Jul 31, 2018

Nasihat Terhadap Isterimu



Bersyukurlah dan berdoalah untuk kebaikan isteri

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih sayang QS. Ar Rum : 21. Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati dan jadikanlah kami Imam bagi orang-orang yang bertaqwa QS. Al-Furqon : 74.


Cemburuilah isterimu

Nabi bersabda "Apakah kamu sekalian merasa heran dengan kecemburuan Sa'ad. Sungguh aku lebih pencemburu daripada dia. Dan Allah lebih pencemburu dari pada diriku" (Hr. Muslim). Setiap suami harus cemburu kepada isterinya. Sebab kalau tidak seekor serigala masih mampu menerkam domba yang gesit sekalipun.

Pimpinlah isteri dengan bijaksana.

Kaum laki-laki itu pemimpin bagi wanita, oleh karena itu Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka QS. An-Nisa : 34. Suatu kaum tidak akan memperoleh keberhasilan bila mereka menyerahkan kepemimpinan masalah mereka kepada seorang wanita (HR. Bukhori).

Pergauli isteri secara patut.

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban menurut cara yang ma'ruf QS. Al Baqoroh : 228. Salman berkata "Sesungguhnya jasadmu mempunyai hak atas dirimu, Rabbmu mempunyai hak atas dirimu, dan isterimu mempunyai hak atas dirimu. Oleh karena itu, berpuasalah tapi juga makanlah, shalat malamlah tapi juga datangilah isterimu. Tunaikan hak atas siapa yang memiliki hak." Nabi bersabda, "Salman telah berkata benar." (HR. Bukhari)

Damailah jika terjadi sengketa, hindari talak.


Dan jika kamu khawatir ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengenal QS. An-Nisa : 35.Perbuatan halal yang sangat dibenci Allah ialah talak. (HR. Abu Dawud dan Hakim). Bukan dari golongan kami seseorang yang merusak hubungan seorang perempuan dari suaminya (HR. Abu Dawud dan An-Nasa'i)

Nb: untuk membuka ayatnya tekan tooltip yang bergaris bawah.

No comments:

Post a Comment