Jan 8, 2024

Tip's Sederhana Mengatasi Beban Hidup Makin Berat

 


Video klip di atas "friendship" versi remix, siap gerakan kaki ya! he....he.... Video klipnya sendiri menampilkan seorang wanita menari di dalam air. Badannya terlihat begitu ringan kan ya. Sebenarnya berat badan Si wanita tersebut tetap sama. Kalau dalam prinsip Archimedes dinyatakan bahwa 'Setiap benda yang tercelup seluruhnya atau sebagian ke dalam zat cair yang diam akan dikenai gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut'. Ketika massa jenis suatu benda homogen lebih besar daripada massa jenis medium fluida tempat ia berada, benda tersebut akan tenggelam dan ditarik ke bawah oleh gravitasi. Kepadatan media fluida mendorongnya ke atas karena adanya gradien tekanan, sehingga lebih mudah untuk diangkat. Jika massa jenis benda lebih kecil dibandingkan fluida di sekitarnya, maka tekanan disekitarnya akan mendorongnya ke atas, karena disitulah letak tekanan yang lebih rendah. Ini disebut “daya apung”. Apa pun yang terjadi, begitu benda mencapai daerah yang massa jenis rata-ratanya sama dengan massa jenis fluida di sekitarnya, ia akan mencapai kesetimbangan dan mengapung di sana. Ini disebut “daya apung netral”. Hei...Settia, kamu itu lho ngomong apa? Ndak tahu.

Berat badan atau beban badan dalam air akan terasa ringan karena adanya dorongan air ke atas. Lha sekarang kalau beban hidup ini agar terasa ringan terus gimana? Ya tentu lah harus di kasih dorongan. Banyak c sebenarnya cara yang bisa di gunakan. SettiaBlog akan tunjukkan beberapa, siapa tahu bisa membantu meringankan beban.

• Tetapkan tujuan yang realistis

Mempunyai tujuan yang jelas dan realistis dapat memberikan Anda rasa fokus dan pencapaian yang positif. Pecahlah tujuan besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil untuk memudahkan pencapaian dan memberikan Anda perasaan kemajuan.

• Latihan dan kesehatan fisik

Membangun kekuatan fisik dan menjaga kesehatan tubuh dapat memberikan perasaan energi dan kebugaran yang meningkatkan suasana hati. Melakukan latihan fisik secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, dan menjaga keseimbangan hidup dapat membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

• Kelola stres dengan baik

Cari cara untuk mengelola stres dan menenangkan pikiran Anda. Olahraga, meditasi, yoga, atau hobi yang Anda nikmati dapat membantu meredakan stres dan memberikan Anda ketenangan pikiran.

• Bangun dan jaga hubungan yang sehat

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai, membangun hubungan yang sehat, dan mencari dukungan sosial dapat membantu Anda merasa lebih bahagia dan mendukung dalam menghadapi beban hidup.

• Jadilah diri sendiri dan jaga pikiran positif

Mengembangkan rasa percaya diri dan menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan dapat memberikan Anda ketenangan pikiran. Bicaralah dengan diri sendiri dengan kata-kata positif dan jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika menghadapi tantangan.

• Temukan waktu untuk kegiatan yang Anda nikmati

Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai dan memberikan kegembiraan. Ini bisa berupa hobi, membaca buku, menulis, atau menjalankan aktivitas kreatif lainnya yang memberi Anda rasa pencapaian dan kepuasan.

• Bersikap tulus dan berbagi

Mengambil waktu untuk membantu orang lain dan berbagi kebaikan dapat memberikan perasaan yang mendalam dan mengurangi beban hidup Anda. Melakukan perbuatan baik, seperti relawan di lembaga amal atau membantu teman atau keluarga dalam kebutuhan mereka, dapat memberikan makna yang lebih dalam pada hidup Anda.

Selalu ingatlah bahwa setiap individu memiliki cara yang berbeda untuk membuat beban hidup terasa ringan.
"Jika kita adalah seorang mukmin sejati, masa-masa sulit hanya akan membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT karena kita akan memercayai rencana-Nya untuk kita. Namun, jika kita tidak tenang dan mulai mengeluh tentang segala hal, hal itu mungkin menjauhkan kita dari Pencipta Agung kita."

"Memiliki keyakinan yang kuat bahwa Allah SWT ada di sisi kita, itulah yang menjadikan kita seorang Muslim sejati. Kita harus belajar memiliki tawakul dalam hidup kita untuk mempermudah segala sesuatunya."

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu. Allah maha mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S Al-Baqarah: 216)

No comments:

Post a Comment