May 10, 2023

Cara Mengambil Pelajaran Hidup dari Setiap Kejadian, Pasti Ada Hikmahnya

 



Video klip di atas itu "yesterday, yesterday" milik Joe Satriani. Kemarin, tadi, lusa, bulan yang lalu, tahun yang lalu dan lainnya adalah waktu yang telah kita lewati. Dan di setiap waktu yang kita lalui tentu ada kejadian yang kita alami. Setiap kejadian yang Anda  alami di dalam kehidupan, selalu mampu menghadirkan pelajaran hidup yang bermakna. Apa pun itu, entah kejadian yang menyenangkan atau yang menyedihkan, pasti selalu ada hikmah di baliknya. Maka, ketika Anda mengalami sesuatu, tentang peristiwa apa pun, tetaplah mensyukurinya. Oleh karena itu, Anda  perlu belajar untuk mengambil pelajaran dari setiap kejadian, agar Anda mampu menjadikannya pelajaran untuk hidup yang lebih baik lagi di masa depan. Lalu bagaimana caranya?

1. Miliki kesadaran akan segala hal yang sedang terjadi 

Memiliki kesadaran akan segala hal yang sedang terjadi pada diri Anda  merupakan cara pertama untuk bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Ketika Anda sadar benar dengan kenyataan di hidup Anda, maka Anda ndak akan menyangkal fakta yang terjadi, sehingga Anda bisa memahami dan mengerti secara lebih bijaksana lagi. Masalah adalah hal yang pasti ada di kehidupan hampir semua orang. Sadarilah bahwa masalah bukanlah hal yang harus dihindari, tapi sesuatu yang harus Anda terima dan hadapi. Dengan begitu, Anda akan memiliki kesadaran tinggi untuk bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian, sehingga menumbuhkan keberanian untuk menghadapi dan menyelesaikannya.

2. Berlapang dada menerima kenyataan 

Cara berikutnya agar Anda mampu mengambil pelajaran dari setiap kejadian, yaitu cobalah berlapang dada menerima segala kenyataan yang ada. Ketika Anda ikhlas menerima apa pun yang terjadi, maka Anda akan bisa menemukan sesuatu untuk dijadikan pembelajaran di dalam kehidupan. Memang mudah untuk mengatakan berlapang dada, tapi faktanya sulit untuk dirasakan. Lapang dada adalah kondisi di mana Anda  sudah mampu merelakan suatu hal, meski hal tersebut bertentangan dengan kehendak diri Anda. Beberapa orang masih sulit untuk berlapang dada menerima kenyataan, apalagi jika itu adalah kenyataan pahit. Namun, cobalah terus, supaya Anda  bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang menimpa Anda.

3. Selalu bersyukur tentang apa pun itu 

Apabila sampai saat ini Anda masih sulit menemukan pelajaran berharga apa yang bisa diambil dari setiap kejadian yang menimpa Anda, cobalah berlatih untuk mensyukuri segala hal yang Anda miliki, baik itu kemampuan, kekurangan, maupun pengalaman pribadi. Mulailah hari Anda dengan selalu bersyukur atas berbagai kesempatan dan kebaikan yang masih bisa Anda nikmati. Cara mengambil pelajaran dari setiap kejadian itu perlu diiringi dengan rasa syukur yang tanpa henti. Meskipun, semuanya terasa belum pasti, tapi percayalah jika Anda  bersyukur, maka perlahan tapi pasti, segala peristiwa akan menghadirkan pembelajaran hidup yang membawa Anda menuju kebahagiaan.

4. Teruslah mencoba untuk selalu berpikir positif 

Peristiwa di dalam kehidupan memang ada berbagai macam, terkadang inilah yang membuat Anda bisa memiliki pemikiran yang negatif terhadap apa yang sedang terjadi, terutama di saat Anda mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Pikiran negatif memang bisa datang menghampiri seseorang yang sedang dilanda kedukaan. Padahal, pikiran negatif adalah salah satu penghalang yang membuatmu menjadi sulit untuk mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Namun, jika Anda terus berusaha untuk selalu berpikir positif, maka seberat apa pun kemalangan dan kedukaan yang Anda rasakan dari sebuah peristiwa, Anda akan tetap mampu mengambil pelajarannya.

5. Buka pikiran dan optimislah 

Cara berikutnya untuk mengambil pelajaran dari setiap kejadian, yaitu bukalah pikiran Anda dan optimislah terhadap segala sesuatu. Akan selalu ada keyakinan bahwa kejadian yang menimpa Anda, entah itu menyenangkan atau menyedihkan, pasti setelahnya akan hadir kebahagiaan. Maka, daripada Anda  terus-menerus murung dan meratapi hidup. Mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih terbuka lagi saat melihat dan menilai sesuatu dengan sudut pandang yang positif. Dengan terbukanya pikiran dan optimis yang tinggi, maka Anda akan mendapatkan energi dan pandangan baru tentang apa pun yang terjadi dalam hidup Anda. Mengambil pelajaran dari setiap kejadian, sebenarnya ndak rumit dan ndak sulit. Cara - cara di atas cukup simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang dengan segala permasalahannya masing-masing. Kuncinya adalah bahagia dan yakin saja, bahwa setiap peristiwa yang terjadi, pasti mampu memberikan pelajaran hidup untuk Anda.





Bottom Note

Yeobo... ndak boleh terlalu bersedih.  'It'll Be Okay kayak video klip di Bottom Note ini lho. Selama kita mendayung bersama semua akan baik - baik saja kok.
Merasa tidak baik-baik saja, bukanlah sebuah dosa.
Merasa lemah, bukanlah sebuah kekurangan.
Merasa tidak sanggup, bukanlah sebuah aib.
Merasa lelah, bukanlah sebuah larangan.
Jika hari ini Anda merasa tidak baik-baik saja, take your time. Ndak usah pura-pura kuat. Menangislah jika ingin menangis! Semua manusia berhak menenangkan diri dari penatnya kehidupan dengan caranya masing-masing. Mungkin dengan merasa tidak baik-baik saja juga adalah cara Anda untuk bertahan di dunia yang penuh irama ini. Terima rasa tidak baik-baik itu, jangan berpura-pura jika memang sedang tidak baik-baik saja. Jadikan, hari tidak baik-baik Anda itu menjadi sebuah proses belajar untuk bertumbuh dan berkembang, untuk memahami diri, dan untuk menerima semua yang terjadi dalam kehidupan kita. Terima kasih karena sudah bertahan dengan segala hal yang sudah Anda lewati setiap harinya. You’re strong. If you feel tired, take a rest but never quit. And don’t forget, God always here for you! You’re not alone.

Banyak kalimat toxic berkedok positif yang mengatakan kita harus selalu kuat dan baik-baik saja. Tanpa sadar dengan pola pikir seperti itu, kita jadi menyakiti diri sendiri. Kita jadi tidak peka terhadap diri sendiri dan juga kita merasa bersalah jika mengeluarkan emosi yang sedang kita rasakan. Contohnya, menangis. Saat kita menangis, banyak yang mengatakan kita lemah. Banyak yang bilang, “Jangan menangis! Cengeng! Lemah!”. Padahal menangis juga adalah salah satu cara manusia melampiaskan emosinya yang selama ini ia pendam karena harus pura-pura kuat.

No comments:

Post a Comment