Dec 11, 2019

Manfaat Memakai Parfum


Banyak sekali artis yang memiliki perfume line. Sebut saja Paris Hilton dan Katy Perry. Sarah Jessica Parker dan Justin Bieber juga memiliki parfum dengan nama mereka. Taylor Swift pun juga memiliki perfume line yang diberi nama Wonderstruck dan Wonderstruck Enchanted. Dua parfum ini mendapat penghargaan sebagai parfum selebriti paling wangi dan paling disukai. Sekali lagi, Swift mendapatkan penghargaan atas kemampuannya menciptakan sesuatu yang disukai banyak orang. Ariana Grande juga belum lama ini meluncurkan parfum Thank U, Next terbuat dari aroma buah pear, kelapa, kelopak mawar pink, gula dan musk, perpaduan wangi yang manis.


Lalu bagaimana pandangan agama Islam dengan parfum? Di luar dari kandungan alkoholnya, sesungguhnya penggunaan parfum adalah merupakan anjuran Rasulullah SAW, sehingga hukumnya sunnah. Dan memang sebenarnya parfum itu adalah sunnah para rasul, sebagaimana sabda beliau:

أربع من سنن المرسلين: الحناء, والتعطر, والسواك, والنكاح

Empat perkara yang merupakan sunnah para rasul: [1] Memakai hinna’, [2] memakai parfum, [3] bersiwak dan [4] menikah

Bahkan di dalam beribadah, umat Islam dianjurkan untuk memakai wewangian, agar suasana ibadah bisa semakin khusu’ dan menyenangkan.

بن عباس رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن هذا يوم عيد جعله الله للمسلمين, فمن جاء منكم إلى الجمعة فليغتسل, وإن كان طيب فليمس منه, وعليكم بالسواك

Dari Ibni Abbas ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,’Hari ini (Jumat) adalah hari besar yang dijadikan Allah untuk muslimin. Siapa di antara kamu yang datang shalat Jumat hendaklah mandi dan bila punya parfum hendaklah dipakainya. Dan hendaklah kalian bersiwak.

Namun di sisi lain, bagi kaum wanita memakai parfum, hendaknya menggunakan yang aromanya soft (lembut), bukan yang menyengat dan menarik minat laki-laki. Sabda Rasulullah SAW :

عن أبي هريرة رضي الله عنه طيب الرجال ما ظهر ريحه وخفي لونه, وطيب النساء ما خفي ريحه وظهر لونه رواه الترمذي والنسائي

Dari Abi Hurairah ra, "Parfum laki-laki adalah yang aromanya kuat tapi warnanya tersembunyi. Parfum wanita adalah yang aromanya lembut tapi warnanya kelihatan jelas. (HR. At-Tirmizi dan Nasa’i)

Oleh karena itu, kaum wanita lebih baik memilih parfum dengan wangi sedikit samar. Jika untuk suami, silakan berwangi seharum mungkin. Perlu diperhatikan bahwa parfum wanita warnanya jelas.

Al-Munawi rahimahullah berkata,

“Maksud dari ‘wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak’. Ulama berkata, ‘Ini bagi perempuan yang hendak keluar dari rumahnya. Jika tidak, ia bisa memakai parfum sekehendak hatinya.’” (Syarh Asy-Syama’il, 2:5)

Parfum juga banyak memiliki manfaat seperti di bawah ini :

• Wangi

Parfum membantu Anda terhindar dari bau badan dan memastikan Anda harum sepanjang hari.

• Meningkatkan suasana hati

Salah satu manfaat utama memakai parfum bisa meningkatkan suasana hati. Parfum juga membuat Anda bersemangat dan dapat mencerminkan suasana hati. Pilihlah jenis aroma parfum sesuai kesempatan, sehingga Anda bisa mendapatkan mood yang tepat untuk itu.

• Meningkatkan rasa percaya diri

Parfum dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Untuk itu, pilih aroma yang sesuai dengan kepribadian Anda untuk membangkitkan semangat dan melawan segala rintangan.

• Membuat diri lebih menarik

Indera penciuman, salah satu yang paling penting dari panca indera. Terkadang, seseorang bisa tertarik hanya dari mencium bau parfum yang digunakan. Beberapa jenis parfum mengandung pheromone, dan ini bisa membuat diri lebih menarik.

• Afrodisiak

Banyak parfum terkadang berfungsi seperti afrodisiak alami. Beberapa jenis parfum mengandung pheromone, yang memiliki sifat afrodisiak.

• Meningkatkan kesehatan

Meski tidak ada bukti ilmiah yang memastikan khasiat parfum bisa meningkatkan kesehatan, namun memakai parfum membantu membangkitkan suasana hati, yang dapat mengusir stres dan masalah kecemasan lainnya. Anda dapat menggunakan wewangian favorit untuk mengatasi kegelisahan dan mengangkat semangat.

• Memicu kenangan

Parfum juga bisa mengingat memori bahagia. Banyak perempuan yang memakai parfum dengan aroma khas ibu mereka untuk menghidupkan kembali ingatan. Cobalah pula untuk membeli parfum baru setiap kali bepergian. Karena, parfum yang berbeda akan mengingatkan Anda dengan setiap liburan yang dijalani dan membantu kembali ke momen-momen itu.

• Aromaterapi

Parfum bermanfaat membuat rileks dan terapeutik. Parfum dengan wangi buah jeruk, rempah-rempah dan aroma khas musim dingin dapat membantu menenangkan pikiran serta tubuh. Selain itu, juga bisa mengendalikan stres yang sedang dialami.

• Mengobati insomnia

Salah satu efek terapi parfum, dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Parfum yang mengandung minyak esensial, membuat Anda lebih santai dan menikmati tidur sepanjang malam.

• Obat sakit kepala

Khasiat lain dari penggunaan parfum yaitu bisa menyembuhkan sakit kepala. Maka, setiap kali Anda ingin memakai parfum, yang perlu diingat bahwa parfum tidak hanya membuat harum saja, tetapi juga merasa lebih baik.

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete