Jul 11, 2022

Beberapa Keunggulan Responsive Selling

 



Klip di atas itu tampilan blog pribadi yang baru SettiaBlog buat. Baru SettiaBlog posting 5 catatan SettiaBlog, sambil menguji meta tag dan responsive atau ndak template SettiaBlog ini. Catatan ini sudah SettiaBlog buat beberapa tahun yang lalu, saat SettiaBlog di ajari kakangmas SettiaBlog tentang berbudi pekerti dan berbudi luhur. SettiaBlog mencari dan membuat catatan sebagai pengingat, jumlahnya kalau ndak salah sekitar 25 tapi baru 5 yang SettiaBlog posting. Setelah SettiaBlog coba, cukup responsive, ketika handphone di miringkan lebarnya juga pas, seperti yang Anda lihat di klip. Untuk lagu SettiaBlog kasih tombol play mengapung di bawah, tiap postingan memiliki lagu sendiri - sendiri dan saat di Beranda ketika tekan tombol play maka akan terdengar lagu "Romeo and Juliet" seperti klip di atas. Untuk warna font nya masih SettiaBlog uji, ini gunakan hexadecimal #889988 (dolphin gray), kayaknya ramah di mata. Kalau nama blognya, Settia Nation, ya ini blog pribadi SettiaBlog, bahasannya memang di buat keras agar bisa menuntun dan mengingatkan SettiaBlog. Bicara soal "responsive", tidak hanya berlaku pada blog atau website, dalam bisnis pun juga di kenal responsive selling.

Responsive selling adalah penawaran dan penjualan demi menciptakan respon positif dari permintaan pembelian oleh konsumen. Hal ini, mudah dijumpai, seiring perkembangan bisnis online yang makin meningkat. Banyak produk yang bisa dibeli hanya dengan  menggunakan smartphone dengan modal klik saja. Namun dengan kemudahan ini, tak jarang ada beberapa orang yang salah membeli atau memesan produk. Alhasil, pembeli tidak dapat melihat dan mencoba barang secara langsung. Maka, para pembeli hanya dapat mengandalkan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Untuk meminimalisir hal ini, biasanya pembeli akan melihat online review terlebih dahulu. Oleh karena itu, teknik responsive selling berupa ulasan positif merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis.

Beberapa Keunggulan Responsive Selling

Responsive selling punya peranan penting dalam menghasilkan sebuah ulasan. Sebab, ulasan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan para calon pembeli. Sekitar 61 persen pembeli membaca ulasan positif terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk membeli suatu produk. Selain itu, para calon pembeli cenderung melakukan pembelian pada produk yang memiliki nilai rata-rata 4 bintang atau bahkan lebih. Dengan adanya ulasan positif ini, akan membantu para calon pembeli untuk memilih produk Anda atau produk kompetitor.

• Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli Baru

Ulasan online dapat membantu meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Toko online yang memiliki banyak ulasan positif dari pembeli sebelumnya akan lebih dipercaya oleh calon pembeli baru. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa testimoni pelanggan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Ketika calon pembeli baru mengunjungi toko Anda maka hal yang mereka lihat tidak hanya produk dan harganya saja melainkan juga testimoni dari pelanggan lain. Testimoni sangat membantu mereka dalam memutuskan tindakan selanjutnya. Apabila ulasan online dirasa cukup memuaskan maka mereka tidak akan berpikir ulang dalam membeli produk atau layanan Anda.

• Meningkatkan Identitas Merek

Salah satu manfaat dari ulasan positif secara online untuk bisnis adalah dapat membantu meningkatkan pengenalan merek. Semakin banyak perusahaan Anda mendapatkan ulasan positif dari pelanggan maka semakin meningkat pula merek Anda. Akan ada banyak orang yang mengenal dan mengetahui merek Anda melalui ulasan yang Anda tampilkan secara online. Dengan adanya ulasan atau testimoni yang Anda tampilkan pada berbagai media online maka orang-orang akan melihat perusahaan Anda sebagai perusahaan yang memiliki nilai. Jika banyak pelanggan yang memberikan ulasan positif maka dapat membantu meningkatkan rating. Ini juga sangat membantu meningkatkan kepopuleran toko Anda di mesin pencari.

• Meningkatkan Penjualan

Bukankah kepercayaan pelanggan adalah salah satu syarat dalam meningkatkan kepercayaan? Nah ketika calon pembeli menemukan ulasan kepuasan pelanggan sebelumnya maka dapat meningkatkan kepercayaan dan minat beli yang lebih besar. Maka tidak heran jika ulasan online dianggap sebagai salah satu strategi yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Apabila Anda menampilkan testimoni di media digital Anda baik website, media sosial dan lain sebagainya maka dapat meningkatkan visibilitas merek Anda. Orang-orang dapat mengetahui bagaimana pelanggan Anda puas dengan apa yang Anda berikan kepada mereka. Sehingga ini dapat meningkatkan minat beli mereka terhadap produk atau layanan Anda.


Bottom Note

Budi luhur bisa dianggap sebagai rangkuman dari segala apa yang dianggap watak utama oleh orang Jawa. Siapa saja yang berbudi luhur seakan-akan dalam diri manusia itu menyinarkan kehadiran Tuhan kepada sesama dan lingkungannya. Budi luhur tidak lain merupakan sebuah ideologi orang Jawa, sebagai falsafah hidup dalam berperilaku. Aktualisasi budi luhur dalam perilaku diwujudkan melalui budi pekerti. Budi pekerti berasal dari kata ”budi” dan ”pekerti.” Kata ”budi” berarti kesadaran mulia, yang diejawantahkan berupa etika atau norma kehidupan, sedangkan kata ”pekerti” diturunkan dari akar kata Sanskerta ”kr” yang berarti bertindak. Budi luhur adalah hal ihwal yang dicita-citakan, dimimpikan, bersifat abstrak, dan akan diwujudkan ke dalam kehidupan dalam bentuk budi pekerti. Adapun budi pekerti adalah etos pekerti atau bingkai tindakan yang membentuk etika kehidupan. Etika adalah keseluruhan norma dan penilaian yang dipergunakan oleh masyarakat yang bersangkutan untuk mengetahui bagaimana manusia seharusnya menjalankan kehidupannya. Etika itu merupakan rambu-rambu normatif untuk menilai apakah pekerti seseorang dianggap mencerminkan budi luhur atau tidak. Penyimpangan terhadap etika berarti juga sekaligus pengingkaran terhadap nilai budi luhur. Begitu pula etika kebijakan Jawa, tentu dapat diartikan sebagai norma yang digunakan masyarakat Jawa untuk menilai pekerti seseorang dalam kehidupannya.

Maaf jika SettiaBlog salah menafsirkan! Ya mungkin banyak pihak yang ndak suka dengan falsafah - falsafah luhur yang telah di kembangkan oleh leluhur Jawa ini, SettiaBlog sendiri ndak tahu kenapa? Apa yang salah? Banyak juga yang memperdebatkan asal usul orang Jawa. Kenapa mereka ndak datang ke Yogya menemui mbak yu Pembayun terus suruh bukakan garis keturunannya dari mana. Tapi ndak usah kaget jika nasabnya sampai ke Nabi Muhammad SAW. Makanya di Jawa selalu menekankan pentingnya memahami budi pekerti yang luhur, seperti yang di ajarkan Nabi Muhammad SAW. Kalau masih ndak terima, datang saja ke Jawa Barat, tanya, nasabnya ke mana. Jangan - jangan juga sama.

Ini fakta yang ada di Jawa. Kenapa banyak pihak yang ndak suka dengan keberadaan orang Jawa, salah satunya karena banyak orang Jawa yang masih memiliki nasab ke Nabi Muhammad SAW. Apakah Anda semua juga ingin Jawa dengan keluhuran budi pekerti nya hilang? Tolonglah di renungkan!

No comments:

Post a Comment