May 5, 2020

Kebiasaan Anda Ciptakan Kehidupan Anda


Jika mendengarkan musik relaksasi seperti di atas akan terasa tenang dan bisa lepaskan stres. Anda pasti sudah tahu stres adalah kondisi yang tidak baik. Dan betapa berbahayanya bagi kesehatan mental dan fisik Anda, dan mengapa sangat penting untuk menghindarinya. Anda juga pernah membaca tentang makanan sehat dan olahraga teratur dari buku dan artikel, bukan? SettiaBlog di sini bukan untuk memberi tahu Anda hal-hal tersebut. Namun, yang sering diremehkan adalah pentingnya kebiasaan Anda. Maksudnya di sini bukan kebiasaan seperti berolahraga tiga kali per minggu atau flossing. Yang dibicarakan di sini tentang menciptakan struktur pemberdayaan hari Anda, yang bagian terpentingnya adalah apa yang Anda lakukan di pagi hari. Selama bertahun-tahun, SettiaBlog tidak memiliki kebiasaan pagi yang tepat. Akibatnya, tidak ada waktu untuk introspeksi di pagi hari, dan tidak ada waktu istirahat sejenak di siang hari. Jika Anda bangun dan tidak bisa kendalikan hari Anda, tebak bagaimana hal itu akan memengaruhi sisa hari Anda. Langkah pertama untuk berhenti menjadi begitu sibuk dan kewalahan di siang hari adalah :


Mengembangkan Rutinitas Pagi Anda

Keadaan di mana Anda memulai hari Anda membentuk kondisi pikiran Anda sepanjang hari. Jika Anda bangun pusing, stres memikirkan pekerjaan kantor atau rumah, dan bereaksi terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar Anda (pasangan Anda mengingatkan Anda untuk menjemput anak itu dari sekolah, putra Anda yang lapar menunggu untuk sarapan, kucing Anda mengeong untuk makanan, dan lainnya), Anda memasuki keadaan pikiran reaktif, gelisah yang akan memandu Anda sepanjang hari. Seolah-olah kesibukan adalah monster kecil yang bangun bersama Anda, mengikuti Anda dari saat Anda bangun hingga saat Anda pergi tidur lagi. "Hai, lakukan ini!" "Kamu harus melakukan itu!" "Itu membutuhkan perhatianmu sekarang!" Itu masuk ke kedua telinga Anda, membuka mata, dan pergi, seperti anjing yang taat. Untungnya, ada solusi sederhana untuk masalah ini: bangun 20 menit sebelumnya dan lakukan ritual pagi Anda. Rutinitas pagi yang tepat harus terdiri dari kegiatan yang akan menjernihkan pikiran Anda dan membantu Anda tenang sebelum Anda memasuki hiruk-pikuk kesibukan dan membiarkannya merusak pikiran Anda.

Santai dan Dapatkan Lebih Banyak Oksigen

Meditasi adalah salah satu kunci dari rutinitas pagi yang memberdayakan dan menenangkan. Sebuah meta-analisis dari 47 studi tentang meditasi menunjukkan bahwa meditasi dapat mengurangi stres psikologis dan meningkatkan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan mental. Tindakan sederhana yaitu duduk diam dan fokus pada napas Anda dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan bahkan mengurangi rasa sakit. Bagi sebagian orang, meditasi dikaitkan dengan ketidaknyamanan karena mereka mencobanya sekali atau dua kali dan tidak dapat menenangkan perang batin mereka. Banyak pikiran yang bermunculan pada setiap orang yang baru melakukan meditasi. Kunci untuk menerapkan meditasi dalam hidup Anda adalah mulai dari yang kecil. Bahkan jika Anda bermeditasi hanya lima menit sehari, latihan seperti ini saja akan mengurangi stres Anda - bahkan jika pikiran Anda melompat dari satu hal ke hal lainnya sepanjang waktu. SettiaBlog selalu bertanya-tanya bagaimana caranya bermeditasi, sedangkan buku-buku yang ada, terkesan panjang dan menjadikannya hal yang sangat spiritual, sulit dilakukan. Ternyata meditasi jauh lebih sederhana daripada yang diyakini kebanyakan orang, dan tidak perlu buku panjang yang diperlukan untuk menguasainya. Kunci dalam meditasi adalah fokus pada momen saat ini dan sensasi yang menjalari tubuh Anda saat Anda duduk diam. Berikut ini penjelasan langkah demi langkah sederhana tentang cara melakukannya.

1. Duduk diam dalam posisi yang nyaman.

Jangan berdiri, jangan berbaring - duduklah dengan posisi tegak. Beberapa pelaku meditasi berlatih meditasi sambil berdiri atau berbaring, tetapi bagi kebanyakan orang itu bukan ide yang baik. Jika Anda menderita sakit punggung atau kondisi lain yang tidak memperbolehkan Anda duduk tegak selama beberapa menit, kemudian pertimbangkan untuk berbaring telentang. Kecuali jika Anda sangat fleksibel, lupakan posisi lotus bersila yang Anda lihat di film dan foto. Tiga posisi paling umum dan termudah untuk pemula adalah:
-duduk di kursi dengan punggung lurus.
Punggung Anda harus lurus, tidak ditopang oleh kursi. Ini terdengar tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
- duduk bersila.
Sangat mudah dan umum di kalangan pemula. Duduk di bantal akan membuatnya lebih nyaman. SettiaBlog lebih suka opsi ketiga:
- posisi seiza.
Lipat kaki Anda di bawah paha dan letakkan bokong di tumit. Untuk lebih nyaman, Anda bisa meletakkan bantal di bawah bagian belakang Anda. Coba semua posisi ini dan cari tahu mana yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda sangat ingin, betul-betul fokus. Atur alarm di ponsel Anda (hanya saja jangan gunakan alarm keras yang menjengkelkan yang akan memberi Anda serangan jantung) atau lebih balk lagi, gunakan aplikasi meditasi. Pada awalnya, tiga hingga lima menit itu sudah cukup.

2. Tutup mata Anda dan fokus pada pernapasan Anda.

Penghitungan sederhana - satu (tarik napas), dua (buang napas), satu (tarik napas), dua (buang napas). Anda juga dapat menghitung setiap napas hingga mencapai 100. Pada awalnya, jangan berharap mencapai lebih dari 20 sebelum Anda kehilangan konsentrasi. Jangan marah - mulai lagi dari 0. Setelah Anda sudah mampu dalam mempertahankan fokus, Anda dapat berhenti menghitung napas dan fokus pada perasaan umum relaksasi menyebar ke seluruh tubuh Anda.

3. Fokus pada sensasi di tubuh Anda saat Anda menarik dan menghembuskan napas.

Mulailah rasakan dari kaki Anda dan naik ke atas, cobalah untuk mengendurkan setiap otot kecil. Menurunkan ketegangan di kaki, betis, paha, pinggul, perut, lengan, tangan, jari, leher, rahang, dan sebagainya. Anda akan terkejut betapa banyak ketegangan yang Anda simpan di bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda - termasuk ketegangan di tempat-tempat yang tidak Anda sadari sebelumnya, seperti dagu Anda. Jika Anda kehilangan fokus, bawa kembali ke pernapasan dan sensasi di tubuh Anda. Jangan berkecil hati. Itu adalah bagian dari proses. Ulangi latihan ini setiap pagi. Jangan terlalu memaksa, sedikit demi.sedikit, biarkan Anda nyaman duduk diam selama lima menit. Coba menambahkan satu menit tambahan setiap minggu atau lebih (atau menambahkan sesi kedua di hari itu), tidak usah berkecil hati ketika Anda mendapati diri Anda tidak dapat fokus. Seiring waktu, Anda akan terbiasa dan melupakan hal yang mengganggu.

Apa Langkah Selanjutnya Setelah Meditasi?

Meditasi akan membuat Anda lebih tenang, keadaan pikiran yang lebih introspektif. Bagian kedua dari ritual harus memasukkan semacam pemikiran positif untuk mengeluarkan pikiran negatif yang mengganggu di kepala Anda. SettiaBlog merekomendasikan praktik sederhana untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan atas apa yang Anda miliki. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa rasa terima kasih meningkatkan kesejahteraan dan membantu mempertahankan suasana hati yang positif. Selain itu, rasa terima kasih memperkuat hubungan kita dengan mitra kita, meningkatkan koneksi dan kepuasan dengan mereka, dan penting untuk mempertahankan ikatan intim. Setiap pagi, pikirkan tiga hingga lima hal (atau lebih, jika Anda mau) yang Anda syukuri. Butuh beberapa detik, dan keadaan positif yang akan Anda masuki berkat latihan sederhana ini akan luar biasa tingkatkan moodmu. Jangan meremehkan kekuatan syukur - ini lebih berdampak daripada yang Anda yakini. Setelah meditasi dan terima kasih, tinjau dokumen pribadi Anda yang merinci visi dan tujuan terpenting Anda untuk bulan-bulan berikutnya. Belum punya? Catat secepat mungkin (buku Tony Robbins 'Unlimited Power, adalah titik awal yang baik jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya). lni juga merupakan ide bagus untuk meninjau rencana Anda yang paling penting untuk hari ini atau untuk minggu ini. Pengetahuan tentang apa yang perlu Anda capai akan membuat Anda merasa lebih memegang kendali. Jika Anda memiliki waktu yang tersisa, Iuangkan beberapa menit membaca buku inspirasional atau meninjau materi lain yang membuat Anda merasa memegang kendali dan siap untuk hari itu. Hargai waktu tenang Anda di pagi hari. Persiapkan diri Anda untuk hari yang akan datang dengan meditasi, ucapkan terima kasih dan dapatkan inspirasi. Hari-hari Anda akan, menjadi jauh lebih mudah dikelola.

Kesimpulan dari Bahasan di Atas

1. Bagaimana Anda memulai hari. memengaruhi perasaan Anda nantinya. Jika Anda memulai hari dengan terburu-buru, seluruh hari Anda akan terasa tergesa-gesa. Jika Anda memulainya Iebih lambat, Anda akan merasa tidak terlalu kewalahan dan sibuk.

2. Mulai bangun setidaknya 20 menit Iebih awal untuk memulai hari Anda dengan cara yang benar. Anda tidak harus terburu-buru melakukan ritual pagi Anda.

3. Meditasi adalah salah satu kunci untuk memasuki kondisi pikiran positif dan mempersiapkan diri untuk hari yang akan datang. Mulailah dengan tiga hingga lima menit duduk diam dan fokuslah pada napas Anda. Relakskan otot Anda, fokus kembali setiap kali Anda kehilangan konsentrasi, dan nikmati prosesnya.

4. Syukur sangat penting untuk kehidupan yang bahagia. Jika Anda memulai hari dengan menyatakan penghargaan dan terima kasih atas apa yang sudah Anda miliki, Anda akan mengangkat diri Anda dan lebih siap untuk hari yang menanti Anda.

5. Setiap pagi, baca kembali visi pribadi Anda dan tinjau tujuan jangka pendek Anda. Baca buku Tony Robbins Unlimited Power. jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

6. Meninjau rencana Anda dan membaca buku-buku inspirasional akan membuat Anda berada dalam pikiran yang lebih rasional dan percaya diri.

No comments:

Post a Comment