Jan 24, 2024

Orang Sederhana Memang Sudah Memiliki Ciri-Ciri Ini Sejak Kecil Dan Bukan Pencitraan

 


Video klip di atas, hamparan persawahan. Backsound nya sendiri SettiaBlog kasih "humble and kind" milik Tim McGraw. Dan SettiaBlog sendiri juga tinggal di desa, di sekitarnya penuh hamparan sawah, ini cerita beneran. SettiaBlog punya 6 saudara, SettiaBlog anak terakhir dari enam bersaudara. Dari kecil SettiaBlog udah biasa di ajarkan tentang kesederhanaan. Keluarga SettiaBlog sendiri sudah biasa berpegang pada pola kesederhanaan. Kesederhanaan di sini menyangkut tindak tanduk, perilaku, sikap, gaya hidup dan lain - lain. Bukan di ukur dari materi lho ya. Mungkin SettiaBlog ini karena anak terakhir jadi kurang bisa mandiri tapi SettiaBlog akan terus belajar kok. SettiaBlog sendiri juga masih tinggal serumah dengan simbok dan keluarga mbakyu SettiaBlog nomor 5. Untuk kebutuhan bulanan simbok, di tanggung saudara SettiaBlog yang pertama, kalau untuk kebutuhan harian simbok, anak - anak dan cucu - cucunya yang ada di sekitarnya itu sayang semua kepada simbahnya. Lho....SettiaBlog kok malah cerita ngelantur yang ndak - ndak gini c. Maaf...ya, maaf. Pola kesederhanaan yang di tanamkan di keluarga SettiaBlog seperti itulah, masih ada kepedulian antar saudara, kepedulian anak dengan orang tua, cucu dengan simbah. Alhamdulillah jarang banget ada konflik antar saudara. Selama ini SettiaBlog sendiri belum punya arti di keluarga, sekali lagi SettiaBlog akan terus belajar kok. Untuk backgroundnya SettiaBlog kasih bunga violet, simbol kerendahan hati dan di padu warna lilac dan amaranth.

Dalam ilmu psikologi telah mengajarkan kita bahwa kepribadian seseorang bisa tercermin dari berbagai aspek kehidupan mereka.  Menariknya, orang sederhana tidak bisa dibuat-buat untuk membuat orang simpatik padanya. Hal ini karena mereka memang memiliki ciri-ciri autentik yang muncul sejak kecil dan bukan sekadar pencitraan. Mari kita bareng - bareng eksplorasi beberapa aspek psikologis yang menjelaskan keunikan dari orang sederhana. Berikut rangkuman ciri-ciri orang sederhana.

1. Kebutuhan yang Sederhana

Orang sederhana cenderung memiliki kebutuhan yang sederhana. Mereka tidak terjebak dalam pusaran konsumtif, tetapi mampu menemukan kebahagiaan dalam hal-hal yang bersifat sederhana dan bernilai emosional. Kebutuhan material tidak mendominasi hidup mereka sehingga mereka lebih fokus pada aspek-aspek yang lebih substansial dalam kehidupan.

2. Sikap Rendah Hati

Ciri khas lain dari orang sederhana adalah sikap rendah hati. Mereka tidak merasa perlu untuk membanggakan diri atau menonjolkan prestasi mereka. Rendah hati bukanlah taktik pencitraan, melainkan ekspresi dari kesadaran akan diri sendiri dan penghargaan terhadap keberagaman kualitas manusia.

3. Pola Pikir Positif

Orang sederhana cenderung memiliki pola pikir yang positif. Mereka melihat tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang, bukan sebagai hambatan. Kemampuan mereka untuk menghadapi kesulitan dengan sikap optimis membantu mereka melewati situasi sulit dengan lebih baik.

4. Optimisme dan Kemampuan Mengatasi

Melihat hidup dengan cara yang optimis adalah salah satu ciri utama orang sederhana. Mereka tidak terjebak dalam siklus negativitas, melainkan memandang masa depan dengan harapan. Kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan dan menjaga semangat positif menjadi kunci keberhasilan mereka.

5. Rasa Puas dengan Diri Sendiri

Orang sederhana memiliki rasa puas dengan diri mereka sendiri. Mereka tidak terlalu terpengaruh oleh standar sosial yang sering kali tidak realistis.  Keberhasilan mereka diukur oleh kebahagiaan dan kepuasan pribadi, bukan oleh persepsi orang lain terhadap mereka.

Dengan menggali lebih dalam dalam ilmu psikologi, kita dapat memahami bahwa sederhana bukanlah kekurangan. Melainkan kekayaan yang dimiliki oleh orang-orang yang mampu menemukan makna sejati dalam kehidupan. Ciri-ciri ini membuktikan bahwa kepribadian autentik dan sederhana bukanlah hasil pencitraan, melainkan hasil dari fondasi yang kokoh sejak masa kecil.

Sekali lagi SettiaBlog minta maaf, udah cerita - cerita tentang keluarga. Dan yang paling membuat SettiaBlog selalu bersyukur dan bersemangat, SettiaBlog itu selalu di lingkupi oleh orang - orang yang memiliki pola pikir sederhana dan positif. Banyak juga mereka masih muda tapi sudah memiliki manajemen diri (self management) yang bagus.
Whatever you are, be a good one.
(Apa pun dirimu, jadilah yang terbaik.)

If in oneself there is still a sense of shame and fear to do something good, it is a guarantee for that person is not going to the meeting he had with the progress of a single step.
(Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.)

No comments:

Post a Comment