Feb 16, 2023

Membangun Sikap Totalitas Bekerja

 




Klip di atas itu SettiaBlog ambil dari film drama "Anarhan" episode 1. Film drama ini diangkat dari kisah nyata, Anarhan, mengambil latar pembebasan Xinjiang yang terjadi pada akhir tahun 1940-an hingga awal tahun 1950-an. Dilraba Dilmurat sendiri memerankan karakter seorang gadis cantik bernama Anarhan. Putri dari seorang petani miskin ini berani menolak paksaan tuan tanah besar Usman di Kashgar, yang telah menginjak-injak keluarganya. Dari sinilah Anarhan beserta beberapa penduduk Xinjiang berusaha melawan ketidakadilan dari tuan tanah Usman dan Komisaris Emin. Tapi SettiaBlog kali ini tidak mau bercerita tentang film drama, biar gendhuk SettiaBlog ae yang cerita soal film drama, dia yang lebih ngerti, lha wong sarapan paginya ae juga film drama....ya memang seperti itulah gendhuk SettiaBlog.

Di RT SettiaBlog kan ada TPQ lansia, yang belajar baca Al Qur'an di situ bapak - bapak dan ibu - ibu, usia kisaran 50 tahun sampai 60 tahun lebih. Sudah berjalan sekitar 4 tahun dan beberapa hari yang lalu TPQ lansia  mengadakan pengajian dalam rangka memperingati Isra Mi'raj sekalian demo membaca Al Qur'an yang di lakukan beberapa santri dari TPQ lansia, memang selama 4 tahun itu para santri lansia sudah mampu membaca Al Qur'an, yang awalnya dari nol. Pada acara pengajian tersebut mereka kompak mengenakan baju Koko warna putih dan sarung warna gelap,  di tambah iringan musik marawis yang mereka bentuk dan mereka semua nampak guyub duduk lesehan bersama masyarakat sekitar. Nuansanya nampak terlihat klasik, SettiaBlog sendiri duduk di belakang sambil senyam - senyum, SettiaBlog acungi jempol pada lingkungan SettiaBlog.  Begitu juga jika Anda menonton drama Anarhan ini, yang di buat klasik Andapun akan terbawa larut di tahun 1940 an. Drama tersebut bisa hidup tak lepas dari totalitas yang di lakukan para pemerannya, salah satunya Dilraba Dilmurat.

Dalam bekerja kita harus totalitas. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan totalitas akan membuahkan hasil akhir yang optimal. Anda bisa meraih pencapaian terbaik sesuai yang diharapkan. Namun totalitas tidak bisa muncul begitu saja. Anda  harus membiasakannya dengan rangkaian kiat. Untuk membangun sikap totalitas dalam bekerja, Anda  bisa menerapkan beberapa kiat berikut ini.

1. Usahakan fokus terhadap target yang ingin Anda raih 

Dalam bekerja kita harus memiliki target dan tujuan yang jelas. Ini penting agar Anda tidak jalan di tempat. Dengan mengetahui target dan tujuan secara terperinci, Anda tahu kemana harus melangkah dan bagaimana mengembangkan diri. Fokus terhadap target yang ingin diraih termasuk salah satu kiat untuk membangun sikap totalitas dalam bekerja. Ketika sudah fokus, maka dirimu akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih apa yang diinginkan. Anda menunjukkan kemampuan terbaik ketika bekerja.

2. Buatlah perencanaan matang terkait apa yang harus dilakukan 

Dalam dunia kerja, perencanaan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi menyusunnya secara asal. Bukan tanpa alasan, perencanaan merupakan panduan yang akan menuntun Anda meraih pencapaian terbaik. Mengingat akan hal tersebut, perencanaan harus diperhatikan baik-baik. Bagi Anda yang ingin membangun sikap totalitas bekerja, salah satunya dengan membuat perencanaan yang matang. Adanya perencanaan membuat Anda tahu apa yang harus dilakukan. Anda lebih bersungguh-sungguh dalam berusaha dan tidak mudah gegabah.

3. Jangan pernah membiarkan diri bermalasan 

Malas ibarat penyakit yang menjangkiti hampir semua orang. Baik kalangan pelajar atau pekerja, pasti pernah merasakan yang namanya malas. Mau memulai aktivitas berat sekali, Anda pun lebih memilih bersantai. Tapi kemalasan tidak bisa dituruti. Salah satu kiat penting untuk membangun sikap totalitas dalam bekerja yaitu jangan pernah membiarkan diri bermalasan. Ketika rasa mas muncul, sebisa mungkin harus dilawan. Jangan biarkan satu detik waktu Anda terbuang sia-sia.

4. Jangan lupa mengevaluasi apa saja yang sudah Anda lakukan 

Bekerja bukan sekadar menyelesaikan pekerjaan. Tapi juga terkait totalitas. Apakah dalam bekerja Anda memang bersungguh-sungguh atau hanya berusaha sekadarnya. Tapi yang perlu diingat, antara bersungguh-sungguh dengan ala kadarnya juga membuahkan hasil akhir yang berbeda. Untuk membangun totalitas dalam bekerja salah satunya dengan mengevaluasi apa saja yang sudah Anda lakukan. Teliti kembali apakah masih ada celah kekurangan yang harus diperbaiki. Dengan demikian, Anda bisa bekerja lebih baik lagi ke depannya.

5. Hargai setiap proses dan usaha yang telah Anda lalui 

Dalam dunia kerja, Anda pasti melalui yang namanya proses dan usaha. Terkadang proses yang Anda jalani teramat panjang dan usahanya sangat berat. Tapi ada juga proses singkat yang tidak memerlukan banyak usaha. Untuk membangun totalitas dalam bekerja. Salah satunya dengan menghargai setiap proses dan usaha yang Anda lalui. Walaupun belum maksimal, tapi itu hasil jerih payah yang sudah Anda lakukan. Dengan menghargai setiap proses dan usaha yang dilalui, Anda bisa lebih semangat dalam bekerja. Bekerja tidak hanya menyelesaikan suatu tugas atau beban tertentu. Anda juga perlu bersungguh-sungguh dalam bekerja. Semakin Anda totalitas dalam bekerja, semakin baik hasil akhir yang didapat.


Bottom Note

Untuk mencapai sukses memang dibutuhkan kerja keras. Kerja keras yang diperlukan dan dibutuhkan dalam mencapai sukses ini adalah kerja keras yang bersifat totalitas. Namun sayangnya dalam perjuangan dan kerja keras ini tidak semua orang bisa menjalankannya dengan totalitas maksimal. Untuk mencapai sukses yang sejati, Anda memang tak bisa melakukannya dengan setengah-setengah, Anda harus menjalankannya dengan totalitas dan maksimal. Hanya dengan kerja keras disini memang tidaklah cukup bagi seseorang. Maka untuk mencapai suskes yang sejati, Anda harus bisa memaksimalkannya. Dan biar kerja lebih maksimal bisa di coba beberapa langkah berikut :

• Miliki Visi dan Tujuan yang Jelas
• Cintailah Pekerjaan Anda
• Lakukan dengan Sepenuh Hati
• Manfaatkan Aspek Disekitar Anda
• Ciptakan Sesuatu yang Baik dan Bermanfaat
• Lakukan Tanpa Merugikan Orang Lain
• Berbahagialah dengan Telah Anda Lakukan
• Bersyukurlah
• Bersabarlah
• Pasrahkan Hasilnya Pada Allah SWT

No comments:

Post a Comment