May 30, 2020

Tips Mengembangkan Karisma Anda


Lihat penampilan Taylor Swift di atas, dia begitu percaya diri dan berkarisma ketika di panggung. Klip "The Man" di atas bercerita masalah ketidaksetaraan gender, terutama ketika menyangkut tempat kerja dan karier. Bahwa laki-laki memiliki keunggulan tertentu atas perempuan karena undang-undang yang ada, bias dan norma sosial. Sebenarnya laki-laki dan perempuan punya kesempatan yang sama, perempuan juga banyak memiliki kelebihan yang tidak di miliki laki-laki. Karisma seseorang sangat di perlukan ketika berinteraksi sosial. Dan di bawah ini SettiaBlog ada sedikit tips mengembangkan karisma anda'.


Menjadi hebat dalam setiap apa yang Anda lakukan, namun, tanpa karisma, Anda mungkin tidak akan unggul dalam apa yang Anda lakukan. Musisi, pemimpin, dan pembicara hebat yang tak terhitung jumlahnya perlu meningkatkan karisma mereka agar menjadi menarik bagi audiens mereka. Dan, karisma dapat dikembangkan atau ditingkatkan. Mungkin beberapa orang secara alami lebih karismatik daripada yang lain, tetapi itu tidak berarti orang yang kurang karismatik tidak dapat meningkatkan kemampuan karisma mereka. Mari kita langsung menuju bagaimana ini bisa dilakukan, ya?

Memberikan Perhatian

Anda dapat mengetahui kapan seseorang tidak memperhatikan Anda, bukan? Mungkin mereka menganggap Anda membosankan? Atau mungkin Anda belum melakukan cukup banyak untuk menarik perhatian mereka. Ketika Anda benar-benar menarik perhatian orang, mereka cenderung tetap terpaku pada Anda dan semua yang Anda katakan atau presentasikan dari awal hingga selesai. Para pengkhotbah, pemimpin, dan musisi hebat memiliki efek ini pada audiens mereka. Berikut cara menarik perhatian:

1. Ekspresi wajah dan gerak tubuh: apa yang Anda katakan memiliki efek lebih besar jika ada ekspresi wajah yang sesuai dengan kata-kata yang di ucapkan. Latih ekspresi wajah, bisa dilakukan di depan teman atau di depan cermin. Bisa juga gunakan gerakan untuk menguatkan kata-kata Anda.

2. Be present (pusatkan perhatian) : jika Anda benar-benar ingin menarik perhatian seseorang, tutup perangkat Anda, jauhkan atau matikan sepenuhnya. Saat Anda mulai beralih dari audiens ke perangkat Anda, Anda melepaskan diri dari mereka. Juga, ingatlah untuk mengangguk sebentar-sebentar untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memperhatikan dan mendengarkan.

3. Baca emosi: mainkan klip video, sebaiknya klip yang belum pernah Anda tonton sebelumnya, tetapi matikan suaranya. SettiaBlog yakin, Anda akan dapat mengetahui apa yang terjadi di klip tersebut. Sekarang ambil kemampuan itu untuk mengamati ketika Anda berinteraksi sosial. Dengan mengamati reaksi orang, Anda akan dapat menyimpulkan isyarat yang tak terucapkan dan membaca emosi mereka.

4. Kontak mata: mata dikatakan sebagai jendela bagi jiwa. Ketika Anda melihat dan berinteraksi langsung ke mata siapa pun, Anda akan terhubung lebih dalam dengannya. Untuk menciptakan rasa ketulusan, kompetensi, kejujuran, dan kepercayaan pada audiens Anda (individu atau kelompok) pertahankan kontak mata dengan mereka. Menghindari kontak mata dapat merusak karisma Anda.

Mempengaruhi Audiens Anda

Untuk meningkatkan karisma Anda dan punya pengaruh kuat pada audiens Anda. Anda benar-benar ingin dianggap sebagai individu yang kuat dan berpengaruh? Gunakan tips ini:

1. Keyakinan berasal dari pengetahuan: seberapa baik Anda tahu apa yang Anda ketahui? Seberapa fleksibel dan banyak akal Anda? Dan seberapa banyak fakta yang Anda ketahui tentang hal-hal yang Anda ketahui? Anda tidak dapat tampil sebagai orang yang percaya diri ketika pengetahuan Anda sangat sedikit. Untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda, cari tahu sebanyak mungkin pengetahuan. Rasa percaya diri Anda pasti akan menciptakan aura di sekitar Anda yang tentunya akan memengaruhi orang.

2. Pose: pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa para pahlawan super berdiri dengan tangan di pinggang mereka (akimbo)? Ini adalah pose yang menyampaikan otoritas. Gunakan pose yang mengatakan "Saya bertanggung jawab" untuk memengaruhi audiens Anda. Anda bisa berlatih pose yang menunjukkan otoritas Anda dalam rapat, atau Anda dapat meletakkan tangan di belakang kepala saat Anda bersandar jauh ke kursi Anda (jangan gunakan pose ini dengan atasan atau mertua Anda!).

3. Ketenangan: miliki ketenangan, menenangkan diri sendiri. Miliki kemampuan yang terkendali dalam gerakan dan bahasa tubuh Anda. Jaga tangan Anda saat berbicara. Jangan gelisah. Hindari anggukan berlebihan. Dan jauhkan dari terlalu banyak keragu-raguan bicara seperti uh ... atau um ... pengisi jeda bicara menunjukkan ketidakpastian dan keraguan.

4. Sedikit bicara: terlalu banyak bicara dan cepat bukanlah kualitas orang yang berpengaruh. Ketika Anda berbicara, berbicara dengan tidak tergesa-gesa Buat kata- kata Anda langka dan buat mereka diperhitungkan. Dengan begitu ketika Anda berbicara orang tahu nilai kata-kata Anda dan mereka mendengarkan.

Hilangkan Perilaku Canggung

Kurangnya karisma cenderung membuat orang berperilaku canggung saat berinteraksi sosial. Bayangkan seorang musisi yang datang dengan album debut yang hebat berdiri di atas panggung untuk pertama kalinya kemudian meraba-raba mikrofon. Ia mungkin memiliki bakat yang hebat tetapi karisma yang buruk. Ketika Anda merasa tidak pada tempatnya ketika Anda berinteraksi dengan teman, kolega, atau orang asing, itu membuat Anda bertindak aneh atau canggung. Jika itu masalahnya, Anda perlu meningkatkan karisma Anda untuk menghilangkan kecanggungan. Begini caranya:

1. Bersosialisasi lebih banyak: berlatih, kata mereka, membuat sempurna. Melarikan diri dari tempat atau situasi yang membuat Anda merasa canggung tidak akan berhasil menghilangkan kecanggungan. Anda perlu menghadapi ketakutan itu dengan pergi ke lebih banyak acara sosial. Tetapi jangan lupa untuk pergi ke acara atau pertemuan ini dengan tujuan mempraktikkan bagaimana berinteraksi dengan orang lain.

2. Berhentilah mengkhawatirkan perilaku Anda: seperti ini, seperti itu - semakin Anda khawatir tentang penampilan Anda membuat menjadi canggung, semakin Anda menjadi canggung. Bersantai. Jadilah dirimu sendiri. "Tapi bagaimana aku bisa menjadi diriku sendiri ketika aku canggung?" Anda sedang dalam proses, Anda pasti mampu menghilangkan canggung itu kecuali Anda sudah melabeli diri Anda seperti itu. Ketika Anda mulai percaya bahwa tidak ada yang salah dalam kontak sosial, Anda memberi ruang yang terbaik untuk berkembang.

3. Kebugaran: apa? Menjadi bugar? Yah, mungkin saran ini kurang meningkatkan karisma Anda, tetapi perhatikan cara ini. Orang-orang yang terlalu khawatir tentang penampilan fisik mereka cenderung terlalu sadar diri selama interaksi sosial untuk memikirkan orang-orang yang menarik. Bahkan, mereka biasanya tidak merasa memiliki pesona di dalamnya. Jadi ya, berusahalah untuk menjadi bugar (latihan fisik, penampilan luar yang rapi, etika sosial yang baik, dan lain lain) sehingga Anda tidak akan terganggu dengan kekurangan Anda selama interaksi sosial.

Sebagai penutup. Keterampilan bersosialisasi tidak bisa dihindari jika Anda ingin menikmati kekayaan yang ditawarkan kehidupan. Hidup tidak bisa sendirian, banyak teman dan sahabat yang hangat, peluang besar dan baru, dan pengalaman hidup yang menggairahkan tidak terjadi pada kita ketika kita tidak jelas karena kita tidak memiliki keterampilan sosialisasi yang diperlukan untuk mengeksplorasi kehidupan. SettiaBlog telah melihat orang-orang kehilangan kehidupan karena rasa malu, keterampilan berbicara yang buruk, kecemasan, dan kurangnya karisma.

Berbicara di depan umum memiliki korelasi langsung pada pengembangan keterampilan sosial Anda. Ingat bahwa Anda tidak harus menjadi pembicara profesional, untuk melakukan ini. Anda dapat secara sukarela berbicara kepada orang-orang di sekitar Anda untuk menyampaikan kebijaksanaan yang Anda miliki, atau Anda dapat secara sukarela mengajarkan lingkaran pertemanan kepada teman Anda. Anda dapat mempraktikkan percakapan yang ada di kepala Anda, sama pentingnya untuk membentuk kebiasaan berbagi dengan orang-orang di sekitar Anda.

Jangan hanya pandai menjelaskan dalam kepala Anda saja. Biarkan orang-orang di sekitar Anda benar-benar mendengar Anda berbicara tentang ide-ide di kepala Anda. Anda mungkin menghadapi penolakan! Tapi hei, itu cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Saat Anda bangkit kembali dari penolakan dan tampaknya seperti kegagalan, Anda akan menjadi lebih baik dalam menangani penolakan. Satu hal yang indah belajar tentang ini adalah membantu Anda meningkatkan diri.

Anda menjadi lebih baik dalam mengekspresikan ide dari diri Anda sendiri. Anda tidak lagi merasa tidak nyaman berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal, dunia kemungkinan tak terbatas dan terbentang luas di depan Anda. Dunia dan orang-orang di dalamnya menjadi taman bermain yang akrab di mana Anda memiliki kebebasan mutlak untuk mengekspresikan diri sejati dan batin Anda.

No comments:

Post a Comment