Sep 24, 2019

Labu Kuning Punya Banyak Manfaat


atasi labu kuning rontok buah

Labu kuning SettiaBlog tumbuh subur walaupun dengan sistem organik. Kini mulai berbuah lebat, namun sayang buah yang masih kecil pada rontok. Setelah mencari info dan mengamati pohon labu milik SettiaBlog. SettiaBlog coba menyarikan (mengawinkan) antara bunga jantan dan betina.
Hasilnya seperti yang Anda lihat pada video di atas, buah labu kuning mulai tumbuh besar dan tidak rontok.

Labu kuning adalah jenis labu yang kaya akan gizi dan dapat dibuat berbagai pangan untuk dihidangkan. Semua bagian dari labu kuning bisa dimakan termasuk daging, biji serta kulitnya.

Bunga yang keluar dari beberapa jenis labu juga dapat dikonsumsi. Dan menurut Whfoods, studi penelitian telah mendokumentasikan betapa fantastisnya labu kuning musim panas karena antioksidan.

Labu juga menjadi sumber utama makanan alpha-karoten, dan beta-karoten untuk diet Anda. Lutein, zeaxanthin, dan beta-cryptoxanthin juga sumber makanan yang ada dalam labu kuning tersebut.

Beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan :

Menjaga kesehatan mata

Manfaat labu kuning yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Umumnya seseorang akan menurun kemampuan penglihatannya seiring dengan bertambahnya usia, namun bukan berarti seseorang tidak berpotensi mendapatkan masalah penglihatan di usia muda. Kebiasaan membaca yang salah, paparan layar ponsel dan komputer, dan kebiasaan lainnya juga dapat memicu gangguan mata.

Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam labu kuning dapat membantu untuk mencegah penurunan fungsi mata tersebut. Kandungan lutein dan zeaxhantin dalam labu kuning juga dipercaya dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan juga katarak.

Memelihara sistem pencernaan

Manfaat labu selanjutnya adalah memelihara sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam labu dipercaya mampu untuk menjaga kerja sistem pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit. Labu kuning juga mengandung antioksidan sehingga dapat menurunkan risiko berbagai gangguan pencernaan.

Baik untuk penderita diabetes

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah makanan yang tinggi serat dan labu kuning adalah salah satunya. Penderita diabetes umumnya diharuskan untuk mengganti konsumsi nasi dengan jenis karbohidrat lainnya. Meskipun belum diketahui bagaimana labu kuning dapat berpengaruh pada gula darah, tetapi labu kuning tetap menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat labu kuning lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam labu kuning dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang juga merupakan nutrisi yang baik untuk memelihara jantung.

Serat dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Sedangkan vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang akan bekerja untuk mencegah kerusakan sel.

Membantu menurunkan berat badan

Serat yang tinggi dalam labu kuning juga membuat buah ini dipercaya untuk membantu menurunkan berat badan. Labu kuning diserap lebih lama dalam pencernaan sehingga dapat memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Buah ini juga memili kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk masuk ke dalam menu diet untuk menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan seksual pria

Manfaat labu kuning selanjutnya bisa didapatkan dari bagian bijinya. Ya, labu kuning memang tidak hanya dapat dikonsumsi daging buahnya saja, tetapi juga bagian bijinya. Biji labu kuning dipercaya memiliki kandungan zinc yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam labu kuning juga dapat mencegah gangguan prostat.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat labu kuning yang ketujuh adalah manjaga kesehatan kulit. Kandungan beta-karoten dalam labu kuning dipercaya dapat menjadi tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Vitamin C yang terkandung dalam labu kuning juga dapat membantu menjaga produksi kolagen yang merupakan salah satu protein utama penyusun kulit.

Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imun yang menurun akan membuat seseorang mudah terserang berbagai penyakit. Manfaat labu kuning yang tidak kalah penting lainnya adalah meninkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dalam labu kuning dapat membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan serta menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Makanan yang mengandung antioksidan juga dipercaya sebagai agen antikanker.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat labu kuning yang terakhir adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Labu kuning mengandung asam amino yang dapat membantu produksi hormons serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah salah satu hormone yang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman. Tidak hanya dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak, serotonin juga dipercaya dapat mencegah depresi.

Resep Roti Kukus Labu Kuning


Labu kuning bisa diolah menjadi bermacam-macam kue, salah satunya roti kukus labu kuning, kebetulan ini kesukaan SettiaBlog.

Bahan - bahan :

3 butir telur

75 gram gula pasir

1/4 sdt garam

1/2 sdm emulsifier (sp/tbm)

85 gr tepung terigu protein sedang 15 gr susu bubuk

75 gr labu kuning kukus, dihaluskan 75 ml santan

1/4 - 1/2 sdt cokelat pasta

50 gr coklat masak atau meises cokelat untuk taburan

1/4 vanili bubuk

Cara membuat :

1. Blender / saring halus santan dan labu kuning. Sisihkan.

2. Kocok telur, gula pasir, garam, vanili dan emulsifier sampai mengembang.

3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.

4. Masukkan campuran labu kuning sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.

5. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata.

6. Siapkan loyang loaf. Tuang adonan kuning 1/2 bagian Kukus 10 menit dengan api sedang. Tabur coklat masak serut / meises secukupnya. Tuang dengan adonan coklat. Kukus 10 menit, taburi meises lagi, tuang adonan kuning. Kukus kembali 10 menit hingga matang.

No comments:

Post a Comment