Dec 20, 2019

Tips Hindari Kebangkrutan dalam Bisnis


Klip di atas merupakan penampilan atlet muda Vietnam 'Nguyen Thi Thuy' di nomor seni. Pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang berlangsung di Thailand beberapa tahun lalu. Untuk meraih hal tersebut tentunya di butuhkan : mental baja, keluwesan, ide brilian dan faktor keberuntungan tentunya. Dalam membangun sebuah bisnis juga sama.


Ketika menjalankan suatu bisnis, tentunya kita sebagai pemilik bisnis tersebut menginginkan agar bisnis yang dijalankan ini bisa terus berkembang dan bertahan lama dengan profit yang maksimal. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja resep bisnis sukses anti bangkrut yang ternyata cukup mudah untuk diaplikasikan dalam kegiatan bisnis Anda. Berikut uraiannya :

• Memiliki Ide yang Brilian

Suatu bisnis akan berkembang jika dibarengi dengan ide bisnis yang brilian. Ide bisnis ini merupakan suatu hal yang belum pernah ada sebelumnya, namun merupakan hal yang penting yang sangat dicari dan dibutuhkan masyarakat. Pemilik bisnis harus selalu memiliki ide yang brilian agar terus dapat memenuhi kebutuhan pelangganya dan mengembangkan bisnisnya.

• Mental Baja

Bisnis akan berjalan seperti hal nya roda kehidupan, dimana terkadang keuntunganya maksimal, namun sewaktu-waktu bisa saja mengalami kerugian. Maka dari itu, memiliki mental baja sangat diperlukan untuk para pebisnis sebagai salah satu resep bisnis sukses anti bangkrut.

• Mampu Mengelola Keuangan

Kebanyakan bisnis baru yang berjalan tidak lama kemudian bangkrut adalah bisnis yang memiliki catatan keuangan yang buruk. Bisnis selalu terkait dengan supplier, karyawan serta keuntungan. Dimana seluruh komponen ini ada dalam pencatatan keuangan, lebih tepatnya dalam akuntansi bisnis yang dijalankan. Keuangan yang dikelola dengan baik tentu akan menjadi pondasi berjalanya bisnis yang lebih lama.

• Ada Keluwesan

Maksud luwes dalam menjalankan bisnis adalah bisnis tersebut harus bersifat fleksibel dan tidak kaku. Bisnis harus mengikuti trend yang sedang banyak diminati. Melakukan inovasi dalam bisnis adalah salah satu bentuk keluwesan yang dapat Anda lakukan, untuk menjalankan bisnis dengan maksimal sesuai dengan resep bisnis sukses anti bangkrut.

• Faktor Keberuntungan

Faktor keberuntungan juga masuk ke dalam resep bisnis anti bangkrut. Dimana, dalam hal ini keberuntungan yang memihak akan memuluskan perjalanan bisnis Anda. Dengan menambah networking yang sama dengan jenis bisnis Anda, factor keberuntungan ini bisa dirasakan. Disamping itu, berdoa juga dapat menjadikan pemilik bisnis menjadi orang yang beruntung dalam menjalankan bisnisnya.


Di samping yang sudah disebutkan di atas, kekompakan juga menentukan keberhasilan dalam bisnis. Lihatlah klip di atas, tanpa kekompakan apa jadinya.

Menyatukan pikiran dan rasa seluruh pegawai membentuk sebuah sinergi. Kekompakan pegawai penting bagi perusahaan, karena sebuah perusahaan adalah seperti satu tubuh,dengan satu nama,satu aktivitas, satu tujuan hidup. Satu tubuh yang beraktivitas dikendalikan oleh satu pikiran. ”Atau sama seperti bagianbagian tubuh, jika terpisah tanpa makna (mati) tetapi jika bersatu dan memiliki soul yang bisa menyatukan fungsi seluruh organ tubuh untuk memberi makna akan kehadirannya. Bisa bayangkan bagaimana sebuah tubuh yang bagian-bagiannya sibuk beraktivitas sendiri tanpa dapat dikontrol oleh otak.

Tangan kanan ke mana, tangan kiri ngapain,begitu pula kaki, dan lain sebagainya. Ada beberapa indikator pegawai telah kompak dalam menjalankan aktivitas kerjanya.

Adanya tujuan yang jelas dan dipahami seluruh bagian atau pegawai. Kemudian setiap bagian tahu porsi pekerjaan masing-masing bagian atau peran masing-masing untuk pencapaian tujuan tersebut, dan tahu persis dampak apabila pegawai tersebut abstain atau tidak mengerjakan pekerjaannya, maka akan pincang organisasi tersebut. Setiap bagian atau pegawai merasakan bahwa kehadiran bagian atau pegawai lain sangat berpengaruh dan menentukan kesuksesan organisasi.

Tidak ada perasaan lebih dari yang lain, sebagaimana tangan kanan tidak merasa lebih dari yang kiri, otak tidak merasa lebih penting daripada kaki. Semua memiliki arti bagi berfungsinya sebuah tubuh.Tanpa ada salah satu, bisa berarti tubuh cacat atau tidak sempurna. Setiap pegawai menyadari tanggung jawab dirinya sendiri, bukan menggantungkan pada bagian lain dan merasa dirinya paling penting atau merasa paling tidak penting. Hadirnya seorang direktur sama pentingnya dengan hadirnya seorang cleaning service.

Everyone is a Leader, artinya masing-masing bertanggung jawab terhadap fungsi diri dalam bagiannya untuk mencapai tujuan. Tak ada yang merasa superior. Semua tangan menyatu membuat komitmen bersama, tak tampak di sana adanya superioritas. Satu orang tidak melebihi yang lain. ”Satukan visi, bedakan aksi”. Jika ada yang terpaksa tidak berfungsi dengan baik, pegawai tersebut yang menyampaikannya pada bagian yang lain dan bagian yang lain bersama-sama melakukan koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan itu. Sama seperti ketika salah satu bagian tubuh ada yang cedera,maka bagian lain ikut merasakan dan segera mengirimkan pasukan darah putih untuk membantu mengobati.

Setidaknya ada dua hal yang membuat kekompakan pegawai menjadi renggang, yakni egoisme pribadi. Yang terpenting dalam bekerja bukanlah siapa yang paling nomor satu.Tetapi siapa yang paling bermanfaat untuk perusahaan. ”Bermanfaat artinya mampu memberikan kelebihan dirinya untuk perusahaan. Bukan hanya untuk mengangkat dirinya sendiri”. Hal lain yang membuat kekompakan pegawai menjadi renggang adalah tidak ada tujuan bersama yang jelas. Faktor kesamaan menjadi hal utama dalam menjaga kekompakan.

2 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete