Jan 15, 2019

Kearifan Desain Rumah Jepang

Elemen Alam dalam Interior Gaya Jepang


Budaya Jepang dipenuhi dengan cinta dan penghargaan terhadap alam. Cara terbaik untuk menjaga hubungan yang kuat dengan alam, adalah membawa alam ke dalam ruangan.


Menambahkan tanaman tradisional Jepang, seperti bonsai dan bambu, ke rumah Anda akan memberikan sedikit sentuhan budaya Jepang. Anda bisa menambahkan segala jenis tanaman hijau yang memiliki gaya serupa. Pertimbangkan untuk menambahkan tanaman lain seperti palm atau anggrek ke rumah Anda. Jarang terlihat rangkaian bunga berwarna-warni di rumah Jepang, jadi tanaman apa pun yang Anda pilih, buat tetap sederhana, alami dan hijau.

Rumah-rumah Jepang juga menghadirkan alam ke dalam melalui jendela besar yang memungkinkan melihat pemandangan alam dari setiap sudut.

Bak Perendaman Penting dalam Desain Interior Jepang

Suara gemericik air yang tenang akan masuk ke telinga Anda dan memiliki efek menenangkan. Sama seperti tanaman, elemen air sangat penting di rumah Jepang.

Ofuro , diterjemahkan sebagai mandi dalam bahasa Jepang, adalah tradisi relaksasi yang layak ditambahkan ke rumah Anda. Bak perendaman Jepang berukuran kecil, bak yang biasanya memiliki semacam kursi bangku.

Ubah kamar mandi Anda menjadi tempat menenangkan diri dengan menambahkan salah satu bak bergaya perendaman ini. Ini adalah cara terbaik untuk memadukan budaya Timur bertemu budaya Barat, dan menciptakan lingkungan seperti spa di rumah Anda.

Pintu Geser Gaya Jepang


Pintu Jepang asli disebut Shoji, dan merupakan elemen desain penting di rumah-rumah Jepang. Karena tingginya biaya perumahan, rumah Jepang cenderung kecil dan banyak penghuni menyewa apartemen, jadi memanfaatkan setiap inci ruang sangat penting. Pintu geser Shoji ini lebih menghemat ruang dari pada pintu ayun.

Pintu Jepang asli biasanya terbuat dari kertas tembus cahaya yang dipegang di dalam bingkai kayu. Namun, versi modern dari layar ini dapat ditemukan online dan biasanya terbuat dari panel kaca di dalam berbingkai kayu.

Elemen kunci lain dari pintu ini adalah, tidak seperti pintu pada umumnya, mereka tidak menghalangi cahaya alami dan pemandangan alam. Mengganti bentangan tembok besar dengan pintu geser berpanel kaca bisa menjadi cara yang bagus untuk memasukkan gaya ini ke rumah Anda sendiri.

Elemen Kayu dan Bambu dalam Desain Interior Jepang


Salah satu cara terbaik untuk menyelaraskan dengan alam adalah dengan menambahkan elemen kayu ke dalam rumah Anda. Budaya Jepang dikenal suka menggunakan elemen kayu di seluruh rumah mereka.

Dinding, pintu,jendela, dan bingkai semuanya terbuat dari kayu. Kayu yang paling umum dipakai adalah maple, cypress, hemlock dan pinus merah. Bambu juga merupakan kayu populer yang digunakan untuk keperluan dekoratif.

Pada dasarnya, tekstur kayu dapat dilihat di mana-mana di rumah Jepang. Coba bawa elemen kayu alami ini ke rumah Anda dengan menambahkan lantai bambu, atau kayu. Anda akan menyukai efek menenangkan yang tenang yang dapat ditambahkan oleh elemen kayu bersih ke rumah Anda.

Pintu Masuk Gaya Jepang


Genkan adalah pintu masuk rumah. Saat kita melewati pintu masuk rumah Jepang, kita bisa melihat tempat dimana sepatu diletakkan dan ditata rapi. Sedangkan getabako adalah area dekat genkan dimana ketinggiannya sama dengan permukaan tanah sementara bagian utama rumah tersebut selalu berada sedikit diatas permukaan tanah.

Furniture Gaya Jepang


Sementara banyak rumah Jepang asli tidak memisahkan ruang-ruang yang dipenuhi furnitur untuk keperluan tertentu seperti ruang santai atau ruang menonton TV, kita masih bisa meniru kesederhanaan Jepang ke dalam rumah-rumah kita yang sudah terpisah.

Sebagian besar furnitur Jepang rendah ke tanah, atau ketika datang ke upacara minum teh, bantal lantai biasanya merupakan furnitur atau mengelilingi meja rendah dengan bantal lantai yang digunakan sebagai tempat makan akan terlihat sangat bonafit dan mungkin bahkan sedikit romantis. Apakah Anda ingin menggabungkan desain Timur bertemu Barat, furnitur gaya Jepang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rumah Anda.

Prinsip Desain Minimalis Jepang


Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, desain Jepang bersih dan minimalis. Tidak terlihat berantakan dalam rumah-rumah Jepang. Seperti yang kita bahas di atas, kadang-kadang tidak banyak furnitur di rumah Jepang asli.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan kenyamanan ketika rumah masih penuh perabotan? Kuncinya adalah menjaga desain Anda tetap sederhana dan rapi. Kebanyakan pecinta desain modern akan menyukai gaya ini, mudah untuk ditiru.

Secara umum, desain modern meniru gaya bersih dan sederhana ini. Semuanya harus memiliki tujuan dan tempat, tidak ada yang salah tempat atau kurang berfungsi. Mempelajari seni Feng Shui juga dapat membantu Anda mendesain interior minimalis Anda.

Ruang Terbuka dan Pencahayaan Alami Adalah Kunci Dalam Desain Jepang


Seperti disebutkan di atas, ruang terbuka dan prinsip-prinsip desain minimalis mendominasi dalam desain Jepang.

Cahaya alami berlimpah mengisi rumah-rumah ini, membawa serta pandangan yang tenang dan warna-warna alam. Apa yang bisa menjadi cara yang lebih baik untuk menerangi rumah Anda? Jendela besar dan bukaan langit-langit yang luas seperti langit-langit, adalah cara sempurna untuk menambahkan desain cerah ini ke rumah Anda sendiri. Tirai tebal juga tidak besar, tidak. Yang mereka lakukan adalah menghalangi cahaya alami ini. Usahakan agar jendela Anda terhindar dari halangan apa pun, tetapi jika hal ini tidak memungkinkan, maka pilihlah naungan bambu sederhana atau panel tirai tipis. Cahaya alami - cara yang sangat terang untuk menerangi rumah Anda!

Warna Populer dalam Desain Jepang


Sesuai dengan keindahan alam di luar, rumah-rumah Jepang biasanya mengandung warna-warna sederhana dari alam. Warna-warna dominan berasal dari coklat unsur kayu, dan hijau tanaman. Lantainya adalah ubin kayu atau warna abu-abu, dan sebagian besar dinding diganti dengan kaca yang ditutupi warna buram.

Desain ini menghasilkan palet warna sederhana yang sangat netral. Bagaimana kita menerapkan ini di interior kita sendiri? Cobalah memasukkan unsur-unsur kayu alami melalui rak kayu, bingkai jendela, pintu dan lantai atau tambahkan warna abu-abu batu di lantai Anda atau bahkan furnitur Anda.

Jangan lupa menambahkan banyak warna hijau melalui tanaman hias. Kesederhanaan adalah kunci saat memilih palet warna Anda. Lihatlah ke luar jendela Anda untuk melihat elemen warna alami apa yang dapat Anda masukkan di rumah Anda.

Buat Ruang Meditasi


Cobalah menyelam jauh ke dalam budaya Jepang yang damai dengan menciptakan ruang yang benar-benar tenang di rumah Anda yang bisa menjadi tempat relaksasi, minum teh, atau melakukan yoga.

Hadirkan tempat yang tenang di rumah Anda sendiri dengan meletakkan bantal lantai untuk bermeditasi atau hanya duduk dan bersantai. Jangan lupa untuk menambahkan fitur air, sehingga tetesannya akan menghilangkan semua suara yang mengganggu.

Cat ruangan dengan warna hijau atau cokelat yang menenangkan, tambahkan pemandangan hidup, mainkan musik yang menenangkan! Anda memiliki tempat menangkan diri ala Zen Jepang di rumah Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment