Dec 30, 2018

Winners Never Cheat



Seorang pengusaha dari Amerika berhasil menjadi miliarder dengan memegang teguh pada nilai-nilai kebaikan yang universal. la selalu terpilih sebagai pemenang dalam persaingan bisnis yang dilakukannya dengan adil dan jujur karena ia selalu mengejar impiannya dengan prinsip moral yang tak tercela.
Kata-kata dan janjinya ia pegang teguh, melakukan negosiasi bisnis dengan tulus dan adil terhadap kawan-kawan maupun pesaingnya, dan selalu rnenunjukkan sikap kesopanan dan keramahan yang luar biasa. Nama pengusaha itu adalah Jon Meade Huntsman, yang selalu mengingatkan para pelaku bisnis dengan slogan "Winners never cheat"—jadilah pemenang yang tidak pemah menipu atau berlaku curang.

Sosok Jon M. Huntsman, sangat langka dalam dunia korporat. la adalah seorang wirausahawan yang sangat sukses. Namanya tercantum dalam urutan atas daftar orang Amerika terkaya versi Forbes, namun ia tetap menjunjung tinggi nilai-nilai bisnis yang diyakininya.

Seorang pegusaha sukses dari indonesia yang juga selalu menjunjung nilai-nilai bisnis, Joe Kamdani, menekankan kepada para staf dan bawahannya, "You don't have to cheat to grow (Anda tidak perlu menipu atau berlaku curang untuk tumbuh dan berkembang)." Joe Kamdani adalah pendiri Datascrip, salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang menuangkan kisah perjuangan dan pengalaman pribadinya dalam buku Succeed Above Success—Berhasil di Atas Keberhasilan.

Joe Kamdani lahir dari keluarga sederhana, bukan dari kalangan pengusaha. Pendidikan formalnya hanya sampai SMA dan sama sekali tidak memiliki modal keuangan. Yang dimilikinya hanyalah tekad yang kuat untuk selalu bekerja keras. Mimpi, kemauan, keyakinan, percaya diri, dan kejujuran menjadi modal Joe Kamdani dalam menjalankan perusahaannya dengan falsafah manajemen, berhasil di atas keberhasilan. Dengan tidak melupakan nilai-nilai moral dan etika dalam berbisnis, ia telah berhasil melahirkan dan membesarkan perusahaannya dengan latar belakang The Street Fighter—perusahaan yang didirikan oleh orang yang tidak punya apa-apa selain kemauan, kerja keras dan selalu berusaha untuk bisa memenuhi impiannya.

Joe Kamdani dikenal sebagai seorang pengusaha yang mandiri, pekerja keras, dan selalu ingin menjadi lebih baik. Tidak ada hasil tanpa keringat, begitu semboyan hidupnya. Joe Kamdani menganggap pekerjaannya sebagai sebuah panggilan jiwa. Oleh karena itu, ia sangat menikmati apa yang dikerjakannya selama ini. Inilah yang dinamakan life with a mission. Hidup untuk mencapai sebuah tujuan mulia. Hal inilah yang membuat Joe Kamdani rnemiliki reputasi yang sangat baik dalam dunia bisnis, sehingga kepercayaan orang terhadap dirinya tidak pernah surut. Jon M Hunstman dan Joe Kamdani hanya contoh kecil dari segelintir pengusaha yang menjalankan usahanya dengan hati dan tidak menipu orang lain dalam meraih kesuksesan. Hal ini tercermin pada kesehatan dan pertumbuhan perusahaannya yang berkelanjutan.

Kata bijak Joe Kamdani


No comments:

Post a Comment