Jul 14, 2016

Santai Itu Baik

Sumber :http://www.mobilexhibit.com/images/TurtleTransit.jpg

Ide-ide liar dapat muncrat dalam kondisi santai. Istilahnya, santaisasi. (Kalau di umpamakan, tidak peduli kucing apa, entah itu kucing hitam, kucing putih, kucing garong yang penting bisa menangkap tikus. Maksudnya, tidak peduli metode apa, yang penting bisa mencetak ide.)

"Serius, santai, selesai!" Andy Gregg contohnya. Tahun 1991, ia hanyalah mahasiswa seni biasa, yang kebetulan menaruh minat pada sepeda dan desain. Lha, sepeda dan desain, apa kaitannya? Sekelebatan, keduanya memang tidak ada kaitannya. Siapapun pasti beranggapan seperti itu. Andy Gregg mencopot bagian-bagian dari sepeda tuanya dan menjadikannya perabot.

Per 2004, ia serius menekuni pekerjaan ini, bukan iseng-iseng lagi. Dan berdirilah sebuah bisnis yang bernama Bike Furniture Design. Hasilnya? Yah, bisa bikin mulut Anda menganga. Sebagai gambaran saja, harga jual produknya berkisar $200 sampai $1.000 dan orderan berdatangan dari Singapura dan Inggris.

Tinggalkan sepeda, kini kita beralih ke mobil. Pernahkah terbayangkan oleh Anda sebuah Volkswagen Beetle berbentuk kura-kura yang berwarna hijau sekujur tubuhnya? James Riseborough yang mengubah mobil biasa menjadi iklan berjalan dengan sentuhan tiga dimensi. Dengan mengusung nama Turtle Transir, tidak tanggung-tanggung bisnis ini mampu meraup $500 ribu pada tahun pertama dan rata-rata &2 juta setiap tahunnya.

"Anything you can imagine, we can build," janji James. Sungguh, ini bukan sesumbar. Karena ia sudah merekayasa mobil berbentuk badak, monster, tangan raksasa (yg ini pesanan Aerosmith), dan masih banyak lagi. Adapun perusahaan-perusahaan papan atas yang tidak.dapat menahan diri untuk menjadi kliennya adalah Monster.com, Arnold Brand Promotions, Harley Davidson Cafe dan Stonyfield Farm.

Kok, konsepnya kura-kura? Mungkin itu yang menusuk pikiran Anda. Kura-kura itu kan lambat. Bayangkan saja, di jalan raya ada seekor kura-kura raksasa merangkak dan di punggungnya terpampang sebuah iklan yang besar. Kondisi santailah yang memungkinkan ia melahirkan ide seliar itu.

Santai beginian juga dialami usahawan berusia 20-an. Anthony David Adams, sebelum mencetuskan ide CreditCovers. Terus terang saja, selama ini ia muak dan mual dengan tampilan kartu kredit yang menurutnya mem-bo-san-kan. Tanpa tunggu lama-lama, iapun menggandeng perancang dan mendirikan perusahaan yang menawarkan beraneka tampilan untuk.kartu kredit.

Selain santaisasi, ide-ide juga dapat dipicu dan dipacu bilamana Anda mendalami.suatu bidang atau kebalikannya meragamkan sederet bidang. Syaratnya cuma satu. Apa itu? Anda harus mencintai bidang tersebut sepenuh hati, bukan sepenuh gaji.

Karena Thomas Friedman saja, seorang penulis yang sudah bolak balik membawa pulang penghargaan Pulitzer, menitipkan sebuah wejangan, "Apabila Anda ingin mengasah kemahiran khas otak kanan, maka lakukan sesuatu yang Anda cintai." In short, do what you love! Love what you do! "All we need is love" seru Beatles.

No comments:

Post a Comment