Aug 16, 2019

Makna Warna pada Sebuah Merek Dagang


color of the wind

Pahamilah, warna memiliki kekuatan untuk mengekspresikan merek Anda.

Sebuah logo suatu merek dan identitas merupakan kolaborasi dari simbol, angka dan kata. Tapi komponen yang paling diingat kebanyakan orang adalah warna. Pada kenyataannya, warna meningkatkan 80% pengakuan suatu merek.


Warna memiliki kekuatan untuk menyampaikan dan mengkomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata. Misalnya dalam Kuis ada pertanyaan: Warna apa yang menyimbolkan Partai Republik Amerika Serikat? Bagaimana dengan Demokrat? Jika Anda mengatakan merah untuk Republik dan biru untuk Demokrat, Anda benar. Setiap partai berafiliasi kuat dengan warnanya dimana banyak politisi yang akan mengenakan dasi merah atau biru tergantung dari partai apa yang mereka representasikan.

Jika sudah berhubungan dengan branding, warna memiliki kekuatan emosional dan praktis. Pada tingkat emosional, warna dapat mempengaruhi bagaimana perasaan konsumen ketika melihat sebuah merek, sementara itu dalam tingakt praktis, warna dapat membantu sebuah merek menonjol di keramaian.

Beberapa penelitian tentang hubungan antara warna dan branding (disini, disini, dan disini) mengemukakan bahwa 90% dari pertimbangan yang dibuat tentang produk berdasarkan pada warna, dimana warna yang mempengaruhi bagaimana konsumen melihat ‘kepribadian’ dari merek, dan hubungan diantara merek dan warna yang dianggap cocok untuk beberapa merek tertentu.

Semua hal ini baik dan bagus, namun bagaimana Anda memilih warna yang cocok dengan merek Anda? Pada kesempatan ini, SettiaBlog akan membahas penggunaan warna pada branding dan di bawah ini ada 11 pedoman warna untuk membantu Anda memilih yang paling cocok dengan merek Anda.

Merah – simbol untuk Bahaya, Gairah, Kegembiraan, dan Energi

Arti: Merah memiliki asosiasi kontekstual yang berbeda dan didalam branding dapat menyampaikan pesan yang terlihat. Merah memiliki kemampuan untuk rev desire; dan tidak mengagetkan ketika merah disimbolkan sebagai warna api, bahaya dan darah, di sisi lain merah juga jadi simbol cinta, seksualitas dan gairah. Merah itu tebal, berenergi, dan warna yang hidup yang menyimbolkan kekuatan, kepercayaan diri dan kekuatan.

Tips penggunaan: Karena merah memiliki arti yang sangat kuat, mungkin penggunaannya harus dengan bijaksana. Tapi, apabila merek yang lain menghindari merah, mungkin ini cara yang paling bagus untuk menonjol diri diantara yang lain.


Kombi menjual pakaian musim dingin yang hangat untuk iklim Kanada. Identitas mereknya menggunakan warna merah, tujuannya untuk membangkitkan perasaan hangat dan merah juga ada di bendera Kanada.


Identitas visual dari Swedish Democratic Youth League
menggunakan merah sebagimana terikat kuat kepada afiliasi politik. Di Swedia, merah identik dengan Partai Demokrat, terinspirasi dari simbol tradisional bunga mawar merah.

Oranye – simbol untuk Segar, Berjiwa muda, Kreatif dan Petualang

Arti: Mencampurkan kehangatan warna merah dan keoptimisan warna kuning, oranye mengkomunikasikan aktifitas dan energi. Dan tentu saja warna oranye sebagai warna jeruk, dan semua produk bervitamin C, yang langsung membuat oranye terasa segar dan sehat. Oranye tidak untuk semua orang (namun ini adalah warna dekade dari tahun 1970an) dan oleh karena itu warna ini di asosiasi: berjiwa muda, kreatif dan petualang.

Tips penggunaan: Karena oranye berasosiasi dengan keseruan dan juga menonjol, menjadikan warna ini cocok untuk merek berjiwa muda, penuh energi dan pilihan terbaik untuk merek yang berhubungan dengan mewah, tradisional atau serius.


Feeding the Self adalah sebuah organisasi yang mengajari pemuda-pemudi Afrika untuk melakukan program berkelanjutan mandiri dengan kebun sayuran dan buah. Disini, oranye membawa semangat jiwa muda, yang diikuti dengan perasasaan yang segar dan sehat dengan berkebun.


Full Orange menciptakan sebuah identitas visual untuk Ampersand Agency yang penuh dengan warna oranye (dengan sedikit warna biru dan cokelat). Oranye mengeskpresikan kreatifitas dan energi dari agency tersebut.

Kuning – simbol untuk Optimistis, Ceria, Menyenangkan dan Bahagia

Arti: Diambil dari warna matahari, warna kuning membawa senyuman. Warna yang mudah dilihat dari jarak yang jauh (maka dari itu sering digunakan untuk rambu lalu lintas) dan mengkomunikasikan keceriaan, keramahan, kesenangan dan energi (siapa yang tidak membutuhkan lebih banyak warna kuning dalam hidupnya?) Warna kuning juga bisa diasosiasikan dengan kejernihan mental dan kepintaran (siapa yang tidak butuh lebih banyak warna kuning?) Meski pun begitu, kuning juga merupakan warna hati-hati yang digunakan pada jaket keselamatan, police line, dan area berbahaya.

Tips penggunaan: Beberapa nuansa warna kuning mungkin terlihat murahan – meskipun mungkin cocok dengan citra merek Anda. Jadi, warna kuning adalah contoh yang bagus untuk meneliti reaksi konsumen kepada kelayakan warna dan memastikan warna produk Anda sudah benar. Pastikan untuk menggunakan desain yang bagus jika Anda ingin menghindari kesan murahan.


Peralatan alat tulis ini untuk para ilusionis The Citrus Brothers. Warna kuning, seperti ilusionis, ceria, menghibur dan menghadirkan senyuman.


Konsep identitas visual ini mempromosikan Aachen sebagai pusat untuk listrik kendaraan dan menggunakan warna kuning, yang secara tradisional berasosiasi dengan listrik dan juga mengkomunikasikan energi.

Hijau – simbol untuk Alami, Daya Hidup, Martabat dan Kekayaan

Arti: Warna hijau memiliki dua arti umum yang cukup paradoksal; pertama sebagai alam dan lingkungan, dan yang kedua sebagai keuangan dan kekayaan. Jika dihubungkan dengan alam, hijau mewakili tanaman hidup dan petumbuhan dan secara berkesinambungan digunakan untuk mempromosikan ‘kesejukan’ pada lingkungan, kesinambungan, organik. Dan tentu saja warna hijau juga disangkut-pautkan dengan ‘warna uang’ (uang Amerika Serikat) dan inilah kenapa dihubungkan dengan kekayaan dan stabilitas.

Tips penggunaan: Pilih nuansa hijau dengan hati-hati, hijau yang lebih terang mengindikasikan pertumbuhan, daya hidup dan pembaharuan; sementara warna hijau yang lebih gelap, merepresentasikan martabat, kekayaan dan kelimpahan.


Kartu nama untuk Albahaca Restaurant terlihat cukup enak untuk dimakan. Dengan foto tumbuhan herbal, restaurant yang bernuansa hijau, merek ini menampilkan kesegaran, kesehatan dan penuh dengan daya hidup.


Merek Kokoro & Moi ini menggunakan warna hijau terang. Mempromosikan sebuah festival makanan jalanan, warna hijau berkilau mengkomunikasikan lampu neon dari Pasar Malam Asia dan kesegaran dan ekperimental dari makanan yang disajikan.

Biru – simbol untuk Komunikatif, Dapat Dipercaya, Menenangkan & Depresi

Arti: Biru adalah warna universal yang sering dipilih, mungkin karena kualitasnya yang serba guna. Biru adalah warna favorit untuk perusahaan yang berharap untuk menyampaikan kehandalan, dapat dipercaya dan komunikasi (lihat Facebook, Twitter dan Samsung) dan untuk mengekspresikan autoritas dan organisasi resmi. Warna biru juga diapresiasikan sebagai ketenangan dan keharmonisan yang berasosiasi dengan laut dan langit. Jika dihubungkan dengan emosi, biru digunakakan untuk mengekspresikan kesedihan atau depresi.

Tips penggunaan: Biru menjalankan secara keseluruhan dari perusahaan dan dapat diandalkan, sampai menenangkan dan memberikan kedamaian, sampai ke perasaan sedih karena ditinggalkan. Seperti warna hijau, pilihan nuansa Anda dengan tepat. Atau hindari jika ini merupakan warna populer di segmen pasar Anda.


Siegfried adalah sebuah perusahaan pembinaan hidup yang bisnisnya tentang komunikasi dan kepemimpinan. Biru menyampaikan keprofesionalitasan Siegfried, dapat diandalkan dan kekuatan sementara semangat warna biru adalah kontemporer.


White Studio mendesain sebuah sistem identitas visual baru untuk Kota Porto. Kami menggunakan biru dari pewarnaan kota dan corak ubin dan menggunakannya untuk mengkomunikasikan kisah dari kota tersebut.

Ungu – simbol untuk Kerajaan, Keagungan, Spiritual & Misterius

Arti: Ungu adalah warna gairah yang rendah. Secara tradisional diasosiasikan dengan kerajaan, keagungan atau kaum bangsawan seiring dengan kualitas spiritual dan misterius. Nuansa warna yang lebih gelap sering mereprentasikan kemewahan atau kekayaan, sementara itu nuansa lavender cukup feminin, sentimentil dan nostalgia.

Tips penggunaan: Warna ungu paling terbaik digunakan untuk target wanita, sebagaimana penelitian bahwa wanita meletakkan warna ungu sebagai warna favorit, dan ini tidak berlaku untuk pria. Secara keseluruhan warna ungu bukanlah warna umum yang digunakan pada merek. Cadbury adalah saalah satunya merek berwarna ungu.


Ungu mungkin bukan untuk semua orang, namun kartu nama Intu
ini menggunakannya dengan perpaduan dengan warna abu-abu menjadikannya lebih netral.


Ungu akan menonjol di keramaian, seperti kartu nama untuk perusahaan perangkat lunak Tidepool. Warna ungu gelap (kontras dengan biru dan putih) adalah simbol kekayaan dan keagungan.

Cokelat – simbol untuk Menyeluruh, Sederhana dan Jujur

Arti: Cokelat banyak digunakan pada produk makanan alami dan kecantikan. Alam yang menginspirasi warna cokelat dengan mereprentasikan perasaan menyeluruh, teratur, dan natural. Sederhana, kuat, tahan lama dan sederhana.

Tips: Gunakan warna cokelat untuk mengingatkan orang-orang tentang hal yang kurang baik. Di satu sisi, warna cokelat juga bagus untuk menyembunyikan hal yang kurang baik jika produk yang Anda branding berkaitan dengan tanah atau lumpur.


Konsep identitas visual verbody Loves Fish & Chips menyatukan berbagai nuansa warna cokelat untuk menyampaikan sensasi dari keseluruhan terkesan alami.


Maurizio Pagnazozzi mendesain identitas visual untuk toko mode XXY menggunakan warna cokelat yang lebih terang dan lebih gelap, warna cokelat pada kayu merepresentasikan merek tetap sederhana, tahan lama dan jujur

Merah Muda – simbol untuk Feminim, Sentimentil, Romantis & Menyenangkan

Arti: Merah muda sudah lama diasosiasikan dengan wanita. Meski pun begitu, seperti semua warna pada umumnya, merah muda adalah warna yang cukup berbeda dan tingkat intensitasnya dapat memberikan arti yang berbeda. Merah muda pucat, sering diasosiasikan untuk warna gadis belia yang mereprentasikan manis, sementara itu dusty pink bisa lebih sentimentil dan merah mudah terang lebih romantis. Di sisi lain, hot pink diindikasikan berjiwa muda, energi, seru dan menyenangkan.

Tips penggunaan: Identifikasi nuansa dan perasaan yang ingin Anda sampaikan dengan warna merah muda yang cocok. Jangan malu menggunakan warna merah muda untuk suatu merek secara umum (seperti T-mobile).


Sam Lane secara spesial memilih warna terang, rosy pink untuk kartu nama fotografer Eleanor Finch menargetkan pemasaran kepada wanita. Meski pun begitu, gambar bernuansa hitam dan jenis huruf yang sederhana namun tetap modern tanpa kesan terlalu ‘kewanitaan.’


British Independent Film Festival Disini, Lane menggunakan warna hot pink untuk identitas British Independent Film Festival. Dengan harapan mendapatkan perhatian, Lane mengkombinasikannya dengan teks yang menyenangkan, energetik dan penuh jiwa muda.

Hitam – simbol untuk Canggih, Formal, Mewah dan Sedih

Arti: Ketika warna biasanya digunakan untuk meningkatkan pengenalan merek, tidak ada salahnya memilih warna hitam, ketika digunakan dengan benar bisa menjadi warna yang khusus, mudah diingat, dan komunikatif sebagai atribut merek. Hitam bisa dianggap sebagai warna yang serius. Mewakili kekuatan, kemewahan, kecanggihan dan eksklusif dan misteri di sisi yang lain. Hitam adalah tegas, klasik, tidak mudah untuk dipermainkan.

Tips penggunaan: Gunakan kontras warna yang terang dengan warna hitam; gunakan warna emas untuk sentuhan mewah; atau kombinasikan dengan putih untuk pernyataan yang tegas dan sederhana. Pikirkan tentang tekstur dan bagaimana warna hitam matte atau glossy mungkin merubah pesan dari merek Anda.


Hitam matte dengan tipe hitam glossy menggambarkan kecanggihan dan khusus seperti yang satu ini, identitas visual pada sebuah Festival Desain Film. Warna hitam yang klasik dan tegas dan tekstur dan berkilau yang menarik perhatian.


Identitas visual untuk All For Show mengindikasikan kemewahan dan eksklusivitas dengan palet hitam yang disandingkan bersama warna emas. Gambar yang transparan ditambahkan dengan efek dalam dan beberapa lapisan.

Putih – simbol untuk Kemurnian, Sederhana, Tidak Bersalah dan Minimalisme

Arti: Putih menggambarkan kesederhanaan, kemurnian, tidak bersalah dan kesempurnaan. Dan jika Anda harus mengidentifikasi satu merek yang menggunakan warna putih untuk menyampaikan pesan merek tentang kesempurnaan, mungkin Apple contoh yang pas – putih mereprentasikan kesederhanaan dari produk mereka secara bentuk dan fungsi. Warna putih juga datang dengan keabsolutan atau kesterilan, yang sering digunakan oleh desainer untuk menyampaikan kesan minimalis, bersih dan modern.

Tips penggunaan: Agak sulit untuk memasukkan kepribadian kedalam merek Anda ketika menggunakan warna putih, jadi pastikan kepribadian merek Anda tentang kesederhanaan, kemurnian dan transparan.


Desainer Thomas Wightman menciptakan sistem identitas untuk menampilkan gaya desain personalnya. Hampir semuanya berwarna putih, dengan sedikit warna hitam + simbol untuk inisial pertamanya, branding sederhana, jelas dan minimalis.


Lucas Leo Catalano menciptakan identitas visual holistic untuk Orto Botanico, pernah menjadi kebun botani Vatikan. Warna putih, dilapisi dengan warna alam dan tekstur, mengkomunikasikan kemurnian dan kesempurnaan dari alam.

No comments:

Post a Comment