Sep 12, 2019

Makna Anjuran Belajar Memanah Rasulullah SAW


archer, taylor swift

Ketika mendengarkan lagu Taylor Swift "archer" SettiaBlog jadi ingat hadis Rasulullah SAW untuk berlatih memanah. Combat, I'm ready for combat....I've been the archer, ini potongan lirik "archer". Aku sudah siap untuk bertarung....Aku sudah menjadi seorang pemanah.


Bicara soal hadis Rasulullah SAW tentang berlatih memanah. Sungguh begitu indah dan sempurnanya ajaran Islam. Bukan hanya akidah, syari'at dan akhlak saja yang diajarkan. Sampai sampai islam sangat memperhatikan dalam urusan olahraga. Buktinya rasulullah SAW menganjurkan kita untuk olahraga seperti memanah, berenang, dan berkuda.

Seorang Muslim harus memiliki kebugaran tubuh yang prima, yaitu dengan secara rutin melakukan olah raga. Salah satu olah raga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah memanah, sebagaimana sabda beliau dalam hadits riwayat Bukhari Muslim.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR Bukhari Muslim).

عن ابن عمر ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « علموا أبناءكم السباحة والرمي ، والمرأة المغزل
Artinya:
Dari Ibnu ‘Umar, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ajari anak-anak lelakimu renang dan memanah, dan ajari menggunakan alat pemintal untuk wanita” (HR. Al-Baihaqi)

Memanah, bermanfaat untuk melatih kepercayaan diri serta jiwa. Jadi, dengan memanah kita bisa belajar membidik sasaran-sasaran dalam hidup ini. Bahwa hidup harus mempunyai sasaran yang jelas dan lakukan usaha untuk mencapainya dengan keteguhan tangan, kekuatan hati dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan keadaan dunia ini. Sasaran bukanlah tujuan utama, tapi merupakan acuan kita melangkah dan fokus pada Ikhtiar (proses) bukan pada hasil akhir.

Memanah melatih emosi untuk meletakkan 'target' pada satu-satu sasaran. Jika emosi kita terganggu, sudah pasti sasaran akan mudah tersasar. Secara tidak langsung ini melatih kita untuk belajar tenang dan mengawal emosi, ini juga dapat membina fokus dan daya tumpuan dalam menyemai rasa tanggungjawab dan disiplin diri, meningkatkan jati diri dan keyakinan peribadi. Individu yang mempunyai banyak karakter pribadi begini InsyaAllah akan mudah melepaskan diri dari segala rintangan dalam kehidupannya.

Berkuda, dalam hal ini adalah simbol dari hidup dan Pengendalian Diri, Rasa Percaya Diri dan Keberanian. Secara fisik kuda tentu lebih kuat dari penunggannya, namun sang penunggang tetap harus menguasai kuda tersebut agar dia bisa sampai ke tujuannya. Demikian pula dalam kehidupan manusia. Kita sering kali harus memimpin orang-orang yang lebih pintar, lebih kuat dan lebih banyak memiliki kelebihan dibanding kita.

Bentuk lekuk badan belakang kuda (tempat di tunggang), baik untuk merawat segala masalah tulang belakang manusia. Semasa pergerakan galloping yaitu cara rentak kuda melompat dan berlari menyebabkan vetebra tulang belakang manusia bergesel antara satu sama lain dalam keadaan harmoni, dan meransang saraf-saraf tulang belakang, seolah-olah diurut. Sedangkan pakar chiropraktik pun tidak mampu membuat seperti gerakan natural tulang-tulang veterbra semasa orang menunggang kuda.

Berenang, bermanfaat bagi ketahanan fisik. Seseorang yang mahir berenang akan kuat pernapasannya, dan ini amat besar pengaruhnya bagi kecerdasan otak. Olah raga renang melibatkan hampir seluruh otot, dan ini tentunya akan meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina seseorang sehingga tetap bugar dan tidak mudah sakit.

Saat berenang, mental, fisikal, segala otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang berkoordinasi antara dua anggota kaki dan dua anggota tangan, selain merangsang stamina ( sistem kardiovaskular ). Sebab itu juga berenang dikatakan olah raga yang paling sempurna dan menyehatkan. Berenang juga memberi peluang kepada manusia untuk menguasai air serta menjadi berani.

No comments:

Post a Comment