Feb 2, 2023

Kita harus Terus Memupuk Harapan

 



Klip di atas itu Philodendron Selloum yang SettiaBlog ambil tadi pagi. Back soundnya SettiaBlog kasih "tu hi Mera" yang di cover Aakash Gandhi feat Jonita Gandhi. Dalam lirik lagu tersebut SettiaBlog ambil sepotong lirik, Ummeed ye seene mein leke (menjaga harapan ini dalam hatiku). Ya, menjaga harapan dan impian. Di awal tahun ini adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi ambisius dan memulai hal baru. Namun, cuaca di bulan Januari yang dingin dapat memudarkan semangat kita untuk tetap berpikir positif dan berkomitmen untuk memulai hal baru. Di sinilah harapan diperlukan. Apapun yang sedang terjadi di hidup Anda, apakah itu kehilangan, penyakit, masalah pekerjaan atau konflik pada hubungan, sangat penting bagi kita untuk tetap berharap. Berharap akan membantu kita mencapai tujuan, tetap tenang dalam segala kondisi, dan merasa bahagia. Selain itu, harapan juga dapat menyembuhkan kita dari penyakit.

1. Harapan membantu kita mencapai tujuan-tujuan

Berharap tidak sama dengan menjadi optimis, karena berharap bersifat aktif, bukan pasif. Harapan membantu kita untuk mengambil langkah-langkah positif yang dapat membawa kita ke hasil yang positif. Dengan berharap, kita akan mampu menghadapi tantangan dengan strategi untuk mencapai kesuksesan dan meningkatkan peluang kita untuk mencapai tujuan-tujuan kita.
"Harapan yang keliru dapat menuntun kita ke arah pilihan-pilihan yang berlebihan dan pengambilan keputusan yang keliru. Harapan yang benar akan mempertimbangkan ancaman-ancaman yang ada dan menavigasi kita untuk mencari jalan keluar."

2. Harapan mengubah perspektif kita akan hal-hal buruk

Kita semua akan mengalami kegagalan dan menghadapi kekecewaan di hidup ini. Tapi, harapan akan mengubah perspektif kita atas kegagalan dan membantu kita untuk melihatnya sebagai momen untuk bertumbuh dan mengembangkan diri, untuk melihat kesempatan di setiap tantangan. Mengapa suatu hal berakhir buruk? Apa ada yang dapat kita lakukan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang? Tanpa harapan, kita akan mudah kehilangan semangat saat menghadapi tantangan. Harapan membantu kita membuat rencana cadangan dan terus melangkah ke depan. Harapan membantu kita menjadi sensitif, tetap berdiri tegak saat kita jatuh, dan terus belajar dari kesalahan-kesalahan kita.

3. Harapan akan menambah kebahagiaan kita

Ini adalah sebuah kepastian, harapan akan membuat seseorang merasa bahagia. Harapan menolong kita dalam momen-momen stres dan cemas. Melihat sisi baik dari segala sesuatu akan membantu kita merasa senang, tidak putus asa dan memiliki keadaan mental yang baik.

4. Harapan mencegah kita bersikap berlebihan

Lawan dari harapan adalah keputusasaan. Tanpa harapan akan timbul rasa takut. Harapan memang tidak selalu mengubah hasil, tapi harapan dapat menolong kita dalam proses yang kita jalani - bahkan menikmatinya.
"Jalan yang dibuat di atas dasar harapan akan lebih menyenangkan dibandingkan jalan yang dibuat atas dasar keputusasaan, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama."

5. Harapan dapat menyembuhkan kita

Banyak yang sudah membuktikan bahwa berharap dapat membawa dampak positif pada kondisi psikologis kita karena hubungan antara pikiran dan tubuh itu nyata.
"Peneliti menemukan bahwa perubahan pola pikir berdampak pada perubahan neurokimia seseorang."
Harapan bahkan dapat mengurangi rasa sakit :
"Kepercayaan dan harapan - unsur utama harapan- dapat mengurangi rasa sakit dengan melepaskan hormon endorfin dan enkefalin"
Dalam "hal-hal tertentu, harapan juga memiliki beberapa efek yang penting pada proses fisiologis seperti pernapasan, sirkulasi dan fungsi motoris."
"Ketika seseorang menderita penyakit, harapan yang dia miliki akan berdampak pada sistem syaraf yang membantu proses penyembuhan. Hal ini menjelaskan "efek plasebo" yang dapat ditimbulkan dari harapan."


Setiap orang sudah pasti berhak memiliki harapan, namun jangan lupa juga untuk mencari tahu bagaimana cara mewujudkannya. Tentunya semua butuh proses untuk mewujudkannya jadi kenyataan. Nah, bahkan dalam proses tersebut, kita sudah pasti akan menemui kendala, menurunnya semangat atau kesulitan yang akhirnya membuat kegagalan. Berikut ini ada tip's untuk menentukan harapan - harapan kita:

1. Tulis Harapan dan Tujuannya

Jika menentukan sebuah harapan, tentu saja langkah paling baik adalah di terjemahkan atau di-visualisasi-kan. Dengan cara apa? Tulis! salah satunya adalah ditulis. Tulis dalam bentuk apapun untuk memudahkan kita mengingat. Bahkan berdasarkan penelitian, 75 dari 100 orang yang menuliskan harapan dan impian mereka di atas kertas, berhasil mewujudkan impiannya. Jika impian hanya dibiarkan singgah dalam pikiran saja, sudah pasti akan mudah terlupakan. Namun jika ditulis, kita dapat menentukan tujuan dari impian kita. Kemudian tentu saja menentukan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mewujudkan.

Tempel list dari harapan tersebut di tempat yang mudah dilihat, misalnya di cermin atau di lemari es, he...he... Kalau malu dilihat banyak orang, bisa juga dengan menulisnya di buku harian, kemudian dipotret untuk dijadikan wallpaper HP. Atau, cara mudahnya adalah memanfaatkan smartphone untuk mencatat list harapan tersebut.

2. Prioritaskan Harapan yang Akan Dicapai

Jika sudah berhasil dituliskan dan menentukan setiap tujuan dari impian tersebut, selanjutnya adalah menentukan harapan mana yang ingin dicapai dalam waktu dekat. Kita harus fokus juga untuk mempunyai tolak ukur dalam mencapainya. Nah, tugas menentukan impian mana yang jadi prioritas tentu tidak mudah juga. Apalagi kalau kita terlalu ambisius, semuanya ingin diwujudkan segera secara bersama bila perlu. Namun, menentukan prioritas ini ternyata jadi salah satu langkah penting lho, agar harapan lebih mudah diwujudkan. Langkah yang dapat dimulai untuk menentukan prioritas adalah dengan mengenali potensi diri. Dengan menentukan prioritas, kita dapat tahu, mana yang akan lebih mudah diwujudkan sesuai dengan kemampuan potensi yang dimiliki.

3. Tentukan Target Waktu yang Jelas

Menentukan target waktu juga menjadi hal penting untuk dapat menentukan tindakan selanjutnya. Jika impian tersebut harus membutuhkan waktu bertahun-tahun diwujudkan, tentu saja akan sangat menguras tenaga. Belum lagi, banyak kesempatan yang mungkin akan terbuang atau terlewatkan. Meski mungkin pasti akan terwujud di tahun-tahun yang akan datang. Oleh karena itu, target waktu adalah upaya kita untuk memastikan jika kita mampu berusaha mewujudkannya sampai batas mana. Mengapa target waktu menjadi perhatian yang penting? Karena di dalamnya ada sebuah kesempatan. Kesempatan sudah pasti tidak akan datang dua kali, begitu kata pepatah 🤔 Jikalau datang lagi, sudah pasti dengan wujud dan hal yang berbeda. Oleh karena itu pikirkan baik-baik akan kesempatan yang datang.

Mewujudkan Harapan Jadi Kenyataan

Mempunyai harapan bukan berarti hanya berdiam diri. Setelah ditulis dan ditentukan tujuan serta prioritasnya, sekarang saatnya untuk melakukan usaha. Usaha yang pantas untuk mewujudkannya. Mau berharap, artinya juga harus mau meraih dengan usaha nyata untuk mewujudkannya. Jika sudah mempunyai kemauan yang kuat, sudah pasti segala jalan dan cara akan dilakukan. Bahkan mengorbankan waktu, tenaga dan harta, asalkan harapan tersebut dapat terwujud 🥱.

Berikut ini ada langkah-langkah untuk mewujudkannya setelah membuat harapan:

1. Mencoba Melakukan

Ehmm! Mencoba melakukan apa yang menjadi harapan kita. Coba dari hal - hal dasar yang dapat dicapai. Misalnya kalau kita mempunyai harapan ingin beli rumah, tentu saja harus coba kita lakukan. Apa yang dilakukan? Ya, membeli rumah 🤫. Sudah pasti akan banyak kendala untuk mewujudkan harapan menjadi kenyataan. Namun, usaha melakukan dapat dimulai dari hambatan yang kita temui. Jika hambatan yang kita temui adalah tidak cukup uang, berarti kita harus mulai dengan mencukupi uang kita. Cari jalannya dan coba lakukan! Ikuti terus alurnya untuk mendapatkan harapan tersebut. Satu hal yang dapat selalu diingat, tidak akan ada hasil yang mengkhianati usaha! Dan, tanpa mencoba melakukan, harapan hanyalah harapan selamanya.

2. Lakukan Berulang

Kegagalan adalah guru terbaik! Begitu kata pepatah. Dan, memang benar jika sebuah kegagalan akan memberikan suatu pelajaran berharga. Namun, tidak banyak orang menyadari itu. Terkadang, ketika menemukan kegagalan, rasa menyerah sudah pasti menghantui. Itu SettiaBlog, he...he... Semoga kalian tidak ya ⛷️. Namun, jika sama-sama memiliki pemikiran demikian, mulai saat ini,  rubah untuk tidak mudah menyerah. Melakukan lagi setelah gagal, sudah pasti akan mengurangi risiko untuk gagal kembali. Karena kita akan semakin terus belajar dari apa yang membuat kita gagal.

Begitu juga sebaliknya, dengan mempelajari apa yang membuat kita berhasil dalam mewujudkan harapan, akan lebih banyak lagi harapan - harapan lain yang terwujud. Jangan pernah bosan untuk melakukan usaha berulang kali, hingga waktu yang menghentikannya.

3. Tingkatkan Percaya Diri dan Tetap Fokus

Nah, dari usaha untuk melakukan berulang-kali, baik dalam proses yang gagal dan berhasil, kita akan memperoleh kepercayaan diri. Percaya diri ini penting untuk dibentuk agar menambah keberanian kita untuk lebih cepat mewujudkan harapan. Selain itu, harus tetap menjaga fokus dengan apa tujuan kita. menjaganya tentu saja tidak mudah. Apalagi dengan banyak kondisi yang memaksa kita untuk keluar dari jalur yang sudah kita rintis demi mewujudkan harapan menjadi kenyataan. Namun, dengan tetap menjaga fokus, perlahan kita akan selalu berada di jalan tujuan kita.

4. Komitmen dan Kerja Keras

Kita akan mampu mewujudkan harapan tersebut jika paham bagaimana jalan meraihnya. Oleh karena itu, kita juga harus keras dengan komitmen sendiri. Hal ini akan membantu pikiran dan hati untuk tetap istiqomah menjalani setiap prosesnya.  Dengan demikian, kita juga harus mampu dan mau bekerja keras demi mewujudkannya. Tidak setiap orang memang memiliki nasib yang selalu beruntung. Itulah yang dapat menjadi alasan, setiap orang perlu untuk bekerja keras. Apalagi jika sudah mampu keluar dari zona nyaman untuk mengusahakan segala harapan terwujud. Tapi, Ketika semua usaha kerja keras tersebut diniatkan untuk ibadah, tentu saja akan lebih bernilai.

Sabar dan Bersyukur

Ketika semua langkah di atas sudah dijalankan, kini waktunya untuk menunggu hasil. Tidak boleh lupa juga, sekeras apapun usaha dan diiringi do'a, kita tetap harus menyerahkan semuanya pada Allah SWT yang menentukan semua takdir hidup kita. Pada intinya, kita wajib bekerja keras demi mewujudkannya. Sabar dalam setiap menghadapi segala halangannya. Berdo'a untuk terus berharap pada Yang Maha Kuasa. Itulah prosesnya. Ketika terus bersyukur dengan apa yang diperoleh, semua hal baik akan datang kepada kita. Kenikmatan hidup tentu akan semakin bertambah. Dengan bersyukur juga, kita justru lebih logis dalam melakukan hal-hal yang diusahakan untuk mewujudkan harapan jadi kenyataan.


Bottom Note



Kalau klip di Bottom note ini 'rare' milik Selena Gomez. Selena, masih ingat bunga Philodendron Selloum, yang dulu ada di sebelah barat daya gedung, yang berjajar dengan bunga Bakung. Dan video klip 'rare' yang ada di Bottom Note ini adalah pengingat, saat kamu berjuang keluar dari tekanan dan kamu sanggup melewatinya. Maafkan SettiaBlog ya Selena, waktu itu banyak perkataan SettiaBlog yang menyinggung perasaan.

Selena Gomez mampu keluar dari tekanan karena memiliki dasar yang kuat. Seperti orang menge-cat, kalau dasarannya bagus, hasilnya pun juga akan bagus dan kuat bertahan menghadapi pergantian cuaca. Kamu itu lho ngomong apa tho Setia....ndak nyambung....he...he.... Selena, tetap semangat ya!

Untuk background Bottom Note ini SettiaBlog pakai anggrek Bulan warna ungu dan putih, biar semua tetap terus semangat.

No comments:

Post a Comment