Jun 28, 2024

Tip's Dapatkan Mood Baik Sepanjang Hari

 


Video klip di atas ada lagu "fade to black" milik Metallica yang di cover gitar. Lagu ini dulu sering SettiaBlog gunakan untuk melatih jari di fingerboard gitar. Kalau gambar di vedeo klip itu foto SettiaBlog saat masih kecil, terus SettiaBlog kasih border hitam melingkar. Lihat....! Ndoweh kan ya SettiaBlog. Dulu waktu kecil emang kayak gitu. Kadang SettiaBlog jadi senyum sendiri kalau lihat foto waktu kecil yang ndoweh kayak gitu.

Foto adalah satu media yang digunakan untuk mengabadikan momen-momen bersejarah seseorang. Foto ini ternyata punya kekuatan lho. Jangan remehkan kekuatan foto, karena setiap foto selalu merekam kenangan seseorang. Ternyata foto mampu menyelamatkan Anda dari serangan bad mood lho.

Saat Anda dalam kondisi yang ndak mengenakkan, bad mood atau putus asa, coba buka album foto atau galeri foto di smartphone milik Anda. Saat Anda melihat foto beberapa tahun lalu, dalam kondisi bahagia atau saat sedang seru-seruan bareng teman-teman maka Anda akan tersenyum dan Otak Anda akan otomatis memutar kembali kenangan bahagia tersebut. Hasil ini ternyata didapat berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan University of Portsmouth School of Computing, Inggris. Dengan melihat foto-foto lama, mood bisa jadi lebih baik dan pikiran jadi lebih tenang. Anda juga bisa melihat foto-foto lama bahagia di sosmed. Foto-foto positif itulah yang bisa dipakai untuk mengenang kembali kebahagiaan itu.

Foto sangat powerful karena saat Anda teringat masa bahagia dengan teman-teman yang sudah hidup sendiri-sendiri, kenangan itu akan membuat Anda jadi bahagia dan positif.

Ketika Mood lagi baik tentu akan membuat aktivitas lancar sepanjang hari kan ya. Konon, mood yang baik bisa kita bentuk sedari pagi sesaat setelah bangun tidur lho. Dengan ritual-ritual ringan ini Anda dijamin akan happy dari awal beraktivitas hingga nanti menjelang tidur. Beberapa orang mungkin akan langsung mengecek ponsel mereka sesaat setelah bangun tidur. Well, Anda bisa coba ritual mudah berikut ini untuk dapatkan mood yang baik sepanjang hari.

🦋 Di menit pertama Anda membuka mata, duduklah perlahan dan ambil nafas dalam 2-3 kali serta hembuskan pelan-pelan. Ini akan menenangkan pikiran Anda.

🦋 Next, rapikan tempat tidur Anda. Menurut penelitian, seseorang yang mengawali aktivitas dengan hal-hal yang rapi akan membawa efek positif sampai nanti.

🦋 Selanjutnya Anda disarankan untuk mendengarkan alunan musik yang penuh semangat yang akan membuat tubuh dan pikiran makin rileks.

🦋 Anda lalu disarankan untuk melakukan stretching ringan agar tubuh terasa lebih segar dan siap menjalani aktivitas sampai nanti. Stretching terbukti memberikan efek yang berbeda untuk tubuh dan wajah serta menghilangkan kantuk dengan segera.

🦋 Selanjutnya lihatlah cermin. Bercermin akan membantu meningkatkan mood di pagi hari lho. Setelah itu tersenyumlah saat bercermin. Ini akan membawa hawa positif sampai seharian penuh.


Udah ya, ndak usah di masukkan ke hati. O... ya, kalau symbol kupu - kupu di atas melambangkan:

☕ Kebebasan dan Kepuasan

Kupu - kupu punya sayap yang cantik banget. Dengan kecantikan sayapnya itu, ia terbang ke sana kemari tanpa ada yang ngebatasin. Dalam ajaran agama Islam, setiap muslim dianjurkan untuk hidup tanpa beban, terlepas dari Qada' yang digariskan oleh Allah SWT. Lakukan semuanya dengan cinta, tentu kebahagiaan bakal datang ke hidup Anda.

☕ Keindahan

Percaya atau ndak, sayap kupu kupu itu punya kekuatan magis yang bikin kita jadi ngerasa tenang saat lihatnya. Dan karena ada kupu kupu, lingkungan jadi makin indah. Itulah alasan kenapa Jepang mengambil hewan ini sebagai simbol keindahan dan kecantikan. Berangkat dari makna tersebut, kupu kupu dalam Islam terkait keindahan dan kecantikan akhirnya muncul. Nilai tersebut menganjurkan kita buat jadi kupu kupu di setiap tempat yang kita datangi.

☕ Perjuangan

Metamorfosis kupu kupu itu gambaran makna perjuangan panjang yang butuh kesabaran dan keteguhan hati. Coba deh bayangin! Buat tumbuh jadi seekor hewan yang cantik, kupu kupu jadi ulat dulu dan harus berpuasa dalam kepompong selama 2-5 minggu. Selama proses itu, ia harus berhadapan sama rintangan yang berat, kayak cuaca buruk, musuh alami mereka, dan yang lain-lainnya. Proses-proses yang ndak mudah itu jadi pelajaran penting buat manusia agar bisa tumbuh lebih baik, kuat, dan dewasa.

☕ Kesabaran

Proses jadi kupu kupu itu panjang banget. Saat jadi pupa, ia harus sabar tunggu proses berikutnya, bertahan hidup dalam puasa yang juga dalam waktu yang lama juga. Di sini, latihan kesabaran adalah ilmu yang penting buat diambil. Nah, sebagai muslim, kita dianjurkan untuk bisa sabar dalam berproses meskipun dihajar berkali-kali oleh rintangan, tantangan, dan hal-hal yang bikin kita makin kuat.

☕ Perubahan

Kalau lihat dari proses awal, kupu kupu itu awalnya adalah ulat yang secara visual kalah estetik dari bentuk metamorfosisnya. Saat jadi telur, berubah jadi larva ulat, lalu jadi kepompong, dan baru jadi kupu kupu, hewan ini bikin kita takjub. Makna perubahan inilah yang harus dicontoh oleh muslim sejati. Dengan semangat tinggi, kita bisa menjadi muslim yang luar biasa dan meraih kesadaran tinggi, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kalau symbol secangkir kopi itu teman SettiaBlog dalam mengetik. SettiaBlog mengetik sambil sesekali mencelupkan sepotong roti ke dalam kopi pahit yang panas... mm... mm... enak lho itu dan bikin tetep semangat.

No comments:

Post a Comment