Aug 4, 2023

Tip's Mengatasi Kejenuhan Akibat Bosan Hidup

 


Ada yang ngerti ndak, di video klip di atas itu gambar apa? Itu gambar chewing gum yang selalu menemani SettiaBlog saat mengetik bahasan. Kebetulan SettiaBlog suka produknya Lotte, udah sejak SMP dulu. Yang di atas itu jenis Lotte xylitol. SettiaBlog itu kalau udah mengunyah chewing gum bisa sampai berjam -jam, kalau lagi bosan gitu terkadang bisa setengah hari tahan mengunyah satu chewing gum. Biasanya saat lagi beraktivitas sendirian, kalau banyak orang, malu. Jangan ada yang meniru ya, ini kebiasaan SettiaBlog yang ndak baik. Lagunya SettiaBlog kasih "creep", tapi udah di cover.

SettiaBlog mau nanya, dalam ngejalanin hidup, Anda pernah ndak c ngerasa bosan? Contohnya kayak bosan sama kegiatan yang itu-itu aja, bosan karena ndak ngapa-ngapain, ataupun bosan sama workflow  kerja yang Anda jalanin di kantor? Rasa bosan dan jenuh dalam ngejalanin hidup itu pasti ada, karena kita hidup bisa dibilang lumayan lama, bahkan bisa sampe puluhan tahun. Tapi rasa bosan ini ndak boleh terlalu lama dirasain. Dengan kata lain, sebagai manusia kita perlu muter otak gimana caranya biar hidup kita lebih ada warnanya.

Bosan sendiri sebenarnya perasaan yang normal dirasain sama siapa aja. Biasanya, rasa bosan muncul karena Anda ndak puas dan tertarik sama sesuatu. Bisa juga karena Anda lagi ngelakuin tugas atau pekerjaan yang terlalu sulit. Menurut Judith Wurtman, rasa bosan itu muncul karena ndak adanya stimulasi dari luar diri Anda. Dengan kata lain, ndak ada hal baru yang Anda lakuin buat nambah semangat dalam hidup.

Kalo Anda ngelakuin hal yang sama setiap harinya dan itu ngebuat Anda ndak happy, Anda bakal ngerasa hidup yang Anda jalanin sama sekali ndak spesial. Istilah bosan sering dipake kalo kita udah ngerasa malas ngelakuin suatu hal. Tapi, sebenarnya rasa bosan itu baik ndak c buat diri sendiri? Menurut pandangan dari Hilary Jacobs Hendel, bosan adalah hal yang wajar. Namun, ketika rasa bosan terjadi secara berulang dan ngebuat diri kita ndak tertarik dalam ngejalanin hidup, rasa bosan itu bisa dikategoriin sebagai bosan kronis. Bosan kronis juga bisa dikarenakan terlalu banyak menghindari masalah dan kurang mencari hal baru untuk digemari.

Kalo Anda terus-terusan stuck  di posisi bosan kronis ini, tentu Anda ndak bakal bisa nemuin makna dalam hidup. Seakan-akan hobi, mimpi, dan hal-hal yang Anda senengin dalam hidup bakal ndak ada artinya lagi. Ditambah lagi kalo Anda udah ngerasa bosan banget dalam ngejalanin hidup dan dibarengin sama overthinking tentang apa yang bakal terjadi di kehidupan Anda selanjutnya. Bisa-bisa semua rasa itu bakal bikin Anda malah cemas, dan yang paling buruk adalah depresi. Itu semua terjadi Karena Anda ndak nemuin makna spesial dalam hidup dan ndak ada yang mau Anda lakuin kedepannya.


‘’Kebosanan adalah masalah biasa dan wajar dialami oleh setiap individu, namun bisa menyebabkan depresi jika dibiarkan berlarut-larut”


Jenuh akibat bosan hidup, sebenarnya bisa terjadi kapan aja. Sebagian dari Anda pernah ndak c, saking jenuhnya terus jadi ngerasa ndak produktif? SettiaBlog pernah, bahkan saat SettiaBlog punya banyak waktu luang buat ngerjain kerjaan yang numpuk, SettiaBlog malah cari kesibukan lain. Kayak nonton film yang udah pernah SettiaBlog tonton sebelumnya, scrolling YouTube  berjam-jam, dan bahkan bengong seharian. Stimulus ini terus terjadi ketika SettiaBlog udah malas sama semuanya dan memilih buat cari pelarian.

Kalo Anda ngerasa jenuh dan bosan sama apa yang Anda kerjain, SettiaBlog saranin jangan langsung take time  buat malas-malasan. Kalo malas-malasan Anda jadiin alasan buat rehat dan cari motivasi, Anda ndak akan pernah ngerasa cukup. Ntar malah jadi keterusan iya kan… Anda bisa coba tip's di bawah ini buat keluar dari rasa jenuh yang kayaknya susah banget diilangin:

• Perasaan bosan jangan dilawan

Semakin Anda berusaha buat keluar dari rasa jenuh, semakin sering Anda ngerasa rasa jenuh itu ndak ilang-ilang dari diri Anda. “Enjoy the moment, do something”, rasa jenuh akan hidup bakal hilang sendirinya kalo Anda coba pelan pelan buat fokus sama apa yang Anda kerjain. Di sini SettiaBlog mau tekan-in, better  fokus sama kegiatan yang bisa bikin Anda happy daripada Anda repot mikirin “gimana caranya Anda bisa lepas dari rasa jenuh ini?”.
Karena sebenarnya, rasa jenuh datang tanpa diundang, dan pergi tanpa dipaksakan. Let it flow, kadang kebanyakan mikir bisa bikin Anda malah pusing sendiri.

• Jangan takut nyobain eksperimen baru

Perasaan jenuh mungkin sering terjadi karena kita melakukan suatu hal yang berulang dan kurang menantang. Hal ini bisa bikin hilangnya makna dari hari-hari yang Anda lewatin. Cara terbaik buat ngelawan itu adalah dengan nyiptain tantangan buat diri Anda sendiri.
Contohnya, Anda terbiasa berkutat dengan skripsi 5 jam sehari, dan udah nargetin buat ngerjain satu hari 30 halaman. Dalam hal ini, Anda bisa nyiptain tantangan buat diri Anda kayak bikin target baru buat ngilangin rasa jenuh Anda. Coba tergetin minimal 1 sampe 2 bab sehari, dengan begitu diri Anda bakal ngerasa tertantang dan mulai ngegarap skripsi dengan lebih termotivasi. Apalagi kalo Anda berhasil, Anda bakal dapet reward  karena udah ngelewatin suatu pekerjaan yang selama ini ternyta jadi batasan buat diri Anda. Dengan nyiptain mission buat diri sendiri setiap harinya, Anda juga jadi termotivasi buat menantang diri dan akhirnya jauh lebih produktif.

• Kontrol diri, cari motivasi hidup

Menurut Gray (2001), Individu harus pinter ngontrol diri. Ngontrol perilaku dengan cara ngerjain hal yang disukai biar kadar jenuh akibat terlalu bosan menurun. Kontrol diri di sini, juga harus berlandaskan pemikiran bahwa “Rasa jenuh itu wajar dan gabisa sepenahnya diilangin”. Ada baiknya Anda cari tau motivasi baru dalam hidup, sehingga bisa ngebantu Anda buat lebih semangat dan ngontrol diri buat ndak bermalas-malasan. Karena ketika Anda mulai tau apa motivasi hidup, di situ juga Anda punya tujuan yang ingin Anda capai.

It’s okay  buat rehat. Tapi jangan jadiin rehat buat alasan Anda bermalas-malasan. Anda harus stay  buat kontrol diri dan nanemin mindset bahwa Anda ndak bisa selamanya ada di posisi jenuh ini.

Jenuh dan bosen itu manusiawi, tapi ndak baik juga kalo bosan Anda udah mulai kronis dan Anda jadi ndak bisa ngendaliin diri sendiri. It’s okay, just take your time. Kalo Anda ngerasa bosan ini udah ngaruh ke hidup Anda dan Anda ngerasa jadi ndak sehat, ada baiknya Anda share masalah yang Anda alamin ke orang lain.
Enjoy your day! Jangan lupa bersyukur dan ndak bosan buat jadi versi terbaik dari diri Anda.

No comments:

Post a Comment