Sep 1, 2019

Jadilah Wanita Cantik Luar dan Dalam


beautiful, camila feat bazzi

Menjadi wanita cantik tentu adalah impian bagi semua wanita di dunia ini. Cantik adalah naluri wanita, cantik itu sudah melekat pada diri wanita. Cantik itu terdiri dari dua unsur, yaitu cantik secara fisik dan juga cantik dari hati.


Cantik luar dan cantik dari dalam itulah kesempurnaan wanita. Lalu, bagaimana cara agar wanita Nampak cantik dari luar dan dari dalam? Di bawah ini ada doa pemanis wajah dan doa agar terlihat cantik setiap hari.

Doa pemanis :

إِنَّا أَنشَأْنَاهُنَّ إِنشَاءٌ فَجَعَلْنَاهُنَّ أَبْكَارًا عُرُبًا أَتْرَابًا

Latinnya :

Innaa ansaya’naa hunna insyaa’ a. Faja’alnaa hunna abkaaro. ‘uruban atroobaa.

Artinya :

Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya.

Doa agar Terlihat Cantik Setiap Hari

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِي

Latinnya :

Wa alqoytu ‘alaika mahabbatam minni walitushna’a ‘alaa aini.

Artinya :

Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang, yang datang dari-Ku, agar kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku.

Untuk mendapatkan wajah manis, cantik dan bercahaya setiap hari maka ikuti tata cara amalan doa berikut ini :

• Setiap hari bangunlah sebelum azan subuh Ambillah air wudhu dan lakukan solat subuh (jangan pernah lebih dari pukul 05.00).

• Setelah berwudhu bacalah doa pemanis wajah diatas sebanyak 3 kali, tiupkan ke telapak tanan lalu usapkan ke wajah anda.

• Setelah salam (setelah solat subuh) bacalah doa agar terlihat cantik setiap hari diatas sebanyak 5 kali lalu tiupkan juga ke telapak tangan dan usapkan pada wajah anda.

• Rutin lakukan hal ini setiap hari maka anda akan mendapatkan wajah cerah, cantik dan berseri secara alami dari dalam.

Begitu juga rahasia kecantikan wanita Jawa seperti Ken Dedes, sebenarnya tidak terlalu sulit. Sama seperti di atas, yang membedakan mungkin caranya. Mohon maaf, ini hanya cerita dan pembanding, cerita ini tidak bisa di jadikan bahan rujukkan.

Sejak mulai remaja Ken Dedes sudah membiasakan hal-hal seperti ini; setiap menjelang fajar selalu bermeditasi menghadap sebelah matahari terbit. Baru menghentikan meditasi ketika matahari sudah menyinari keseluruhan wajah dan badannya.

Setelah melakukan ritual meditasi yang konon dipercaya dapat mempercantik dirinya dari dalam. Ken Dedes memakan separuh kuntum bunga Wijaya Kusuma. Dan jika bunga tersebut tidak lagi musim Ken Dedes menggantinya dengan 7 bunga melati (yang masih kuncup) yang dimakannya.

Dan sisa separuh bunga Wijaya Kusuma tersebut, dilumatnya hingga hancur dan di oleskan pada bagian wajah dan seluruh tubuhnya, begitupun dengan 7 bunga melati.

Tipe wanita seperti Ken Dedes adalah tipe wanita Jawa yang ideal. Apa saja kriteria wanita Jawa yang ideal:

Kusuma Wicitra

Ibaratnya bunga mekar yang sangat mempesona, yang siap untuk dipetik. Wanita yang ideal sebaiknya mempersiapkan dirinya dengan ilmu pengetahuan dan agama, mengharumkan dirinya dengan perbuatan baik, menjaga kehormatan dan kesucian dirinya.

Padma Sari

Ibarat bunga teratai yang sedang mekar di kolam. Bunga teratai dalam budaya jawa merupakan simbol kemesraan, sehingga yang dimaksudkan dengan wanita ideal dalam konsep ini adalah wanita cantik yang penuh kasih mesra hanya bila bersamaan dengan suaminya.

Sri Pagulingan

Wanita ini ibarat cahaya yang sangat indah di peraduan atau singgasana raja. Wanita yang ideal sebaiknya tidak hanya cantik jasmaniahnya, namun juga dapat mempersembahkan dan menunjukkan kecantikannya hanya kepada suaminya ketika berolah asmara di peraduan.

Sri Tumurun

Ia ibarat bidadari nirwana yang turun ke dunia. Wanita ideal sebaiknya cantik raga dan jiwanya. Ini dibuktikan dengan kesediaannya untuk “turun”, berinteraksi dengan rakyat jelata, kaum yang terpinggirkan untuk menebarkan cahaya cinta dan berbagai kasih.

Sesotya Sinangling

Ia ibarat intan yang amat indah berkilauan. Wanita yang ideal sebaiknya selalu dapat menjadi perhiasan hanya bagi suaminya, sehingga dapat memperindah dan mencerahkan hidup dan masa depan suaminya, juga keluarganya.

Traju Mas

Ibarat alat untuk menimbang emas. Ini merupakan simbol wanita setia yang selalu dapat memberikan saran, pertimbangan, dan nasihat demi terciptanya keluarga yang sakinah.

Gedhong Kencana

Ibaratnya gedung atau rumah yang terbuat dari emas dan berhiaskan permata. Ini merupakan simbol wanita yang berhati teduh dan berjiwa teguh, sehingga dapat memberikan kehangatan dan kedamaian bagi suami dan keluarganya.

Sawur Sari

Ibarat bunga yang harum semerbak. Wanita yang ideal sebaiknya dikenal karena kebaikan hatinya, keluhuran budi pekertinya, kehalusan perasaannya, keluasan ilmunya, dan kemuliaan akhlaknya. Kecantikan fisik dan kekayaan harta yang dimiliki wanita hanya sebagai pelengkap, bukan syarat mutlak seorang wanita ideal.

Pandhan Kanginan

Ibaratnya pandan wangi yang tertiup angin. Ini merupakan simbol wanita yang amat menggairahkan, menawan, dan memikat hati. Dapat dilukiskan sebagai : tinggi semampai, berparas cantik, berkulit kuning langsat, bibir merah alami, payudara montok, murah senyum, tidak terlalu gemuk, dan tidak terlalu kurus, dapat memberikan keturunan.

Dalam Serat Yadnyasusila, dijelaskan tentang tiga hal yang harus dimiliki oleh wanita agar dapat menjadi wanita idaman.

Merak ati atau merak ati

Dalam hal ini, wanita itu bisa membina kemanisan dengan mempercantik dan merawat diri (ngadi warni), mempercantik busana (ngadi busana), berwajah ceria (ngadi wadana), murah senyum (sumeh), santun dalam bertutur kata (ngadi wicara), dan sopan serta luwes dalam berperilaku (ngadi bawa).

Gemati

Berarti wanita itu siap untuk merawat, mengasuh mendidik putra-putrinya, mengatur rumah tangga, dan melayani suami dengan penuh keikhlasan.

Luluh

Ia mampu untuk selalu menyenangkan hati suaminya, selalu menyediakan waktu untuk suami dan anak-anaknya, sabar dan gembira saat mengasuh anak-anaknya, dan selalu berusaha menciptakan keseimbangan dan keharmonisan dalam keluarganya.

No comments:

Post a Comment