SWT juga memberikan batasan-batasan tertentu agar manusia tetap berjalan pada koridor kewajaran sebagai seorang makhluk. Berperan sebagai makhluk yang sempurna, kadangkala membuat manusia rela melakukan kegiatan apapun untuk menjadi kaya raya. Tidak sedikit manusia yang menghabiskan hampir 24 jam dalam sehari hanya untuk bekerja. Hingga ia lupa bahwa rezeki, jodoh, dan maut merupakan hal yang tidak dapat diprediksi. Hanya Allah SWT yang mengetahui dan menentukannya.

Seringkali Allah SWT memberikan materi kepada manusia tanpa memandang seberapa besar pekerjaan yang telah dilakukan. Hal inilah yang mengisyaratkan manusia agar seimbang antara dunia dan akhirat dalam melakukan pekerjaan. Secara hakikat, rezeki manusia sudah ditentukan dan dijamin oleh Allah SWT. Namun untuk mendapatkan rezeki, manusia tak cukup hanya berpangku tangan. Manusia harus tetap bekerja meskipun hanya Allah yang dapat menentukan kadar rezeki yang diberikan.
Kunci mencari rezeki itu ada tiga, ikhtiar, pasrah, dan berdoa
Manusia diberikan kebebasan dalam menentukan pekerjaan. Dalam QS Al-Jumuah ayat 10 Allah SWT juga mengisyaratkan untuk bekerja dan mengambil karunia Allah SWT yang ada di muka bumi. Akan tetapi pekerjaan yang menyita hampir seluruh waktu manusia, tidak menjamin limpahan harta dan kekayaan. Terlebih jika niat bekerja buka karena Allah.
Kerja berlebihan itu dapat mengurangi keberkahan
Bekerja terlampau keras dapat mengurangi keberkahan rezeki. Manusia akan merasa tidak puas jika rezeki yang diberikan Allah tidak sebanding dengan kerja kerasnya.
Diberi beras 1 kintal kurang, diberi 3 kuintal kurang, bahkan jika Allah SWT memberinya 1 ton beras maka manusia akan merasa kurang
Bekerja dengan niat karena Allah SWT akan menghasilkan rezeki yang berkah. Rezeki yang berkah tidak serta merta didapatkan dengan waktu kerja yang berlebih. Sebab hanya Allah SWT yang dapat menentukan kualitas dan kuantitas rezeki manusia. Sehingga manusia harus seimbang antara hablun minannas dan hablun minallah.

No comments:

Post a Comment