Nov 14, 2018

Transformasi Nilai-nilai Perusahaan kepada Karyawan


Memiliki cultural values berarti menginspirasi karyawan untuk membuat perubahan kultural terhadap kehidupannya dan orang lain. Contoh bagaimana perusahaan Whole Foods mengubah cara karyawan dalam berdemokrasi. Karyawan merasa lebih dilibatkan ketika keputusan-keputusan tentang karyawan diputuskan melalui pengambilan suara. Akhirnya, membangun creative values adalah tentang memberikan kesempatan pada karyawan untuk mengembangkan dan berbagi ide-ide inovatif.
Selain mendukung kreativitas, kebijakan dapat mempererat kolaboratif di antara para karyawan. Terdapat pula kemungkinan terjadinya transformasi budaya produk dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Akhirnya, masyarakat menaiki piramida nilai yang menstimulasi dan memelihara sisi Maslow dan menjadi lebih kreatif. Dengan demikian, nilai-nilai yang baik adalah nilai-nilai yang menstimulasi dan memelihara kolaborasi, budaya, dan kreativitas karyawan.

Perusahaan dengan nilai-nilai kolaboratif mendorong kerjasama antar karyawan dan dengan jaringan di luar perusahaan untuk membuat suatu perubahan. Seperti Cisco secara harfiah membangun jaringan teknis dan manusia. Cisco menggunakan kantornya sebagai laboratorium internal produk-produknya. Karyawan dapat bertelekomuter dengan jaringan infrastruktur perusahaan. Pengambilan keputusan tersebar ke seluruh dunia. Ini memungkinkan Cisco untuk membuat keputusan penting dengan lebih cepat dan memberdayakan kolaborasi eksekutif globalnya. Nilai-nilai perusahaan umumnya bersifat kolaboratif, namun membuat tranformasi budaya dengan saling menghubungkan manusia secara global.

Keberhasilan transformasi budaya perusahaan maka para karyawan harus memiliki motivasi di atas motivasi material. Karena itu diperlukan perubahan paradigma dengan menanamkan nilai emosi dan spiritual di dalam melakukan transformasi budaya. Contohnya, Honda menjadi sukses karena meyakini adanya tiga kebahagiaan. Tiga kebahagiaan yang dimaksud adalah kebahagiaan memproduksi, kebahagiaan menjual, dan kebahagiaan membeli
.

Hal tersebut menunjukkan ada nilai emosional dan spiritual yang ditanamkan di Jepang. Seperti yang dikatakan Matsusita bahwa, ”Life is not only for bread”.

Nilai-nilai yang Bermanfaat Bagi Perusahaan

Memiliki core values yang baik memberikan beberapa dampak. Perusahaan dengan values memiliki keunggulan berkompetisi dalam memperoleh sumber daya berbakat. Perusahaan dapat menarik karyawan yang baik dan mempertahankannya. Produktifiktas karyawan lebih tinggi ketika memiliki sekumpulan nilai yang baik untuk memandu tindakannya. Labih jauh, karyawan akan menjadi wakil yang lebih baik bagi perusahaan dalam melayani konsumen. Perusahaan pun lebih mampu mengelola perbedaan di dalam organisasi, terutama bagi perusahaan besar.

Nilai-nilai perusahaan atau corporate values sangat memegang peranan penting dalam pencapaian target perusahaan hingga mencapai 90%. Kegagalan yang terjadi pada perusahaan disebabkan budaya dalam memasarkan nilai perusahaan kepada karyawan yang tidak berubah. Berbagai penelitian menguraikan adanya keterkaitan antara nilai perusahaan yang kuat dengan efektifitas organisasi. Tiga inisiatif perubahan organisasi yang paling banyak dilakukan di Indonesia selama 20 tahun terakhir yaitu TQM (total quality management), downsizing, dan reengineering umumnya gagal. Tamatnya beberapa perusahaan dalam Fortune-500 karena upaya perubahan yang lambat atau gagal.

Apa yang menyebabkan kegagalan? Pertama menurut hasil riset di salah satu perusahaan terbesar Indonesia bahwa 70-80% motivasi bekerja karyawan kebanyakan masih mengejar insentif atau bonus. Kedua karena motivasi karyawan masih bersifat transaksional atau jual beli antar pekerjaan dan gaji atau uang lembur. Kedua hal itulah yang menjadi salah satu penghambat utama transformasi budaya perusahaan.

Mempertahankan dan Menarik Karyawan Berbakat

Ada 7 (tujuh) cara menarik dan mempertahankan pegawai yang berbakat tanpa harus dipusingkan mengenai gaji. Terdapat empat generasi di tempat kerja, tetapi hanya terdapat sedikit orang yang berbakat. Ini menjadi hal yang kritis dalam semua sektor ekonomi, khususnya di sektor publik, dimana terdapat aturan yang ketat mengenai orang mana saja yang dapat dibayar. Jadi, apa yang orang inginkan? Bagaimana dapat menarik dan mempertahankan pegawai berbakat, khususnya jika membatasi gaji yang di tawarkan?

Pertama : Memahami budaya yang sedang berjalan. Ada budaya yang dimiliki dan budaya yang dipikir dan bisa dapatkan. Apakah budaya yang sedang berjalan bisa menerima perbedaan-perbedaan? Apakah disitu terdapat fleksibilitas? Bagaimana perasaan karyawan ketika bekerja? Bagaimana cara seseorang di promosikan dan/atau di hargai?

Sebuah elemen penting dalam memahami budaya yang sedang berjalan adalah ide mengenai nilai-nilai melawan etika. Banyak perusahaan menulis pernyataan misi yang sangat bagus bahwa memiliki nilai-nilai yang sangat bagus. Tetapi, nilai-nilai tersebut hanyalah kata-kata. Etika adalah tindakan.

Kedua : Kerja penuh arti (makna). Tidak seorangpun mau pergi bekerja ingin bekerja setengah-setengah. Pengakuan adalah komponen penting agar seseorang bisa bekerja dengan penuh arti. Ketika prestasi diakui seseorang, maka akan merasa kerja menjadi berarti. Perusahaan mengajak karyawan untuk terlibat dalam komunitas dan memberikan waktu luang kepadanya untuk berpartisipasi dalam proyek komunitas. Pekerjaan sukarela didalam perusahaan memberikan kepada hidup dan karir mereka arti yang lebih dalam.

Ketiga : Membangun kewiraswastaan karir. Ketika seseorang menyediakan sebuah kewiraswastaan karir, maka berpindah dari 'kesetiaan' ke sebuah komitmen. Dalam sebuah 'kesetiaan', orang dihargai karena sudah bekerja dalam jangka waktu yang lama. Dalam sebuah budaya komitmen, perusahaan secara jelas mendefinisikan apa yang akan ditawarkan untuk karyawan individu dan menyediakan pelatihan karir internal untuk memberdayakan karyawan tersebut agar mereka bisa mengatur karirnya sendiri. Bagaimana membangun kewiraswataan karir? Ijinkan orang untuk menyusun sasaran karir, sediakan alat-alat agar bisa meraih sasaran tersebut dan biarkan mengukur pencapaiannya. Bantulah orang menyusun jalan peta-nya sendiri dan lalu ijinkan agar berhasil. Hal ini akan memastikan orang tersebut dijamin betah dengan pekerjaannya.

Keempat : Buatlah lingkungan kerja yang fleksibel. Keseimbangan antara hidup dan kerja perlu dijaga terus menerus agar karyawan bisa terus tertarik dan bertahan dengan pekerjaannya.

Kelima : Memahami dan merangkul perbedaan. Yang dimaksud perbedaan disini bukanlah mengenai masalah jenis kelamin, etnis, atau umur. Artinya mengajak orang untuk tidak hanya melihat perbedaan tetapi untuk “berfikir” secara berbeda.

Banyak perusahaan yang dalam mencari calon karyawan hanya mencari orang yang bekerja di perusahaan atau industri yang sama dengan yang digeluti oleh perusahaannya. Padahal terdapat banyak orang sangat berbakat yang punya bisnis sendiri, bekerja dalam industri yang berbeda atau punya pengalaman diluar batas perusahaan. Perusahaan seharusnya peduli dengan apakah orang percaya dengan nilai-nilai dalam perusahaan.

Keenam : Mengefektifkan proses perekrutan. Proses pengambilan keputusan pada banyak perusahaan kadang memakan waktu berbulan-bulan. Ini terlihat dalam proses pengambilan keputusan setelah wawancara. Orang akan merespon positif, perusahaan yang bisa mengefektifkan proses dan memberi tanggapan secara cepat, bahkan jika lamarannya di tolak. Juga, pergerakan secara cepat akan memberikan kepada anda keuntungan kompetitif yang signifikan atas pesaing.

Ketujuh : Menumpang. Sekali membawa seseorang masuk ke dalam perusahaan, maka seharusnya mempunyai rencana 100 hari untuk karyawan anda yang direkrut. Beberapa teknik- teknik efektif dapat memberi kepada karyawan saran-saran untuk menyesuaikan diri tempat kerja baru. Sejumlah studi memperlihatkan bahwa 100 hari pertama adalah hal yang kritis dalam membantu seseorang agar merasa menjadi 'bagian dari tim' dan, ketika melakukannya, akan lebih terdorong dan lebih terikat pada perusahaan dan target perusahaan.

Kualitas Front- Office dan Produktivitas Back-Office

Kebahagian karyawan berdampak signifikan terhadap produktivitasnya. Karyawan lebih produktif ketika ada kepercayaan pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Karyawan akan melibatkan pikiran, hati dan spiritnya. Perusahaan dengan tujuan sosial dapat memperoleh lingkungan kompetitifnya. Misalnya dengan mendidik karyawan yang mungkin berasal dari latar belakang pendidikan terbatas. Dengan menambah pendidikan sebagai nilainya, maka akan mampu mempekerjakan karyawannya yang lebih baik dan lebih produktif.

Karyawan yang dipicu oleh nilai tidak hanya bekerja lebih giat tapi juga memberikan kineja yang baik bagi perusahaan, memberikan consumer value yang selaras dengan kisah perusahaan. Keyakinan karyawan membantuk prilaku umum dalam pekerjaan sehari-hari, terutama ketika berinteraksi dengan konsumen. Prilaku ini akan menjadi bagian dari kisah merek yang dibicarakan oleh konsumen. Perusahaan harus melibatkan karyawan sebagai value ambassadors. Konsumen yang akan menilai otentitas perusahaan dengan menilai karyawannya.

Karyawan yang terbaik adalah yang menggunakan produk sendiri dan memahaminya luar dalam. Setiap hari karyawan mengalami arti terhubung dengan semua orang dalam perusahaan dan jaringanya. Hari-hari kerja adalah pelatihan produk bagi karyawan. Sehingga, dapat memberikan kisah yang meyakinkan dan realistis kepada langganan prospektif mengenai manfaat koneksi antar manusia. Karyawan diberdayakan untuk menyampaikan kisah merek karena dapat menghidupkan perusahaan yang disebut “living the brand”

Memberdayakan dan Mengintegrasikan Perbedaan

Perusahaaan besar memiliki banyak kantor dengan karyawan yang beragam. Shared value yang kuat membantu perusahaan mencapai tujuan yang terkesan bertentangan. Shared value mengurangi perbedaan dan mengintegrasikan karyawan dalam satu budaya perusahaan. Nilai-nilai yang kuat yang di internalisasikan oleh setiap karyawan memberikan keyakinan pada perusahaan untuk memberdayakan karyawannya, termasuk karyawan yang jauh dari kantor pusat perusahaan. Karyawan akan melakukan semua tindakan yang bermanfaat bagi perusahaan. Perusahaan dengan shared value yang kuat biasanya berhasil dengan pengambilakkeputusan tersentralisasi atau terlokasi. Nilai-nilai ini membantu perusahaan tidak hanya untuk menstsandarisasi tapi juga melokalisasi.

Shared value perusahaan menyatukan keragaman karyawan di bawah satu budaya. Keragaman itu akan dipertahankan tanpa menciptakan konflik berkat adanya shared value. Untuk menanamkan nilai, kebanyakan perusahaan mengandalkan training formal dan pelatihan informal. Pelatihan nilai-nilai (values) penting namun mungkin memiliki beberapa kelemhan. Pelatihan dapat berubah hanya menjadi “khotbah” dari pada praktik. Pelatih mungkin tidak berperan sebagai panutan dalam aktivitas sehari-hari di tempat kerja. Karyawan akan melihat ini dan menyadari pembicaraan tentang nilai- nilaihanya sebatas kata-kata. Lebih jauh, karyawan cenderung akan menjadi pendengar pasif dan cenderung tidak berkontribusi. Pemahaman karyawan juga terbatas karena tidak mencoba nilai-nilai melalui praktik.

Terdapat dua bagian untuk menciptakan menyelarakan tersebut. Pertama, perusahaan harus mempelajari kebijakan perusahaan yang mungkin melemahkan nilai-nilai perusahaan. Ini menantang karena kebanyakan kebijakan perusahaan lebih terinstitusi dari pada nilai- nilai perusahaan itu sendiri. Mengubah nilai perusahaan membutuhkan tindakan dari pemimpi dan kolaborasi dengan seluruh karyawan. Sering kali karyawan memiliki perasaan yang sama tentang praktik perusahaan yang tidak sesuai. Tetapi jika tidak diberdayakan, karyawan tidak akan mengatakan apa-apa. Kedua, perusahaan harus menciptakan sebuah mekanisme dimana 30 persen pendapatan berasal dari produk baru untuk menguatkan value of innovation

Mengubah Kehidupan Karyawan

Terdapat enam segmen karyawan yaitu:

1. Segmen low obligation and easy icome, yaitu sebuah kelompok karyawan yang menginginkan kemenangan yang cepat.

2. Segmen flexible support, yaitu sebuah kelompok yang mengikuti arus, karena karyawan belum melihat perkerjaan yang prioritas.

3. Segmen risk and reward, meliputi karyawan yang melihat pekerjaan sebagai kesempatan untuk menentang dan menyemangati diri sendiri.

4. Segmen individual expertise and team sucess, yang menginginkan pekerjaan dengan kerja sama kelompok dan kolaborasi

5. Segmen secure progress, menginginkan jalur karir yang menjanjikan.

6. Segmen expenssive legacy, yang menginginkan kesempatan untuk menciptakan dampak yang kekal pada perusahaan.

Memahami segmen karyawan memberikan inspirasi bagi perusahaan untuk mendesain signature experience (nilai-nilai perusahaan yang berdampak langsung pada kehidupan hidup karyawan) bagi segmen pasarnya. Hal itu juga membantu perusahaan

1. meyortir karyawan yang tidak cocok yang mungkin akan menyimpang dari nilai-nilai dan merusak karyawan yang baik. Signature experience harus kolaboratif kultural dan kreatif. Perusahaan harus menargetkan segmen

3. spesifik sehingga nilai-nilai intinya dapat terpenuhi dengan baik. Perusahaan yang senag bertualang dengan nilai-nilai kreatif mungkin cocok bagi segmen risk and reward (atau big risk big reward) yaitu yang menginginkan kompensasi yang bagus. Perusahaan dengan nili-nilai kultural yang menawarkan kesempatan untuk memasarkan produknya

4. Untuk karyawan kurang mampu akan cocok dengan expresive legacy (atau save the world), yaitu yang menginginkan kesempatan untuk berkontribusi pada misi-misi besar. Segmen individual expertise and team success adalah segen yang tepat bagi perusahaan dengan nilai-nilai kolaboratif yang menawarkan kesempatan bekerja sama dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Berdayakan Karyawan untuk Membuat Perubahan

Karyawan harus terlibat dan diberdayakan. Kehidupan karyawan harus diubah dengan nilai-nilai perusahaan. Pemberdayaan karyawan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Yang paling umum adalah menjadi sukarelawan pekerjaan karena berdampak tinggi ketika ada dampak strategis yang meningkatkan sumber-sumber perusahaan. Karyawan dapat mengajukan sebuah inovasi yang misinya untuk memberikan keuntungan komersial bagi perusahaan, dengan caranya sendiri. Hal ini dapat berdampak strategis ketika bekerja untuk tujuan sosial. Bentuk lain dari peberdayaan adalah melalui inovasi berupa desain produk terbaik dunia. Pemberdayaan dapat juga berarti berbagi kekuasaan. Peran pemipin adalah untuk memberi inspirasi. Pemimpin tidak harus menjadi satu-satunya mengambil keputusan, karyawan diberi kesempatan untuk membentuk masa depan perusahaan melalui pengambilan keputusan dengan voting. Perusahaan menjadi komunitas, dalam komunitas keputusan dibuat bersama untuk memajukan kepentingan bersama para anggotanya.

No comments:

Post a Comment