May 31, 2019

Teman Menulis SettiaBlog



Ketenangan suasana sangat di butuhkan saat menulis. Untuk memulai menulis SettiaBlog biasa memutar lagu-lagunya Norah Jones, agar tercipta suasana hati yang tenang. Melodinya yang teratur dan liriknya yang sederhana sangat membantu SettiaBlog untuk memunculkan ide.


Manusia secara naluri mampu bercerita. Namun untuk menulis cerita yang bagus, Anda mungkin merasa bingung, sekalipun imajinasi Anda kuat dan memiliki jutaan ide yang bagus. Untuk menulis cerita bagus, Anda harus mendapatkan inspirasi, mengembangkan isi cerita Anda, dan kemudian meninjau ulang karya Anda sampai Anda telah menulis cerita terbagus yang dapat Anda karang.


Menemukan Inspirasi ini sangat penting dalam menulis. Menemukan inspirasi bisa dengan memerhatikan dunia dan kejadian-kejadian sekitar Anda. Jika Anda ingin mampu menulis yang bagus, maka Anda perlu selalu membuka mata dan telinga, dan dengarkanlah dunia dan biarkan diri Anda terinspirasi! Anda akan mengetahui hal yang dapat Anda tuliskan untuk membuat cerita yang terbaik! Anda tidak akan pernah tahu detail yang mana yang akan Anda perhatikan atau ide apa yang mengikat Anda sebelum Anda berlatih mengamati dunia sekitar Anda dan mempertimbangkan semua hal yang bisa menjadi bahan bagus untuk tulisan Anda. Bisa dengan baca buku atau pengalaman. Buku ini bisa membantu Anda menemukan kalimat pembuka yang baik, inspirasi, dan jenis karangan yang ingin Anda tulis.


Inspirasi bisa didapat dari pengalaman Anda. Meskipun Anda menulis cerita dalam kategori penulisan fiksi, cerita pendek bisa dibuat mirip otobiografi. Jika Anda menulis tentang sesuatu yang benar-benar terjadi pada Anda atau seseorang yang Anda kenal, maka itu dianggap menulis non-fiksi, tetapi mendapatkan inspirasi dari pengalaman yang benar-benar Anda miliki dan kemudian Anda bawa itu ke tingkat yang baru dan fiksi merupakan rencana yang bagus untuk menulis cerita, terutama jika Anda merasa bahwa Anda "tidak memiliki apa-apa untuk ditulis." Ini berarti Anda harus memulai pada hal yang Anda kenali dan kemudian mulai menjelajahi sesuatu yang membuat Anda merasa penasaran atau yang tidak banyak Anda ketahui.


Bisa juga Anda cari inspirasi dari cerita yang pernah Anda dengar. Selalu waspada akan cerita yang telah diceritakan teman-teman Anda atau anggota keluarga Anda yang akan menjadi karya fiksi besar. Jika ibu atau nenek selalu meceritakan masa kecil mereka kepada Anda, mulai tuliskan. Coba bayangkan bagaimana rasanya tumbuh di zaman atau tempat yang berbeda dan mulai tuliskan kemungkinan-kemungkinannya. Jangan menunda jika Anda tidak begitu tahu jangka waktunya; Anda selalu dapat melakukan penelitian Anda. Ketika salah satu teman Anda mengatakan, "Kamu nggak akan percaya apa yang terjadi padaku minggu lalu ...", perhatikan. Anda bisa memiliki awal dari sebuah cerita dari sana. Cerita bisa datang dari tempat yang tidak terduga. Mungkin penyiar radio mengenang masa kecilnya hanya dalam beberapa kalimat, dan Anda tiba-tiba merasa terpesona dengan bagaimana kemungkinan hidupnya itu.


Atau Anda bisa dapatkan inspirasi dari latihan menulis. Latihan menulis telah membantu banyak penulis mengembangkan kreativitas mereka, menemukan inspirasi di tempat-tempat tidak diduga, dan memaksa diri untuk menulis ketika mereka merasa seakan "tidak punya ide." Anda dapat memulai dengan latihan pemanasan menulis setiap hari hanya selama 10-15 menit untuk mengantarkan pikiran Anda, atau bahkan menulis selama satu jam berdasarkan latihan itu sekalipun Anda tidak merasa terinspirasi sama sekali.

Menulislah selama 10-15 menit tanpa henti. Jangan berhenti atau melihat kembali apa yang telah Anda tulis sampai selesai. Pilih seseorang dalam hidup Anda yang benar-benar Anda benci. Sekarang, cobalah menulis cerita dari sudut pandang orang itu. Cobalah membuat pembaca bersimpati dengan dia sebanyak mungkin. Biarkan sesosok tokoh mengejutkan Anda. Menulis tentang tokoh yang tampaknya Anda kenal cukup baik, dan kemudian biarkan orang ini melakukan sesuatu yang benar-benar membuat Anda lengah. Lihat ke mana ini akan membawa Anda. Miliki dua tokoh yang berdebat tentang sesuatu yang sama sekali biasa, seperti siapa yang akan mengambil sampah, atau siapa yang akan membayar untuk nonton film ini. Jelaskan bahwa argumen ini benar-benar tentang sesuatu yang lebih besar dan lebih serius, seperti siapa yang akan mengakhiri hubungan, atau yang telah memberi terlalu banyak dan tidak mendapatkan imbalan apa-apa. Cobalah membiarkan dialog mengalir sendiri.

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete