Jun 24, 2024

Tip's Mudah Menghilangkan Keraguan Dalam Hati

 


Untuk bahasan kali ini SettiaBlog gunakan background dari batu taman buatan. Di kombinasi warna slate gray, smoke, light gray dan beberapa warna lainnya. Kalau video klip di atas ada lagu lama "here i go again" milik Whitesnake yang di cover Dimas Senopati. Video klipnya bagus kok, dengan aksesoris barang - barang lama. Here i go again, memangnya ke mana lagi aku akan pergi? Selain kepadaMu? Bentuk kebimbangan atau keraguan seperti itu udah biasa kan ya terjadi dalam kehidupan kita. Kayak misalnya, saat menjelang pernikahan itu pasti banyak banget tantangannya. Pasti ada aja yang bikin detik-detik menjelang hari H itu bikin was-was. Bukan cuma soal jumlah undangan dan katering mana yang mesti dipikirin, tapi mendadak muncul hal-hal yang diluar dugaan. Mulai dari kemunculan si mantan yang sebelumnya ndak pernah nongol sampai rasa kurang yakin yang muncul dari diri sendiri. Bahkan ada juga yang takut susah, takut ndak punya anak, takut cerai, takut ada orang ketiga, dan masih ada ribuan ketakutan lain yang mungkin sebelumnya ndak pernah Anda rasakan. Tapi tenang aja, perasaan ragu yang muncul sebelum menikah itu sebenernya wajar kok, asal masih dalam batas aman dan bisa dikendalikan. Lho kok malah ngomongin pernikahan, gimana c ini. SettiaBlog itu mau membahas kebimbangan atau keraguan yang sering muncul saat momen - momen penting.

Ada berbagai hal yang bisa membuat seseorang merasa ragu terhadap dirinya. Beberapa penyebab keraguan di antaranya adalah cara didikan orang tua semasa kecil, tantangan baru yang dihadapi, takut menghadapi kegagalan, dan sering membandingkan diri dengan orang lain. Meski keraguan ndak bisa dihindari, Anda ndak boleh membiarkan rasa ragu menguasai diri dan bertanya-tanya apa yang membuat ragu dalam mengambil keputusan. Pasalnya, perasaan ini justru bisa menghalangi Anda mendapatkan berbagai kesempatan yang berharga. Di bawah ini ada beberapa tip's menghilangkan keraguan dalam hati yang bisa dilakukan. 

⚀ Hindari Terlalu Banyak Berpikir dan Mengeluh

Memang dalam bertindak kita harus memikirkan berbagai hal. Namun terlalu banyak memikirkan sesuatu apalagi yang belum terjadi malah akan membuat Anda jadi takut untuk melangkah dan bertindak. Ingatlah bahwa Anda masih bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukan dimasa lalu sambil belajar dan terus berlatih. Cara menghilangkan keraguan dalam hati juga bisa dengan mengurangi kebiasaan mengeluh terhadap sesuatu. Cobalah untuk mengubah mindset dengan berpikir dari sudut pandang yang positif dan coba kurangi pemikiran negatif terhadap diri sendiri.

⚁ Cobalah Jujur dengan Diri Anda Sendiri

Selanjutnya, cara menghilangkan keraguan dalam hati bisa dengan jujur terhadap apa yang Anda rasakan pada diri sendiri. Langkah ini bisa ditempuh dengan menuliskan pemikiran dan perasaan yang Anda miliki. Cobalah untuk mencari tahu apa yang Anda pikirkan dan apa yang memicu munculnya pikiran tersebut. Renungkanlah apakah pikiran Anda miliki selama ini benar atau ndak. Bila ternyata pikiran negatif itu hanyalah pendapat negatif Anda sendiri, cobalah untuk membangun dengan melihat dari perspektif berbeda.

⚂ Ubah Mindset Saat Menghadapi Kegagalan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu hal yang memicu rasa ragu dalam diri adalah rasa takut menghadapi kegagalan. Untuk menghilangkan keraguan diri, Anda harus mengubah pola pikir mengenai kegagalan. Ingatlah bahwa setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Adanya kegagalan bisa dijadikan sebagai pelajaran untuk melakukan suatu hal lebih baik lagi. 

⚃ Bergaul dengan Orang-orang yang Memiliki Tujuan Positif 

Bergaul dengan orang-orang yang memiliki mindset positif bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keraguan dalam hati. Ndak masalah meninggalkan orang yang Anda anggap memberikan efek buruk pada diri. Perbanyaklah bergaul dengan orang yang memang memiliki sifat positif dan Anda rasa bisa memberikan dampak positif bagi diri, misalnya memberikan semangat dan motivasi pada Anda.

⚄ Segera Bertindak

Cara menghilangkan keraguan dalam hati yang bisa dilakukan adalah dengan segera bertindak. Hanya dengan bertindak, Anda bisa tahu jawaban dari hal yang Anda ragukan tersebut. Ikuti kata hati Anda dan pastikan sudah mempertimbangkan segala risiko yang akan dihadapi. Jika Anda gagal memeroleh hasil yang baik setelah mencoba melakukannya, setidaknya Anda sudah berusaha dan bisa memulainya kembali atau mencari sesuatu yang baru.

Semua ini bisa dimulai dengan merefleksikan dan membangun jaringan pertemanan yang ada saat ini, mulai menunjukkan kemampuan diri, jadi lebih sadar terhadap apa yang dilakukan, menerima kekurangan pribadi, serta masih banyak lagi.




Kalau yang ini ada video klip " bimbang" milik Melly Goeslaw. Kebimbangan atau anxiety merupakan salah satu penyakit daripada penyakit mental. Definisi kebimbangan banyak telah dikemukakan oleh para sarjana. Namun demikian, kebanyakan takrifan dan ciri-ciri yang dibincangkan adalah berdasarkan teori-teori yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh psikologi Barat. Kalau dalam Islam, Anda bisa membuka Al Qur'an Surah  Al-Ma'arij ayat 19 hingga 35. Ada sekitar delapan sifat yang perlu dimiliki oleh setiap individu agar terhindar dari penyakit kebimbangan atau keluh kesah; ❶ tetap mengerjakan shalat, ❷ menunaikan hak harta dengan sedekah dan zakat, ❸ percaya kepada hari akhirat dengan mengerjakan amal-amal soleh, ❹ takut kepada azab Allah SWT dengan menjauhkan diri daripada melakukan perkara yang dimurkai Allah SWT, ❺ menjaga kehormatan diri dengan menghindari perbuatan zina, ❻ menjaga amanah dan janji, ❼ menjadi saksi yang adil, dan ❽ senantiasa memelihara shalat.

Yang jelas, Allah SWT ndak sedang bermain dadu ketika menciptakan jagat raya ini. Begitu juga dalam dalam menciptakan manusia. Artinya, Allah menciptakan seluruh jagad raya ini dengan sungguh-sungguh. Jantung manusia beratnya ndak lebih dari 250 gram. la berdenyut 70 kali permenit atau 100 ribu kali perhari. la menyemprotkan darah sebanyak 5 liter permenit atau 1.5 juta gallon pertahun — meskipun darah yang disemprotkan adalah yang itu-itu juga. Alat pemompa yang menakjubkan ini mengirimkan darah ke selaput nadi, urat syaraf, dan pembuluh darah, yang jika semua itu diletakkan secara berurutan pada sebuah garis lurus maka panjangnya bisa mencapai 60-100 ribu mil! Galaksi Bimasakti hanyalah salah satu galaksi (gugusan bintang) di dalam sistem tatasurya kita. Galaksi Bimasakti terdiri dari sekitar 200 miliar bintang. Para astronom memperkirakan bahwa di alam raya ini terdapat miliaran galaksi, dengan sekitar 1.000 triliun planet dan bintang. Setiap bintang atau galaksi berjalan pada orbitnya dengan kecepatan kira-kira 65.000 km perdetik. Di antara bintang- bintang itu ada yang berukuran ribuan kali besar matahari, yang jaraknya dari bumi adalah jutaan tahun cahaya. Satu tahun cahaya kira-kira 9.416 miliar km atau sekitar 10.000 tahun! Itulah di antara tanda-tanda kemahakuasaan Allah SWT. Itulah ayat-ayat kauniyyah-Nya. Semua ayat-ayat kauniyyah itu pada akhirnya meneguhkan klaim Allah SWT sendiri:
Tidaklah Kami menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada di antara keduanya dengan main-main.  (QS al-Anbiya’: 16).

No comments:

Post a Comment