Nov 14, 2020

Pentingnya Fokus dengan Tujuan Hidup



  Kemaren malam pas lagi enak-enak rebahan, pikiran kok tiba-tiba melayang ingat Selena Gomez. Ada apa ini? Apa karena lama tak mengganggunya? Lalu SettiaBlog searching cari info. O...ternyata Selena Gomez lagi garap film "Shadow of the Mountain". SettiaBlog sempat kaget dan bangga. Karena yang di perankan adalah Silvia Vásquez Lavado, wanita pertama yang menyelesaikan Seven Summits, yang merupakan gunung tertinggi di masing-masing dari tujuh benua. Impian para pendaki gunung, seperti SettiaBlog. Tanggung jawab yang kamu emban kali ini cukup berat Selena. Apapun yang di katakan orang acuhkan saja. Yang penting kamu lakukan yang terbaik. Jika kamu merasakan keraguan atau kecemasan, pejamkan mata sebentar Selena, ingat SettiaBlog, maka SettiaBlog akan hadir di sampingmu .... he ...he.... Ada satu kata bijak dari para pendaki gunung Selena, "Gunung tidak hanya itu saja, selalu ada puncak yang akan kau daki walau kau sudah berada di titik tertinggi sekalipun.”. Selena, harus selalu fokus pada jalan yang telah kau pilih! Itu penting. Mengapa begitu penting? Sambil dengarkan lagu " the mountain" pada klip di atas (vokal Faouzia yang berat memang cocok dengan lagunya), cermati bahasan di bawah ini.



Jika sukses dan bahagia adalah tujuan Anda, fokus pada tujuan adalah jawabannya. Fokus memberi dampak luar biasa baik dalam karir, bisnis maupun kehidupan sehari-hari kita. Riset Harvard menunjukkan hasil pelacakan perasaan pada dari 2.220 pengguna aplikasi iPhone di seluruh dunia. Bahwa 47% merasa tidak fokus pada apa yang mereka lakukan serta merasa kebahagiaannya rendah. Alex Korb, seorang peneliti postdoctoral Neuro Science UCLA University dan penulis The Upward Spiral menyampaikan bahwa fokus pada tujuan jangka panjang membuat kita merasa termotivasi serta hidup lebih baik. Fokus pada tujuan membuat diri kita termotivasi untuk selalu gigih pantang menyerah dan berusaha mewujudkannya. Merasa bahagia setiap kali bertindaknyata karena percaya dan yakin menuju ke arah yang kita inginkan.

Fokus pada tujuan, memiliki dampak utama yang kita rasakan.

Pertama, memusatkan hati dan pikiran kita ke arah yang kita inginkan. Mendorong kita berpikir dan bertindak sekuat tenaga, berupaya mewujudkannya. Menyatukan mata, hati dan pikiran menjadi sebuah cahaya yang menyinari setiap langkah kita menuju sebuah tempat yang benar-benar kita inginkan.

Kedua, memberi kita kekuatan untuk terus bertindaknyata. Menyusun strateginya berikut langkah-langkah cerdasnya dengan cara yang sederhana.

Ketiga, mendorong kita berusaha mencari solusi. Bukan mencari alasan apalagi adu argumentasi yang hanya menguras energi.

Keempat, menguatkan kita untuk berani mengambil keputusan. Bukan diam dalam keraguan, apalagi takut dan lari dari kenyataan.

Kelima, membangkitkan rasa percaya diri kita untuk terus berubah serta melakukan perubahan.

Bagi yang belum bisa fokus dengan tujuan hidup, bisa ikuti saran-saran berikut ini :

"It's always seems impossible until it's done."

Banyak orang yang belum bisa fokus dengan apa yang diinginkan dalam hidup. Anda mungkin sedang mengalami hal yang sama. Jangan sedih atau menyalahkan diri sendiri, seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan menemukan apa yang Anda inginkan dalam hidup. Tinggal menemukan keberanian saja. Apapun yang Anda impikan, jangan pernah takut untuk meraihnya karena Anda bakal bisa menaklukan apapun yang Anda mau asal Anda fokus.

• Pikiran Anda lah yang memegang kendali atas kehidupan Anda

Apapun yang Anda pikirkan, itulah yang akan terjadi pada Anda. Perhatikanlah agar jangan sampai pikiran Anda sendiri yang menghancurkan masa depan Anda. Buang semua kebobrokan dan kemalasan, sekarang saatnya Anda berjuang untuk diri Anda sendiri. Kalau Anda tidak mau berjuang, maka tidak akan ada orang yang mau berjuang untuk Anda.

• Jangan ciptakan batas, teruslah berkarya.

Lakukan yang terbaik, setiap hari, buktikan bahwa Anda bisa melakukan apapun yang Anda mau. Jangan ciptakan batas yang akan membuat diri Anda sendiri terperangkap. Anda harus bisa menembus batasan itu sendiri dan memperluas kapasitas Anda.

• Sebelum selesai, semuanya akan selalu tampak sulit.

Semuanya jadi sulit dan tidak mudah kalau belum selesai. Itu tantangannya. Hanya karena itu sulit, tidak berarti Anda harus berhenti dan tidak melanjutkannya. Tetap lanjutkan, tetap lakukan apa yang Anda kerjakan. Kejar Impian Anda.

• Berhenti mencoba sama dengan menjemput kegagalan.

Paling tidak jangan berhenti. Boleh saja Anda istirahat saat gagal, tapi jangan berhenti. Maafkan diri Anda sendiri atas kegagalan itu sendiri namun setelah itu bangkitlah lagi, coba terus, sampai Anda mendapatkan keberhasilan itu.

• Jangan berhenti, apapun yang terjadi.

Tidak apa-apa pelan, tidak apa-apa ada yang lebih cepat dari Anda, tidak apa-apa kalau banyak yang mencemooh Anda lamban. Setidaknya jangan berhenti. Jangan pernah berhenti apapun yang terjadi.

• Buat kesalahan yang banyak sampai Anda tahu bagaimana caranya untuk membuatnya berhasil.

Rasakan kegagalan, habiskan jatah gagal Anda selama Anda masih muda. Nanti, Anda akan menuai kebahagiaan saat Anda sudah tua nanti.

• Terbiasalah berusaha, terbiasalah fokus.

Tidak ada yang bisa mengalahkan kebiasaan. Jangan kendorkan semangat Anda. Jadikan fokus dan usaha sebagai kebiasan yang akan membuat Anda tidak enak saat tidak berusaha.

• Jangan banyak alasan, lakukan saja.

Tidak ada orang banyak alasan akan mendapatkan apa yang dia mau. Anda jangan banyak alasan. Kalau Anda banyak alasan, tandanya Anda tidak mau maju.

• Optimis akan menuntun Anda pada keberhasilan.

Saat Anda membiarkan pesimis mempengaruhi Anda, pikiran Anda akan kacau dengan sugesti bahwa Anda akan gagal. Lalu, akhirnya Anda malah melakukan segala sesuatu dengan tidak sepenuh hati dan benar saja kegagalan itu datang. Beda saat Anda optimis, Anda sedang menyuntikkan semangat untuk membuat Anda sendiri berhasil.

• Jangan lupa terus lakukan yang terbaik, dalam hal kecil maupun besar.

Semuanya yang Anda kerjakan, kerjakanlah itu dengan sepenuh hati Anda. Lakukan dengan serius dan tidak menganggap enteng. Anda bisa menuai hasilnya nanti, yang penting sekarang lakukan yang terbaik dulu, Anda pasti bisa.

No comments:

Post a Comment