Jan 4, 2019

Karakter Manusia dari Bentuk Wajah

1.Bentuk wajah logam (金形)

Bentuk wajah logam (金) memiliki bentuk oval dengan jarak antar mata yang cukup lebar dan tulang pipi yang menonjol tetapi tidak terlalu kuat. Pada umumnya, bentuk wajah ini mempunyai mata yang jernih, bersinar dan memiliki sinar mata yang tajam serta alis mata yang hitam walaupun sebagian besar bulu alis tidak terlalu banyak.


Logam merupakan unsur alam yang kuat dan keras sehingga seseorang yang memiliki bentuk wajah logam merupakan seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi serta kemauan yang kuat dan selalu mendapatkan solusi atas permasalahan mereka sendiri. Bentuk wajah ini juga mencerminkan seseorang yang mempunyai elera humor yang tinggi, penuh semangat, pantang menyerah, senang memberikan nasehat, pandai berbicara dan pekerja keras. Namun meskipun ia pekerja keras, ia masih tetap memperhatikan keluarga. sehingga dapat menjadi pembimbing yang baik.

Watak negatif dari orang yang memiliki bentuk wajah ini adalah mudah percaya dan terpengaruh kabar atau berita yang belum terbukti kebenarannya. Selain itu, walaupun tipe wajah ini memiliki sifat pantang menyerah dan penuh semangat, tetapi ia juga seringkali mengambil sikap diam ketika dihadapkan pada rintangan yang belum mendapatkan penyelesaian. Pada saat demikian, ia mudah mengalami depresi.

2. Bentuk wajah api (火形)

Orang yang memiliki bentuk wajah api mempunyai wajah yang panjang dengan tulang pipi yang besar dan menonjol, serta dagu dan dahi yang lancip. Pada umumnya orang yang memiliki bentuk wajah ini mempunyai rambut keriting, ikal dan kaku serta berwarna kemerah-merahan atau kecoklat-coklatan.

Unsur api memberikan gairah dan semangat dalam kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, orang yang memiliki bentuk wajah ini cenderung memiliki gerak yang lincah, cepat, aktif, memiliki jiwa petualang, senang mengambil resiko yang besar dan fokus pada tujuan. Semangat hidup yang dimiliki tersebut membuatnya mampu memberikan inspirasi kepada orang lain sehingga memudahkan ia menjalin relasi dengan banyak orang.

Namun, meskipun ia memiliki antusiasme yang tinggi, terkadang ia juga dapat menjadi pribadi yang pendiam dan pemalu pada saat bertemu dengan orang-orang yang baru dikenal. Sifat tersebut hanya bersifat sementara saja karena ketika ia sudah merasa nyaman dengan seseorang atau menemukan keadaan yang menyenangkan, ia dapat menjadi penggerak atau motivator bagi orang-orang yang berada di sekitarnya.

Orang dengan bentuk wajah api jarang mengeluarkan emosinya dengan mengeluarkan amarah karena ia cenderung meredam emosi dan menyimpan amarahnya. Namun ketika ia mengungkapkan emosinya dengan amarah, maka akan sulit untuk meredakan amarahnya sehingga ia sering mengalami stres.

3. Bentuk wajah kayu (木形)

Pada bentuk wajah kayu, kontruksi wajah dan hidung cenderung panjang dengan dahi yang tinggi dan pipi yang sempit. Ia juga memiliki rambut dan alis mata yang tidak tebal dan tidak kaku. Pandangan matanya lembut dan dahinya tinggi dan lebar.

Kayu bersifat memiliki energi pertumbuhan. Oleh karena itu, orang yang memiliki bentuk wajah kayu mampu membuat gambaran secara umum mengenai visi dan misi masa depan serta mampu membuat perencanaan-perencanaan yang baik. Dahi yang lebar pada tipe ini menandakan kuatnya daya pikir. Tipe wajah ini memiliki kemampuan yang baik dalam bernegosiasi karena ia merupakan seseorang yang cukup komunikatif dan berpandangan luas. da umumnya, orang yang memiliki bentuk wajah kayu merupakan seseorang yang mampu diberi tanggung jawab dan tidak merasa keberatan bekerja untuk kepentingan orang lain. Oleh karena itu, orang Cina juga beranggapan bahwa bentuk wajah kayu yang seimbang sangat sesuai menjadi seorang pegawai negeri.

Orang yang memiliki bentuk wajah kayu biasanya mempunyai emosi yang berlebihan, meskipun emosi tersebut diperlukan dalam proses pertumbuhan dan pencapaian kedewasaan. Selain itu ia mudah mengeluarkan emosi secara spontan ketika keinginannya mendapatkan halangan. Pada saat halangan tersebut tidak menemukan jalan keluar, maka mentalnya akan menurun. Hal ini akan menyebabkan frustasi dan depresi dalam dirinya dan jika berkelanjutan akan mengakibatkan stres sehingga membuat ia tidak mampu lagi membuat penilaian serta perencanaan yang baik. Oleh karena itu, tipe wajah ini memerlukan bimbingan dan dorongan agar dapat bertumbuh dan memiliki motivasi yang kuat.

4. Bentuk wajah air (水形)

Orang dengan bentuk wajah murni bentuk wajah air jarang dijumpai. Pada umumnya merupakan perpaduan dari beberapa bentuk wajah atau unsur. Bentuk wajah air berbentuk bulat, berisi dan terkadang disertai dengan bentuk tubuh yang bulat. Orang yang memiliki bentuk wajah ini juga memiliki mata yang besar dan bersinar lembut serta rambut yang berwarna tajam. Air memiliki sifat mengalir bebas ke tempat yang lebih rendah. Begitu pula dengan orang yang memiliki bentuk wajah air, ia terbiasa menyalurkan emosinya dengan cara mengalirkan semangat dan ide-ide cemerlang kepada orang-orang di sekitarnya karena ia adalah seorang komunikator dan pencerita yang baik. Ia juga memiliki pembawaan yang tenang, bersahaja, lembut, tidak terlalu banyak bicara dan tidak mudah mengeluarkan amarah. Pada air yang jernih terdapat vitalitas yang dapat menarik benda-benda lain seperti sebuah magnet.

Demikian halnya dengan orang yang memiliki bentuk wajah air yang memiliki kepribadian mudah larut dalam emosi karena sifatnya yang sensitif dan peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu ia sering terjebak dalam perasaan gelisah dan emosi-emosi yang mendalam. Bentuk wajah air mengandung banyak unsur yin (阴) sehingga bentuk wajah ini memiliki ambisi yang tinggi. Namun energi yin (阴) yang berlebihan juga dapat menimbulkan kelelahan dan kelesuan.

5. Bentuk wajah tanah (土形)

Orang yang memiliki bentuk wajah tanah memiliki wajah persegi dengan garis rahang yang menonjol, dan alis yang panjang. Kulit wajahnya juga terlihat tebal, biasanya sisertai dengan suara yang berat. Beberapa bagian pada wajahnya tampak lebih besar terutama pada bagian mulut. Unsur tanah menunjukkan seseorang yang bersikap tenang.

Orang yang memiliki bentuk wajah ini lebih meyukai hal-hal yang bersifat praktis, metodis, dan gigih dalam berusaha. Namun meskipun berpikir praktis, ia lebih suka mengikuti cara-cara tradisional ketika melakukan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga seseorang yang berhati-hati dalam penggunaan uang, walaupun bukan seorang yang kikir.

Watak negatif dari orang yang memiliki bentuk wajah tanah adalah sering merasa ragu-ragu. Namun apabila ia memiliki unsur tanah yang sangat kuat, maka ia memiliki sifat keras kepala dan biasanya diikuti sifat egois. Bentuk wajah tanah juga terbiasa mengungkapkan rasa simpati dengan cara memberikan perhatian dan kasih sayang yang besar kepada orang lain tetapi terkadang hal tesebut membuat ia melupakan kebutuhan dirinya sendiri.

1 comment: