Dec 22, 2018

Resep dan Manfaat Jus Brokoli



Jus Hijau Brokoli

Bahan :
150 gram brokoli ,
200 gram melon hijau potong-potong
1 buah timun potong-potong
300 ml air jeruk sunkist
2 sendok makan madu
100 gram es batu, untuk penyajian


Cara membuat JUS HIJAU:
1. Seduh brokoli dalam air mendidih. Angkat dan dinginkan.
2. Masukkan brokoli, melon, dan ketimun dalam blender. Tuang air jeruk, madu dan es batu.
3. Blender sampai lembut.

Setiap jenis sayuran memiliki manfaatnya masing-masing untuk tubuh, termasuk sayur brokoli. Kandungan beragam yang terdapat di dalam brokoli sangat bagus untuk tubuh, apabila penyerapan nutrisi di dalam tubuh berjalan dengan baik. Brokoli dapat dimasak sebagai sup, namun,penyerapan nutrisi brokoli lebih baik dalam keadaan mentah, seperti diolah menjadi jus. Selain itu, mengolah brokoli menjadi jus akan membantu memeprcepat proses penyerapan nutrisi brokoli ke dalam tubuh karena sudah berbentuk cair. Beberaa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi jus brokoli diantaranya:

Mencegah Diabetes
Sulfarophane tidak hanya dapat menjadi zat anti kanker, akan tetapi zat ini mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan. sulfarphane dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga juga sangat dikenal sebagai zat anti diabates.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Memiliki riwayat darah tinggi dapat menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit yang membakan tubuh. Mengkonsumsi jus brokoli dengan kandungan sulforaphane nya, membantu mencegah munculnya darah tinggi. karena sulforaphane sendiri dapat membentuk enzim yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, kandungan serat yakni serat pektin yang ada di dalam brokoli mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Serat pektin menurunkan kolesterol jahat dengan mengikat asam empedu, sehingga sedikit kolesterol yang berada pada sirkulasi darah.

Mencegah Penyakit Jantung
Mengkonsumsi jus brokoli dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan tekanan darah yang normal, dan juga kadar koleterol yang rendah,tubuh akan lebih sehat, dan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung karena aliran darah yang lancar dan kecilnya kemungkinan tersumbatnya aliran darah ke jantung.

Menurunkan Risiko Terkena Stroke
Turunnya kadar kolesterol yang berjalan bersama aliran darah dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke. Aliran darah yang lancar tanpa adanya sumbatan dapat mencegah penyumbatan aliran darah pada kepala yang diketahui sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke.

Baik Untuk Ibu Hamil
Kandungan asam folat yang ada di dalam brokoli sangat baik untuk ibu hamil. Ibu hamil yang sering meminum jus brokoli dapat membantu menjaga kesehatan buah hati sejak di dalma kandungan.

Mencegah Sembelit
Mengalami sembelit dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena sulitnya kotoran keluar dari tubuh. Mengkonsumsi sayuran tinggi serat seperti meminumjus brokoli dapat menjadi salah satu solusi mengatasi sembelit dengan cepat,karena dengan olahan jus brokoli, penyerapan serat menjadi lebih cepat sehingga dapat mempercepat mengatasi sembelit.

Menyehatkan Saluran Pencernaan
Serat dalam brokoli akan lebih mudah diserap tubuh ketika dikonsumsi sebagai jus brokoli. Meminum jus brokoli secara rutin dapat membantu mengatasi beberapa masalah gangguang pencernaan.

Meningkatkan Kecerdasan
Meminum jus brokoli dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Hal ini disebabkan karena kandungan asam amino di dalam brokoli dapat dengan mudah mengalir ke otak, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.

Menguatkan Tulang
Brokoli memiliki kandungan kalsium dan juga vitamin K. Kedua kandungan ini sangat baik dan bemanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan kerapatan tulang, sehingga tulang akan terhindar dari risiko terkena beberapa penyakit tulang seperti osteoporosis, flu tulang, dan masalah tulang lainnya.

Mencegah Kanker
Hampir semua sayuran hijau, termasuk brokoli, dikenal sebagai jenis sayuran yang dapat membantu melawan dan mencegah sel kanker masuk ke dalam tubuh. Kandungan agen anti kanker yang terdapat di dalam brokoli seperti indoles, sulfarophane, isothiocyanate, glukosinolate, ditihiolthione, dan beta karoten dapat membantu mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh.

Melenturkan Otot
Kelenturan otot perlu dijaga agar otot tidak tegang. Meminum jus brokoli secara rutin, dapat membantu meningkatkan pH yang terlalu asam dalam tubuh, yang akan berdampak juga pada kelenturan otot.

Menjaga Kesehatan Mata
Meminum jus brokoli secara rutin dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan di dalam brokoli dapat membantu melindungi mata dari beberapa gangguan mata termasuk mengurangi risiko terkena katarak. 

1 comment: