May 1, 2023

Pentingnya Sejarah dan Evolusi Bisnis untuk Manajer

 



Ada yang masih ingat ndak dengan lagu "when you're gone" di atas? Setiap orang pasti punya kenangan masa lalu, baik yang pahit atau yang manis. Dan kejadian atau peristiwa yang benar - benar terjadi di masa lampau ini yang biasa di sebut dengan sejarah ( rerum gestarum ). Ada yang bilang, sejarah adalah guru kehidupan (historia magistra vitae est). Settia, gayamu njelasin soal sejarah, lha wong kamu lho dulu ndak pernah ikut pelajaran sejarah gitu kok. Huu...us..., jangan bilang - bilang, itu aibnya Settia. E..., SettiaBlog kasih tahu ya,  dulu SettiaBlog ndak ikut pelajaran sejarah, tapi  tetap membaca sendiri di perpustakaan kok. Membaca buku sejarah? Ndaak, membaca buku Korea, Jepang atau Filsafat. Udah, ndak usah di bahas, itu masa lalu SettiaBlog yang ndak baik, tapi SettiaBlog udah menebusnya kok, dengan membangkitkan kesadaran masyarakat tentang sejarah Indonesia yang semestinya.  Ini tadi SettiaBlog mau membahas apa c, kok jadi lupa.  O..ya ini lho yang ingin SettiaBlog bahas,  mempelajari sejarah dan evolusi bisnis sangat penting bagi para manajer.

Manajemen bisnis memerlukan koordinasi dan pengawasan berbagai fungsi dan proyek sesuai dengan kebijakan perusahaan. Manajer bisnis diharapkan untuk mengatur, merencanakan, mengendalikan, dan mengawasi implementasi rencana dan strategi bisnis dengan tujuan akhir untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Dengan pemikiran ini, manajer memiliki kewajiban untuk mempelajari, menganalisis, dan mengevaluasi tren bisnis dari waktu ke waktu untuk memungkinkan mereka membuat keputusan penting yang akan menjadi ujung tombak bisnis mereka menuju kesuksesan. Kebutuhan untuk mempelajari sejarah dan transisi di pasar bisnis sangat diperlukan dalam mengejar usaha bisnis yang sukses. Penting juga untuk belajar dari para pendahulu tentang bagaimana mereka menangani berbagai aspek manajemen dan strategi bisnis sukses yang mereka terapkan sebagai lawan dari penggunaan banyak teori dan model yang berkembang biak dari setiap aspek ekonomi. Misalnya, peran yang dimainkan oleh teknologi dalam meningkatkan kemahiran dan produktivitas perusahaan tidak dapat diabaikan karena selama bertahun-tahun para manajer telah merangkul kemajuan teknologi dengan tujuan untuk meningkatkan margin keuntungan mereka dan memproduksi barang dan jasa berkualitas yang akan memenuhi keinginan konsumen. Sejarah juga membantu manajer memperkirakan posisi mereka saat ini di pasar menggunakan data dan statistik dari pemain pasar sebelumnya dan ini selalu menyediakan platform yang andal bagi manajer untuk membuat perkiraan kasar.

Pada awal abad  ke -18, ekonomi  seperti Eli Whitney dan James Watt merancang konsep dan teori yang dapat digunakan untuk memastikan produktivitas suatu perusahaan yang meliputi penetapan harga, pembukuan dan debit dan rekening kredit yang digunakan secara up to date  dengan sedikit modifikasi. Ini ternyata lebih andal dan akurat daripada teori, model, dan persepsi yang didokumentasikan dalam buku dan bahan literatur terkait bisnis lainnya yang hanya merupakan spekulasi tanpa fakta yang terbukti.

Lalu apa c manfaatnya mempelajari sejarah bisnis bagi manajer?
Mempelajari sejarah dan evolusi bisnis sangat penting bagi para manajer karena memberi mereka kerangka kerja bisnis yang masuk akal dan batasan untuk beroperasi dalam mengejar keunggulan. Beberapa manfaatnya :

Mengetahui masa lalu membantu dalam berspekulasi tentang masa depan

Dalam mengumpulkan dan menyelaraskan usaha dan aktivitas bisnis masa lalu, manajer akan memiliki kesempatan untuk mengartikulasikan dan memprediksi tren masa depan menggunakan analisis data statistik tahun-tahun sebelumnya. Ini adalah pendekatan yang lebih andal untuk mempelajari pasar dibandingkan dengan memperoleh informasi dari buku teks dan jurnal bisnis yang mungkin mendokumentasikan teori yang belum diuji dengan model yang mungkin tidak berlaku dalam situasi ideal. Untuk dapat memprediksi tren pasar masa depan, manajer dapat secara strategis memposisikan diri mereka di pasar dalam kesiapan untuk pergeseran yang diharapkan dalam keseimbangan pasar sehingga menuai banyak dari prediksi tersebut sebelum pesaing lain didirikan di pasar baru. Lebih sering daripada tidak, prediksi ini mendalilkan informasi yang akurat dan andal sehingga ketika diterapkan dengan bijaksana, bisnis terikat untuk mencatat penjualan yang sangat tinggi dan keuntungan besar sebelum perusahaan lain di pasar ikut bermain.

Memahami kemanusiaan

Studi sejarah membantu manajer mengetahui bagaimana berurusan dengan orang lebih banyak di tempat kerja. Melalui studi tersebut, manajer memiliki kesempatan untuk belajar dari pendahulunya tentang cara terbaik untuk berinteraksi dengan karyawan mereka dengan tujuan untuk mempromosikan keterpaduan dan menciptakan lingkungan yang efektif untuk produktivitas yang optimal. Salah satu aset vital yang menjadi tumpuan kesuksesan sebagian besar perusahaan papan atas adalah sumber daya manusia. Mereka adalah tulang punggung dan kekuatan pendorong dari setiap perusahaan bisnis dan cara mereka ditangani sangat penting sejauh menyangkut keberhasilan perusahaan. Mengelola karyawan memerlukan perekrutan individu yang kompeten, melatih, mengevaluasi, dan mempertahankan mereka yang memiliki keterampilan dan bakat luar biasa. Dalam mengembangkan strategi manajemen orang, manajer harus tertarik pada rencana strategis yang layak dengan menggunakan informasi dari rencana sebelumnya yang telah diuji sebelumnya dan terbukti bermanfaat. Misalnya, mengakui dan memberi penghargaan kepada pekerja teladan yang menampilkan keterampilan luar biasa dan pikiran inovatif yang memberi nilai tambah bagi perusahaan dapat menjadi strategi yang digunakan untuk memotivasi dan mempertahankan karyawan dengan potensi unik dan menginspirasi orang lain untuk mengeluarkan potensi penuh mereka dan dengan demikian meningkatkan produktivitas karyawan. perusahaan. Di sisi lain, manajer memiliki kewajiban untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan mereka dengan melatih karyawan mereka secara memadai tentang strategi pendekatan konsumen yang akan bekerja untuk mempertahankan pelanggan mereka dan bahkan memperluas jaringan mereka.

Hukum dan etika bisnis

Penelitian dan temuan sejarah telah memungkinkan banyak manajer dan direktur menghindari usaha bisnis yang tidak wajar dan malpraktik yang dapat merusak citra perusahaan dan mengakibatkan kerugian besar. Dari studi sejarah, para manajer dapat memperoleh wawasan dan tercerahkan tentang kesepakatan yang harus mereka lakukan dan aktivitas cermat yang harus mereka jauhi karena mereka dapat merusak reputasi mereka. Misalnya kasus penggunaan bobot yang salah untuk memaksimalkan keuntungan mereka atas biaya konsumen memiliki akibat yang jauh jangkauannya yang mungkin termasuk menghentikan perusahaan bisnis secara hukum karena mereka menyesatkan konsumen dan mengeksploitasi mereka secara berlebihan. Perusahaan juga dapat ditemukan di sisi hukum yang salah jika misalnya mereka mengiklankan produk mereka sebagai memiliki atribut yang sangat baik beberapa di antaranya hanya dibesar-besarkan sehingga menyesatkan konsumen. Ketika manajer mengetahui akibat dari malpraktik semacam itu, mereka akan tertarik untuk menghindari memanjakannya sehingga bisnis mereka aman.

Pengambilan keputusan

Mempelajari lebih banyak tentang sejarah bisnis membantu para manajer untuk membuat perubahan jangka panjang yang penting yang akan berperan penting dalam mendorong perusahaan bisnis menuju kesuksesan. Sebelum membuat keputusan besar atau perubahan apa pun di perusahaan, ada kebutuhan besar untuk memeriksa perusahaan sebelumnya dan bagaimana mereka adil dengan pilihan produk atau layanan tertentu dan dengan bantuan para ahli dan spesialis di bidang ini, manajer dapat menarik pelajaran penting. dan kesimpulan terlepas dari dinamika pasar. Bagi para manajer yang ingin mengubah dari satu lini produksi ke lini produksi lainnya, penelitian ekstensif diperlukan untuk menganalisis secara kritis kredibilitas perubahan yang diinginkan dan dengan demikian studi sejarah memainkan peran sentral dalam menentukan kelangsungannya.

Sebuah platform untuk mengamankan informasi baru

Data sejarah memberikan landasan atau dasar untuk merumuskan ide-ide baru dari ide-ide yang sudah ada. Manajer dapat memanfaatkan ideologi masa lalu sebagai prasyarat untuk menemukan konsep baru yang relevan dengan ekonomi saat ini karena pasar sangat dinamis dan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Misalnya di tahun 1920-an, para manajer lebih fokus pada hubungan karyawan dan produktivitas perusahaan; ini kemudian diubah menjadi manajemen ilmiah oleh John Mees yang menyebarkan penggunaan kebijakan dan konsep yang memberikan wawasan lebih dalam di bidang penelitian ini sehingga manajer perlu merangkul perubahan dengan berinovasi dan mengembangkan struktur dan sistem baru yang lebih produktif dengan efisiensi tinggi. Manajer juga perlu berhubungan dengan ekonomi pasar sebelumnya untuk menggunakannya sebagai batu loncatan menuju kesuksesan yang lebih besar di bidang ini dan menjadi yang terdepan. Informasi ini sangat penting dalam melengkapi prinsip dan model teoretis yang diperoleh dari literatur dan media dengan menyediakan platform untuk perbandingan antara situasi nyata dan prinsip yang terdokumentasi.

Evolusi strategi bisnis

Pada masa kolonial, masyarakat lebih berkonsentrasi untuk menyediakan makanan yang cukup bagi masyarakat lebih-lebih pada saat musim dingin. Mereka kebanyakan menggunakan tenaga manusia sebagai sumber utama tenaga kerja kemudian datang revolusi industri yang terjadi antara (1760-1850) dan menggunakan mesin yang dijalankan oleh beberapa pekerja tetapi meningkatkan produktivitas perusahaan. Karena pertumbuhan ekonomi yang cepat dan permintaan yang meningkat untuk barang-barang manufaktur, banyak perusahaan wirausaha mulai menjamur dan pada awal 1950-an, ada kebutuhan untuk menciptakan sistem yang lebih baik karena permintaan barang dan jasa manufaktur yang terus meningkat. Ada kebutuhan untuk mendiversifikasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen yang terus berubah. Dari statistik evolusioner ini, seorang manajer yang tajam dapat mempelajari pasar dan menyusun strategi di lini produksi mana yang akan dimasuki, orientasi konsumen, dan strategi pemasaran untuk digunakan di antara aspek-aspek lain yang diambil dari garis evolusi. Manajer yang memiliki potensi untuk menganalisis secara kritis dan menyusun strategi rencana bisnis mereka sesuai dengan tren dan dinamika pasar pasti akan unggul dalam tugas mereka.





Bottom Note

Kalau video klip di Bottom Note ini, gaya Maddie Ziegler saat menari di lagunya Sia, "eye of the needle".  Lagunya sendiri sebenarnya sangat sedih, ceritanya c tentang rasa sakit emosional itu sangat susah untuk di sembuhkan. Dan kondisi emosional dan pikiran Anda bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Studi menunjukkan bahwa rasa sakit kronis tidak hanya disebabkan oleh cedera fisik, melainkan juga stres dan masalah emosional. Seringkali sakit fisik tersebut adalah petunjuk bagi seseorang bahwa ada masalah emosional yang harus diselesaikan.

• Stres dan masalah emosional adalah pemicu munculnya migrain. Sakit kepala yang Anda rasakan bisa jadi dipicu oleh stres sehari-hari. Stres yang tidak perlu bisa menyebabkan pukulan di tengkorak kepala. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk rileks. Lakukan sesuatu untuk mengurangi ketegangan yang Anda rasakan. 

• Leher Anda adalah tempat di mana Anda menyimpan rasa bersalah dan penghakiman terhadap diri sendiri. Sakit di area leher mengindikasikan Anda mungkin bermasalah dalam hal memaafkan diri sendiri atau terlalu dalam menghakimi diri sendiri. Jika Anda merasa bersalah akan perlakuan Anda terhadap orang lain, sekarang mungkin saat yang tepat untuk meminta maaf. Mencintai diri sendiri dan memaafkan apa yang telah terjadi bisa jadi kunci untuk mengatasi rasa sakit di leher Anda.

• Pundak adalah tempat kita memikul beban. Kita berbicara tentang, `memikul masalah` dan ini yang sesungguhnya terjadi ketika pundak kita terasa tegang dan sakit. Mungkin ini saatnya Anda berbagi beban dengan orang lain untuk membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas rumah atau kantor. 

• Punggung bagian atas berkaitan dengan rasa kekurangan dukungan emosional. Anda mungkin merasa kurang dicintai atau Anda menahan rasa cinta bagi orang lain. Ini mungkin saat yang tepat untuk kembali mendekat pada orang-orang tersayang dan menguatkan hubungan. Jika Anda lajang, ada baiknya untuk mengambil inisiatif berkencan. Rasa cinta yang cukup akan mengatasi masalah punggung atas Anda. 

• Uang dan masalah finansial berkaitan dengan sakit punggung. Sama seperti masalah kurangnya dukungan emosional, kurangnya dukungan emosional juga menyebabkan rasa sakit di punggung bawah. Sebaiknya Anda mengevaluasi lagi kecenderungan pengeluaran Anda agar tidak merasa stres saat menerima tagihan di akhir bulan. 

• Semua emosi memiliki komponen motor. Sakit atau rasa kaku di siku menandakan Anda cenderung kaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan sulit beradaptasi dengan perubahan. Ini adalah saat yang tepat untuk berkompromi dengan pasangan hidup tentang masalah yang tengah Anda hadapi. Tidak ada salahnya pula jika Anda mencoba hal baru, seperti misalnya mendatangi kedai kopi yang berbeda dari biasanya. 

Secara teori bicara mengendalikan emosi c mudah tapi terkadang faktanya kan ndak semudah itu. SettiaBlog sendiri terkadang juga bingung, kayak kemaren sampai hari ini dada SettiaBlog ngerasa dug...dug...agak nyesek gitu. Padahal SettiaBlog ndak ngapa - ngapain dan ndak ada masalah apa - apa. Seharian tadi juga hanya glimbang - glimbung di kamar. Biarin lah, nanti juga hilang sendiri.

No comments:

Post a Comment