Jun 30, 2019

Manfaat Bunga Pisang



Untuk menghilangkan jenuh dan stress SettiaBlog biasa menghabiskan waktu di kebun belakang rumah. Sambil membersihkan dan merawat pohon pisang yang banyak tumbuh di sini, rasa jenuh perlahan-lahan akan mereda. Banyak yang sudah berbuah dan ada juga yang masih berbunga. Meskipun bunga pisang atau biasa disebut jantung pisang ini tak ada yang meliriknya, namun enak lho... kalau di masak dan ternyata punya segudang manfaat untuk perempuan.


• Bunga pisang bisa menjadi makanan alternatif bagi penderita diabetes

Sebuah studi menyatakan bahwa kadar insulin penderita diabetes berkurang setelah mereka diberi bunga pisang sebagai pengganti lauk pauk sehari-hari.

• Jantung pisang bisa menjadi sumber vitamin yang menyehatkan rahim

Bunga pisang juga bisa meringankan PCOS dan menyehatkan rahim. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) adalah masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. PCOS sering ditemukan pada perempuan mulai haid pertama sampai usia sekitar 45 tahun.

• Jantung pisang bisa mengatasi nyeri PMS dan membantumu untuk mengurangi berat badan

Caranya, tumis bunga pisang yang sudah dibersihkan kemudian tambahkan santan kental, cabai giling, garam, lada dan sedikit jintan untuk aroma sedap. Kamu bisa menyantapnya bersama nasi saat kamu mulai merasakan nyeri PMS.

• Untuk ibu hamil, jantung pisang juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik

Bunga pisang ini mengandung banyak serat dan mencegah ibu hamil mengalami sembelit selama kehamilan.

Ketika ibu sudah masuk masa menyusui, jantung pisang pun masih bisa dikonsumsi sebagai pengganti lauk lain

Tahu gak sih kalau bunga pisang bisa meningkatkan produksi ASI? Untuk perempuan yang sedang dalam program kehamilan atau menyusui, masukkan satu bahan makanan ini ke dalam menu utama.

• Bunga pisang juga kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas

Radikal bebas sudah dikenal mampu merusak sel dan memicu gangguan jantung, kanker, dan penuaan dini. Namun bunga pisang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

• Ditambah lagi, jantung pisang juga punya banyak kandungan zat besi

Kalau kamu anemia, jangan ragu-ragu untuk memasukkan ini ke dalam salah satu menu makananmu!

Jantung pisang yang diolah dengan baik dan tepat akan menjadi masakan yang sedap, menggugah selera dan bikin nagih. Apalagi, jika bunga pisang ini dimasak dengan bumbu rempah yang memiliki rasa serta aroma kuat. Apa kamu merupakan salah satu pencinta dari sayur bunga pisang ladies? Jika iya, yuk buat masakan enak dari bunga pisang. Seperti apa resep dan cara membuatnya?


Resep Gulai Bunga Pisang


Bahan :
1 buah bunga pisang
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm jahe (memarkan)
3 cm lengkuas (memarkan)
1 batang serai (memarkan)
250 ml santan kelapa (dari satu butir kelapa)

Bumbu Halus :
7 buah cabai rawit
3 buah cabai merah besar
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Merica (secukupnya)
3 cm kunyit
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Ketumbar (secukupnya)
2 buah kemiri

Cara Membuat :
+ Bersihkan dan potong-potong bunga pisang, cuci bersih kemudian rebus hingga matang dan empuk. Kamu juga bisa membakar jantung pisang dengan arang agar memiliki rasa semakin menggugah selera saat dimasak.
+ Goreng kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah kemudian haluskan bersama bumbu lainnya.
+ Panaskan sedikit air, kemudian masukkan bumbu dan masak hingga mendidih.
+ Tambahkan daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe dna lengkuas.
Masukkan jantung pisang yang telah direbus dan diperas airnya. Aduk rata. Masak hingga mendidih hingga bumbu meresap.
+ Masukkan santan kelapa kemudian aduk semua bahan hingga rata. Masak hingga mendidih dan segera angkat jika sudah matang.


Jika tidak mau terlalu ribet, bunga pisang cukup dikupas sampai sebesar ujung tombak.


Rebus bunga pisang. Sambil menunggu bunga pisang matang, buat sambal yang cocok untuk penyetan. Setelah matang, tiriskan sebentar. Lalu masukkan bunga pisang ke sambal.... tinggal nyet...nyet...., jadi sudah penyet bunga pisang.

No comments:

Post a Comment