Nov 24, 2018

Tips Bikin Kopi yang Uenak


Kopi adalah minuman yang dikonsumsi lebih dari 2,25 milyar cangkir perhari di dunia. Diperkirakan 2 pertiga manusia di bumi minum secangkir kopi setiap hari. Bagaimana sulit dibayangkan dengan jumlah sebanyak itu, hingga sepadan kopi memerankan komoditi dunia ke dua setelah minyak bumi.


Karena begitu penting kopi bagi kehidupan kita, di manapun manusia di dunia ini membutuhkannya. Kopi merupakan minuman yang nikmat dan terkenal sejak jaman dahulu kala. Awalnya, minuman kopi dibuat dengan cara konvesional, yaitu dengan menyeduhkan air panas ke dalam kopi. Namun dalam perkembangannya, kopi dibuat dengan menggunakan coffee maker (mesin pembuat kopi) yang bisa menghasilkan berbagai macam cita rasa jenis kopi, seperti espresso, cappuccino dll.

Di bawah ini, ada tips membuat kopi secara tradisional yang nikmat. Lidah orang Indonesia yang lebih terbiasa dengan kopi seduhan, cara membuatnya yang mudah, praktis dan murah.

Pemilihan bubuk kopi

Anda bebas memilih jenis kopi robusta atau Arabica, kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Lampung, kopi Gayo, kopi Kintamani, kopi Papua ... terserah saja, sesuaikan dengan selera anda. Bubuk kopi yang baik adalah bubuk kopi yang sangat halus. Ciri cirinya adalah :
  • Halus dan lembut seperti bedak bayi.
  • Saat diseduh, tak ada lagi ampas yang mengambang dipermukaan air.

Suhu air panas

Suhu air panas yang ideal untuk meyeduh kopi adalah antara 90˚ C - 95˚ C. Untuk mengetahui apakah suhu air sudah ideal atau belum, anda bisa menggunakan thermometer. Kalo gak punya, gak usah bingung, anda bisa mengetesnya dengan cara memasukan jari anda ke dalam air. Kalo anda teriak "aduh!" dengan keras saat jari menyentuh air, itu tandanya suhu air masih dikisaran 100˚ C, jika anda teriak "aduh" dengan pelan, berarti suhunya sudah pas. Tetapi jika anda hanya diam tanpa bereaksi, berarti suhu air masih dingin. Atau anda bisa mengunakan cara ini, mendiamkan air yang sudah mendidih selama sekitar 1-2 menit, dengan itu akan didapat suhu air yang ideal. Tapi kalau anda masih bersikeras untuk menggunakan cara memasukan jari ke air panas...ya silahkan saja.

Mencampurkan bubuk kopi dan gula

Jika anda pergi ke café untuk minum kopi, maka anda akan mendapati kopi dengan gula yang terpisah, baik itu gula dalam sachet maupun gula cair. Untuk membuat kopi seduh yang nikmat, sebaiknya bubuk kopi dicampur dengan gula sebelum di seduh dengan air panas.

Perbandingan yang pas, biasanya dengan takaran 1 sendok kopi dicampur dengan 1,5 sampai 2 sendok gula, dan ini berlaku kelipatannya, misal : anda mau pake 1 truk kopi, berarti harus menyediakan 2 truk gula, itu jika anda mau membuat kopi untuk orang se Kampung. Perlu diingat! Campurkan bubuk kopi dan gula dengan merata! Untuk kopi yang lebih nikmat lagi, anda bisa gunakan cara mencampurkan air panas dengan gula ke dalam gelas, selanjutnya menuangkan air yang mengandung gula tersebut ke dalam gelas yang berisi bubuk kopi.

Cara mengaduk

Setelah kopi, gula dan air bercampur, maka diperlukan cara mengaduk yang tepat untuk mendapatkan kopi yang nikmat. Biasanya, mengaduk kopi itu mengikuti arah jarum jam atau sebaliknya. Anda bisa menggunakan cara mengaduk seperti menulis huruf "W" untuk hasil yang baik, tapi jangan menggunakan huruf "F" atau "E", karena susah mengaduknya. Atau anda bisa bereksperimen dengan berbagai gaya yang Anda punya dalam mengaduk kopi, siapa tau kalo diterapkan bisa menghasilkan kopi nikmat.

Sekarang, satu gelas kopi yang nikmat buatan anda sendiri sudah jadi. Jika mau lebih nikmat, kopi yang sudah jadi, bisa anda masak kembali, dengan catatan, jangan sampai airnya mendidih, cukup sampai mengeluarkan busa.

No comments:

Post a Comment