Mar 15, 2024

Keutamaan surat Al-Waqi'ah

 


Video klip di atas ada surat Al-Waqi'ah. Surat Al Waqi'ah sendiri merupakan surat urutan ke-56 dalam Al Qur'an dengan 96 ayat. Untuk warna background video SettiaBlog kasih warna pink. Dalam dunia psikologi, warna ini digunakan untuk melambangkan arti kuat, mampu diandalkan, serta pondasi kekuatan hidup. Di samping itu pink juga melambangkan suasana romantic, feminism kuat, kepedulian, serta aura kelemah-lembutan dan kasih sayang. .Al-Qur'an adalah kitab suci yang sangat penting dan segalanya bagi umat Islam, karena menjadi sebuah pedoman hidup atau panduan untuk bagaimana seorang muslim atau muslimah berperilaku, berbicara dan yang lainnya. Setiap permasalahan yang terjadi, semuanya akan kembali lagi kepada dasar hukumnya dari Al-Qur'an. Al-Qur'an sangatlah luar biasa karena ini merupakan mukjizat paling tinggi yang diterima oleh Rasulullah SAW. Setiap perbuatan dan akhlak dari Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah refleksi yang terkandung di dalam Al-Qur'an. Beliau merupakan manusia pilihan yang diutus dan diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak dan perbuatan umatnya secara khusus serta semua manusia pada umumnya.

Sejarah singkat diturunkannya Al-Qur'an secara bertahap kurang lebih 23 tahun, ada juga riwayat lain yang menyebutkan selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Untuk ayat yang pertama kali turun pada tanggal 17 Ramadhan adalah surat Al Alaq yang memiliki 5 ayat. Membaca Al-Qur'an sangatlah diwajibkan bagi semua umat Islam, dan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup, hati menjadi lebih tenang dan tentram, serta bisa mendapatkan syafaat. Mengkhususkan satu surat tertentu yang ada di dalam Al-Qur'an untuk dibaca tidaklah salah selama ada dalil-dalil yang menyertainya. Ini akan menjadi salah apabila tidak pernah membaca satu surat  atau satu ayat apapun yang ada di dalam Al-Qur'an. Karena pada hakikatnya semua surat yang ada di dalam Al-Qur'an memiliki keutamaan.

Contohnya  ketika mengutamakan surat Al Kahfi, untuk kita baca pada hari Jum'at, maka ini tidak akan jadi masalah karena ada dalil yang menyertainya. Berdasarkan riwayat dari HR Muslim: ”Barangsiapa yang hafal sepuluh ayat dari surat Al Kahfi, makan dia akan dilindungi dari Dajjal”. Lalu, berdasarkan riwayat dari HR Al Hakim: ”Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam jum'at, maka cahaya akan memancarkan untuknya antara dirinya hingga Baitul Atiq”.

Isi kandungan dari Al-Qur'an sangatlah menyentuh dan menakjubkan dari segala aspek kehidupan, salah satunya adalah tentang perihal kelancaran rezeki. Dalam hal ini, surat Al-Waqi'ah memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang rutin membaca surat ini, maka akan mendapatkan kelancaran dalam rezekinya dan dijauhkan dari kemiskinan. Isi kandungan dari surat Al-Waqi'ah membahas tentang hari kiamat, seperti hari kiamat yang pasti akan terjadi di dunia ini, kondisi semua manusia pada hari kiamat nanti, lalu keadaan orang-orang yang ahli surga dan ahli neraka. Terdapat juga pembahasan tentang ganjaran yang akan didapatkan setelah hari kiamat untuk orang-orang yang selalu beramalan baik dan bersyukur serta orang-orang yang memiliki sifat kufur.

Surat Al-Waqi'ah di dalam Al-Qur'an merupakan surat ke 56 yang terdapat di dalam juz 27. Surat Al-Waqi'ah terdapat 96 ayat. Kenapa dinamakan surat Al-Waqi'ah, karena merujuk kepada ayat yang pertama yaitu Al-Waqi'ah yang memiliki arti kiamat. Keseluruhan dari isi surat Al-Waqi'ah menjelaskan tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi dan juga apa saja balasan yang didapatkan oleh orang kafir serta orang mukmin. Selain itu, di dalam surat Al-Waqi'ah menjelaskan juga tentang bagaimana penciptaan manusia, api serta segala jenis tumbuhan yang sekaligus membuktikan tentang kekuasaan Allah SWT serta akan ada hari kebangkitan.

Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang sering membaca surat Al-Waqi'ah setiap hari, maka dia tidak akan mendapatkan kefakiran”. Menurut Al Baqai, isi yang terkandung dalam surat Al-Waqi'ah merupakan penjelasan dari apa yang sudah diuraikan dalam surat Ar Rahman. Menurutnya di dalam surat Al-Waqi'ah terdapat penjelasan tentang tiga kelompok yaitu yang pertama, orang-orang yang sangat dekat dengan Ar Rahman yang mendahului oran-orang taat lainnya.

Kelompok yang kedua adalah orang-orang yang taat selain mereka, dan kelompok yang ketiga adalah orang-orang yang secara terang-terangan melakukan tindakan yang munafik dan durhaka baik dari kelompok manusia ataupun kelompok dari jin.

Berikut adalah beberapa manfaat dan keutamaan dalam membaca surat Al-Waqi'ah.

1. Tidak akan mengalami kemiskinan

Apabila seseorang yang memiliki kebiasaan membaca surat Al-Waqi'ah sebanyak satu kali di setiap malamnya, maka dia akan mendapatkan pahala yang sangat baik yaitu kemiskinan dapat dijauhkan dalam hidupnya untuk selama-lamanya.

2. Mendapatkan kekayaan yang berlimpah

Apabila seseorang sering membaca surat Al-Waqi'ah sebanyak 14 kali setiap habis menunaikan sholat Ashar, maka dia akan mendapatkan balasan yang berupa kekayaan berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

3. Dapat dikabulkan hajatnya yang berhubungan dengan rezeki

Jika membacanya sebanyak 41 kali ketika berada dalam satu majils, insya allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berkaitan dengan rezeki.

4. Dijadikan dermawan dan hartawan

Seseorang dapat menjadi orang yang kaya dan selalu mengucap syukur dengan cara membaca surat Al-Waqi'ah sebanyak 3 kali setelah melaksanakan sholat shubuh dan 3 kali setelah melaksanakan sholat isya', insya allah akan dijadikan seseorang yang dermawan dan juga hartawan.

5. Rezekinya berlimpah

Apabila seseorang ingin rezekinya berlimpah, menurut para sufi yaitu hendaklah melakukan puasa selama satu minggu dimana dimulai dari hari jum'at. Lalu, setelah menyelesaikan sholat fardhu membaca surat Al-Waqi'ah sebanyak 25 kali hingga pada malam jum'at berikutnya. Pada malam jum'at berikutnya setelah melaksanakan sholat maghrib membaca surat Al-Waqi'ah sebanyak 25 kali, lalu sesudah melaksanakan sholat isya' membaca sebanyak 125 kali diikuti dengan bersholawat kepada nabi 1000 kali, setelah semua itu sudah selesai perbanyak bersedekah dan amalkan surat Al-Waqi'ah 1 kali di pagi dan petang hari, insya allah kemungkinan akan berhasil mendapatkan rezeki yang berlimpah.

Pada dasarnya, beberapa surat yang ada di Al-Qur'an ada yang memiliki keutamaan berupa penambah rezeki.

6. Dipermudah ketika roh keluar dari jasad

Apabila seseorang membaca surat Al-Waqi'ah ketika berada di sisi orang yang sudah meninggal atau orang yang sedang mengalami naza, insya allah akan dipermudah agar rohnya bisa keluar dari jasadnya. Dengan begitu orang tersebut tidak akan merasakan terlalu lama dalam menghadapi sakaratul maut.

7. Disembuhkan dan diringankan sakitnya

Jika seseorang membaca surat Al-Waqi'ah pada saat berada di sisi orang yang sedang sakit, insya allah akan diringankan penyakitnya dan dipermudah dalam kesembuhannya.

8. Dipermudah dalam melahirkan

Jika seseorang membaca surat Al-Waqi'ah kepada orang yang sedang melakukan persalinan, insya allah akan dipermudah dalam proses melahirkan tanpa ada halangan dan kesulitan.

9. Melindungi diri dari kemudaratan dunia

Jika seseorang membaca surat Al-Waqi'ah ini untuk seorang gadis dan juga wanita, maka akan bermanfaat untuk melindungi diri dari segala hal kemudaratan yang ada di dunia sekaligus bisa terhindar dari kondisi kemiskinan, ini sesuai dengan hadist yang disampaikan oleh Rasulullah SAW ketika sedang membicarakan Abdullah yang sedang terbaring sakit.

10. Diberikan kemudahan dan ketenangan

Siapapun yang membaca surat Al-Waqi'ah serta dijadikan sebagai wirid atau do'a, maka orang tersebut akan mendapatkan kemudahan dan juga kesenangan selama-lamanya dari Allah SWT.

11. Mendapatkan banyak pahala

Jika seseorang yang membaca setiap ayat dari surat Al-Waqi' ah akan diberikan 10 kali lipat pahala yang sesuai dengan hadist dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Iman Tirmidzi. Di dalam Al-Quran terdapat kurang lebih 6.236 ayat dan apabila kita membacanya semua sampai khatam, maka kita akan mendapatkan pahala yang berjumlah 62.360.

12. Dijauhi dari sifat kafir

Siapapun yang membaca surat Al-Waqi'ah setiap hari, kemungkinan dia akan dijauhi dari kekafiran. Kekafiran merupakan salah satu hal yang sangat tidak disukai oleh Allah SWT, oleh karena itu selalu membaca surat Al-Waqiah setiap hari, insya allah kita dijauhkan dari sifat kafir. Berdasarkan riwayat dari Abdullah bin Masud menyatakan Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barangsiapa yang sering membaca surat Al-Waqiah, niscaya dia tidak akan tertimpa oleh sifat kafir untuk selamanya”.

13. Merupakan surat untuk meraih kekayaan

Siapapun yang membaca surat Al-Waqi'ah setiap hari, insya allah bisa memudahkan untuk mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT yang akan terus mengalir dan juga rezeki yang halal. Dikutip oleh Imam Ja’far Shadiq yang berkata:
“Barangsiapa yang sering membaca surat Al-Waqiah ketika malam jumat tiba, dia akan mendapatkan cinta dari Allah SWT, dicintai oleh semua manusia, tidak mendapatkan kesengsaraan, kefakiran, penyakit dunia ; surat ini merupakan bagian dari sahabat Amirul Mukminin yang menurut beliau memiliki keistimewaan yang  tidak bisa ditandingi oleh orang lain”.

14. Pada hari kiamat akan mendapatkan syafaat

Apabila ada orang yang rajin membaca surat Al-Waqi'ah ketika di hari kiamat nanti akan mendapatkan syafaat. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: ” Barangsiapa yang sangat merindukan surga begitupun dengan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah; dan barangsiapa yang hendak melihat neraka dan sifatnya, maka bacalah surat As Sajadah”.

Dan yang paling penting, ndak usah terlalu di masukkan hati bahasan SettiaBlog. Kalau bagi SettiaBlog pribadi, dari dulu emang suka dengan surat Al Waqi'ah ini, karena dari sekian banyak surat-surat Al Qur'an yang dibaca Rasulullah SAW, Al Waqi'ah termasuk surat yang disukai dan rutin dibaca. Di bawah ini terdapat hadist yang disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi, berbunyi:
عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ Ø£َبُÙˆ بَÙƒْر رضي الله عنه: "ÙŠَا رَسُولَ الله Ù‚َدْ Ø´ِبْتَ. قالَ: Ø´َÙŠّبَتْÙ†ِÙŠ Ù‡ُودٌ ÙˆَالْÙˆَاقِعَØ©ُ Ùˆَالمُرْسَلاَتُ Ùˆ {عَÙ…ّ ÙŠَتَسَاءَÙ„ُونَ} Ùˆ {Ø¥ِØ°َا الشّÙ…ْسُ ÙƒُÙˆّرَتْ}
"Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, "Wahai Rasulullah, Engkau telah beruban." Nabi SAW menjawab, "Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al Waqiah, Al Mursalaat, Amma yatasaa aluun, dan Idzasy syamsu kuwwirat'" (HR Tirmidzi)
Amma yatasaaa aluun ( Surat An Naba)
idzasy-syamsu kuwwirat (Surat At Takwir)

Sekali lagi SettiaBlog minta maaf, belum pantes sebenarnya SettiaBlog membuat bahasan seperti ini. Untuk background postingan SettiaBlog gunakan coretan asal di sketchbook.

No comments:

Post a Comment