Jul 13, 2016

Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-cirinys


Makhluk hidup dikelompokkan menjadi lima kingdom yaitu kingdom Monera, Protista, Fungi (jamur), Animalia, dan Plantae. Pada materi ini hanya akan dibahas tentang pengelompokan kingdom Animalia dan Plantae berdasarkan ciri-cirinya.

1. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia dikelompokkan menjadi dua yaitu Avertebrata (hewan tidak bertulang belakang) dan Vertebrata (hewan bertulang belakang).


a. Avertebrata

1. Porifera, tubuhnya berpori-pori
Contoh : bunga karang raksasa

2. Cnidaria, mempunyai sengat (knidosit)
Contoh : ubur-ubur

3. Platyhelminthes, tubuhnya pipih
Contoh : Planaria sp

4. Nemathelminthes, tubuhnya bulat panjang dan tidak bersegmen
Contoh : cacing tambang

5. Annelida, mempunyai tubuh bulat dan padat (gilig)
Contoh : cacing tanah

6. Mollusca, tubuhnya lunak
Contoh : bekicot

7. Echinodermata, mempunyai kaki yang berbuku-buku
Contoh : laba-laba, udang, kaki seribu dan semut

b. Vertebrata

1. Pisces (ikan)


Ciri-ciri kelompok Pisces yaitu berdarah dingin, berkembangbiak dengan cara bertelur, kulit bersisik, alat geraknya berupa sirip, bernapas menggunakan insang dan fertilisasinya secara eksternal.

2. Amphibia (amfibi)


Ciri-ciri kelompok Amphibia yaitu mampu hidup di dua tempat yaitu air dan darat, berdarah dingin, berkembangbiak dengan bertelur, kulit tipis berlendir, bergerak menggunakan kaki, bernapas menggunakan paru-paru dan fertilisasinya secara eksternal.

3. Reptilia


Ciri-ciri kelompok Reptilia yaitu berdarah dingin, bergerak secara melata, kulit bersisik, berkembangbiak secara ovivar dan ovovivivar, bernapas menggunakan paru-paru dan fertilisasinya secara internal.

4. Aves (burung)


Ciri-ciri kelompok Aves yaitu berdarah panas, berkembangbiak dengan cara bertelur, kulit berbulu, memiliki alat gerak.berupa kaki dan.sayap, bernapas menggunakan paru-paru dan fertilisasinya secara internal.

5. Mammalia


Ciri-ciri kelompok Mammalia yaitu berdarah panas, pada umumnya berkembangbiak dengan.cara melahirkan, kulit berambut, alat geraknya dapat berupa kaki, sirip atau sayap, bernapas menggunakan.paru-paru, fertilisasinya secara internal.

2. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae meliputi semua jenis tumbuhan. Kingdom Plantae dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu Bryophita (lumut), Pteridophyta (paku) dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji).

a. Bryophita


Ciri-cirinya yaitu berupa talus (tidak dapat dibedakan antara bagian akar, batang dan daun), tidak berpembuluh, hidup di tempat lembab dan berkembangbiak dengan spora.

b. Pteridophyta


Ciri-cirinya yaitu mempunyai akar, batang, dan daun sejati, tidak memiliki bunga, hidup di tempat lembab, berkembangbiak dengan spora dan memiliki pembuluh.

c. Spermatophyta


Ciri-cirinya yaitu menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakkan dan mempunyai berkas pembuluh.

Berdasarkan posisi biji terhadap.daun buahnya, Spermatophyta dikelompokkan menjadi dua yaitu Gymnospermae dan Angiospermae. Pada Gymnospermae bakal biji tidak dilindungi oleh daun buah, tetapi tersusun dalam strobilus. Pada Angiospermae bakal biji dilindungi daun buah. Angiospermae disebut juga Anthophyta atau tumbuhan berbunga.

Angiospermae dibedakan menjadi dua kelompok yaitu Dycotyledoneae dan Monocotyledoneae. Ciri-ciri kelompok Dycotyledoneae yaitu, sistem perakaran tunggang, memiliki jaringan kambium, biji berkeping dua, tulang daun menyirip atau menjari, batang bercabang-cabang dengan ruas-ruas yang tidak jelas, serta perhiasan bunganya berjumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya. Ciri-ciri kelompok Monocotyledoneae yaitu, biji berkeping satu, tidak memiliki jaringan kambium, sistem perakaran serabut, tulang daun sejajar atau melengkung, batang tidak bercabang dengan ruas jelas dan perhiasan bunganya berjumlah tiga atau kelipatannya.

No comments:

Post a Comment