Sep 6, 2023

Tip's dan Cara Mengejar Impian

 

   

     Kali ini SettiaBlog memadukan warna malachite, robin egg blue  dan  seafoam green dengan conic gradient untuk background. Lalu SettiaBlog kasih sedikit semburan warna moss green. Untuk font-nya SettiaBlog gunakan Heebo. Video klipnya sendiri SettiaBlog kasih "crystallize" milik Lindsey Stirling yang versi live pertengahan Agustus yang lalu. Thu kan,  Lindsey jidadnya juga di buat licin. Tapi cantik lho. Setting panggungnya di dominasi warna biru dan putih, warna es yang membeku. Seperti hati SettiaBlog yang juga udah membeku....he...he.... ndak...ndak...bercanda. Hati kok membeku, kalau hanya untuk satu wanita, istri SettiaBlog, mungkin ya. Tapi SettiaBlog bilang gitu juga ndak akan ada yang percaya. Udah ..udah..., lupakan omongan SettiaBlog. Lanjut ke pembahasan. Crystallize bisa di artikan merealisasikan. Kayak ungkapan Paul J. Meyer di bawah ini.
“Crystallize your goals. Make a plan for achieving them and set yourself a deadline. Then, with supreme confidence, determination and disregard for obstacles and other people’s criticisms, carry out your plan.”
(Kristalkan cita-citamu. Buat rencana untuk meraihnya dan atur batas waktu untuk dirimu sendiri. Kemudian dengan kepercayaan diri tinggi, kebulatan tekad dan mengabaikan rintangan dan kritik orang lain, laksanakan rencanamu.)

Cara mengejar impian adalah suatu hal yang secara alami diinginkan oleh sebagian besar umat manusia yang hidup di dunia. Hanya saja, dalam perjalanan mengejar impian tersebut, banyak orang yang tidak sanggup untuk mewujudkannya. Setiap orang memiliki jalan yang berbeda-beda dalam mengejar impian mereka. Ada orang yang dianugerahi perjalanan yang mudah dan ada juga orang yang menemui banyak hambatan dalam proses mencapai impiannya. Namun, hal itu bukanlah sebuah alasan. Terbukti banyak orang yang berhasil mencapai mimpi-mimpinya, walaupun dengan banyak kegagalan dan penuh pengorbanan. Dalam menjalani hidup, seseorang perlu untuk selalu melakukan evaluasi terhadap diri mereka setiap saat. Sikap evaluatif menjadikan seseorang akan lebih peka dan lebih paham tentang jalan yang harus dilalui untuk mewujudkan impiannya. Nah, berikut ini adalah beberapa tip's yang bisa Anda lakukan untuk lebih pasti dalam proses mengejar impian.

1. Mengejar Impian dengan Menentukan Goal Secara Spesifik.

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengejar impian Anda adalah dengan menetapkan goal atau tujuan secara spesifik terlebih dahulu. Salah satu masalah yang hampir selalu dihadapi oleh seorang pengejar mimpi adalah melakukan sesuatu tanpa tahu tujuan yang diinginkannya. Dengan mengetahui apa yang Anda inginkan semasa hidup. Maka Anda dapat mulai memantapkan diri untuk membuat tujuan dalam hidup. Tujuan sendiri harus memiliki sifat yang spesifik, nyata, dan jelas. Dengan memahami apa impian yang ingin Anda capai, tentu Anda akan lebih mudah dalam menentukan berbagai langkah berikutnya dan menghadapi berbagai tahapan selanjutnya.

Misalnya, apabila Anda ingin menjadi orang terkenal. Cobalah untuk memperjelas bayangan Anda tentang orang terkenal. Mungkin, orang terkenal yang Anda inginkan adalah seorang penyanyi, aktor, presenter, atau bahkan politisi. Hal ini akan dapat membuat Anda memiliki gambaran yang lebih nyata dan lebih jelas dalam melakukan berbagai langkah kedepannya.

2. Mewujudkan dan Mengejar Impian dengan Konsisten

Cara kedua yang perlu dilakukan untuk mengejar impian Anda adalah dengan mewujudkan impian Anda dengan konsisten. Dengan mulai menyelaraskan pola pikir, energi, dan kemampuan, Anda dapat lebih percaya diri dalam menguatkan tekad dalam menempuh berbagai tahap. Maka dari itu, Anda perlu mengubah impian sebagai sebuah tekad yang sangat kuat di dalam hati Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki impian untuk menjadi seorang Make up artist (MUA) yang terkenal. Maka tekad yang harus Anda miliki adalah keinginan kuat untuk selalu berusaha untuk selalu belajar tentang dunia tata rias. Anda dapat melakukan langkah awal dengan membuat portofolio setiap hasil make up yang buat. Selanjutnya, Anda juga bisa mengikuti berbagai ajang perlombaan untuk semakin mengasah kemampuan dalam make up sekaligus memperkenalkan nama Anda kepada banyak orang. Disinilah kekuatan tekad dan konsistensi sangat diperlukan. Setiap impian pada dasarnya membutuhkan semangat dan kerja keras untuk bisa mewujudkannya. Oleh karena itu, diperlakukan keselarasan antara energi, pikiran, dan kemampuan agar Anda dapat memiliki tekad yang kuat untuk berusaha mewujudkan impian Anda setiap saat.

3. Belajar dari Orang yang Sudah Berhasil

Cara ketiga yang perlu dilakukan untuk mengejar impian Anda adalah belajar dari orang yang sudah berhasil terlebih dahulu sebelum Anda. Pada saat Anda  memutuskan untuk memantapkan diri menjadi seseorang yang Anda inginkan di masa depan. Anda diharuskan untuk memiliki ilmu yang bisa membantu dalam proses mengejar impian. Di era internet seperti sekarang, ada banyak ilmu yang bisa Anda akses, mulai dari pendidikan secara online maupun bertemu secara langsung dengan orang yang sudah berhasil. Dengan belajar, Anda akan memiliki pemahaman yang cukup tentang kenyataan terkait impian Anda. Tentu hal ini akan semakin membuat Anda  menguatkan tekad dalam berusaha. Dengan selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan masa lalu. Mindset selalu ingin menjadi lebih baik dibanding sebelumnya, merupakan suatu tanda bahwa Anda selalu maju dan tidak berjalan di tempat.

Salah satu contoh bagi Anda yang memiliki impian menjadi pengusaha roti. Hal pertama yang bisa Anda  lakukan tentunya adalah belajar dari seminar bisnis. Selain itu, Anda juga dapat menemui seorang yang Anda anggap telah berhasil dan sukses dalam berbisnis roti. Salah satu usaha yang tidak mudah adalah belajar dengan orang lain. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil ketika menemukan lingkungan yang mendukung, bahkan bisa jadi Anda  dapat mendapatkan bantuan atau bentuk kerja sama.

4. Membicarakan Impian Anda Kepada Seseorang yang Anda Percayai

Cara keempat yang perlu dilakukan untuk mengejar impian Anda adalah membicarakan impian Anda kepada orang lain yang Anda percayai. Selain dapat Anda percayai alangkah lebih baiknya orang lain tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap hidup Anda, baik itu semangat, motivasi, teladan, dan lain sebagainya. Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa impian tidak boleh diceritakan kepada orang lain. Namun, hal itu bisa menjadi baik apabila diolah dengan benar. Adanya dukungan dan dorongan dari orang lain memiliki pengaruh kuat agar Anda dapat selalu berusaha untuk mengejar tujuan dari hidup Anda. Beberapa bantuan yang bisa Anda dapat apabila membicarakan impian kepada orang lain, misalnya seperti membantu mencari informasi tentang kursus agar mendapatkan kelas yang murah dan berkualitas atau bisa jadi sebuah bantu dalam bentuk finansial. Oleh karena itu, pilihlah seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada diri Anda pada saat Anda bercerita. Meskipun cukup selektif, tapi ini akan semakin mendorong Anda untuk mencapai impian Anda.

5. Bangun Kebiasaan Kecil Setiap Hari

Cara kelima yang bisa Anda lakukan untuk mengerjar impian Anda adalah membangun kebiasaan kecil setiap hari. Dalam proses meraih cita-cita, seseorang perlu menyusun berbagai langkah untuk mencapainya, baik itu langkah kecil maupun langkah besar. Pada akhirnya, semua mimpi bisa terwujud apabila dilakukan usaha dengan penuh kesabaran. Oleh karena itu, Anda dapat memulai meraih impian dengan langkah kecil terlebih dahulu. Hampir semua orang yang memiliki keinginan terhadap sesuatu secara instan. Hanya saja, banyak hal yang tidak bisa dicapai secara instan. Dan, bisa dikatakan tidak hal yang bisa dicapai secara instan dan cepat. Perjalanan dalam meraih cita-cita merupakan perjalanan tentang menemukan tujuan hidup. Maka dari itu, proses yang baik akan melahirkan hasil yang baik pula.

6. Tidak Menunda-nunda Pekerjaan

Cara keenam yang dapat Anda lakukan untuk meraih impian Anda adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Sifat menunda pekerjaan ini sendiri biasa disebut dengan prokrastinasi. Sifat ini dapat dipahami sebagai sebuah kebiasaan menunda sesuatu yang penting demi hal lain yang tidak lebih penting. Apabila Anda menginginkan sesuatu, pada dasarnya tidak perlu hingga menunggu besok atau bulan depan bahkan tahun depan. Dengan melakukan langkah pertama setiap menginginkan sesuatu. Maka langkah tersebut bisa disebut sebagai satu langkah pasti yang akan menentukan wujud impian Anda di masa yang akan datang. Namun, sebagai manusia yang bisa capek dan penat. Anda bisa mencoba untuk mengendurkan ritme ketika pada saat bekerja. Hal itu bisa dilakukan ketika ada hal yang lebih penting dan darurat sehingga perlu diselesaikan dahulu. Anda juga boleh menikmati waktu sejenak dan rehat dari pekerjaan ketika sudah sesuai target yang dibuat.

7. Menghindari Keinginan yang Bisa Merugikan

Cara ketujuh yang bisa Anda lakukan untuk meraih impian adalah menghindari keinginan untuk menjadikan semua pilihan Anda sempurna. Manusia pada dasarnya memiliki menginginkan sesuatu yang baik untuk dirinya, misalnya seperti keinginan untuk menempuh perjalanan dalam mewujudkan impian dengan lancar dan cepat. Namun, tidak ada yang bisa menjamin bahwa perjalanan seseorang dalam meraih impian bisa terjadi sesuai rencana. Oleh karena itu, dalam memilih keinginan untuk mewujudkan sebuah impian. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memperkirakan risiko yang akan terjadi apabila Anda memilih dan menginginkan sesuatu. Ada baiknya memilih risiko yang mampu Anda  tanggung dan bisa diambil pengalaman dari pilihan itu. Sebagian orang sering kali akan menemukan sebuah hambatan apabila memiliki sikap perfeksionis. Perfeksionis sendiri dapat dipahami sebagai sebuah sikap yang mengingkan sesuatu menjadi terlihat sempurna, sehingga tidak akan sangat terganggu dengan berbagai kekurangan kecil. Dengan menjadi perfeksionis, Anda  merasa ada detail kecil yang mengganggu perjalanan, seperti sebuah kegagalan. Dalam konteks meraih impian, dengan menyelesaikan sesuatu secara sempurna tanpa ada kesalahan kecil akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Cobalah untuk berfokus pada setiap perkembangan dan tujuan yang sudah Anda tentukan. Hal ini akan memberikan rasa percaya diri dan energi positif yang baik bagi Anda untuk meraih impian.

8. Move On

Cara terkahir yang perlu Anda lakukan dalam meraih impian adalah selalu berpikir ke depan. Istilah move on sangat baik apabila Anda terapkan pada setiap hal dalam hidup. Namun, move on bukan berarti melupakan masa lalu sepenuhnya ya. Move on lebih seperti memandang masa lalu sebagai sesutau yang sudah tidak bisa diubah, melainkan sebagai evaluasi untuk selalu maju. Di masa lalu, mungkin Anda pernah menemui sebuah kegagalan pada saat mencoba meraih impian Anda. Baik itu kegagalan ketika mengikuti sebuah kompetisi, kerugian pada saat berbisnis, hingga ada banyak cemoohan dari orang di sekitar Anda. Tentu saja hal itu sangat pahit apabila diingat. Oleh karena itu, cara berpikir yang perlu dibangun adalah menjadikan masa lalu sebagai bahan untuk selalu berubah di masa depan. Dalam proses meraih impian, seseorang bisa dipastikan dipaksa untuk menghabiskan kegagalannya. Menjadi hal yang wajar apabila seseorang mengalami perasaan sedih dan menangis ketika menghadapi sesuatu yang berat. Hanya saja, menangis atau bersedih dalam waktu yang lama tidak akan bisa mengubah sesuatu. Akan selalu ada kesempatan berubah bagi seseorang yang ingin memperbaiki masa lalunya. Cobalah untuk melihat kalender, maka Anda  akan dapat melihat ada banyak waktu dan kesempatan yang masih bisa Anda lakukan. Jangan terlalu fokus terhadap masa lalu. Terlalu fokus pada masa lalu justru akan menghambat Anda untuk terus maju ke depan. Terlalu memikirkan masa lalu akan menjadikan Anda sosok yang ragu, tidak percaya diri, dan tidak berani mengambil kemungkinan dalam hidup. Masa lalu adalah sebuah pembelajaran yang baik untuk menyusun masa kini dan masa depan.

No comments:

Post a Comment