Nov 9, 2023

Mujahadah An Nafs Adalah Kontrol Diri

 


Video klip di atas "hey brother" milik Avicii yang di cover Efi Gjika. SettiaBlog ambil sedikit potongan liriknya.
Hey, brother, there’s an endless road to re-discover
Hey, saudara, ada jalan ndak berujung yang harus ditemukan kembali
Hey, sister, know the water’s sweet but blood is thicker
Hey, saudari , ketahuilah air memang manis tapi darah lebih kental
Hey, brother, do you still believe in one another?
Hey, saudara, apakah kau masih percaya satu sama lain?
Kalau warna merah - putih yang di kenakan Efi di atas, kita semua tentu sudah ndak asing kan ya. Warna itu bukan mencontek dari negara lain lho ya. Jika Anda buka sejarah, Anda akan ngerti. Eyang Tribuana Tunggadewi dan pasukannya udah biasa memasang pataka di atas kapal yang memimpin sebuah rombongan ekspedisi untuk menandai adanya seseorang di atas kapal tersebut yang bertindak mewakili Raja atau Negara. Bendera atau panji-panji yang dipasang bernama: “Getih-Getah Samudra” (lima garis merah dan empat garis putih), sebagai bendera armada laut Majapahit. Dan tombak pataka itu namanya "Sang Hyang Baruna" Pataka Sang Hyang Baruna bersama tiga pataka kalau ndak salah masih berada di THE METROPOLITAN MUSEUM OF ART1000 5th Avenue, New York, NY - USA. Kita sendiri juga masih sering liat kan ya, di acara - acara tertentu di sertakan makanan yang berwarna merah - putih. Kayak "arang - arang kambang", makanan yang terbuat dari ketan yang mewakili warna putih dan gula aren mewakili warna merah. Dalam bahasa Jawa, makna "KETAN" dapat di artikan "Caketno Ati Marang Allah Kang Maha Rahman", (Mendekatkan Hati Kepada Allah Yang Maha Pengasih). Adapun makna dari "ARANG ARANG KAMBANG" adalah diambil dari 2 kata, yakni "ARANG ARANG" yang artinya "Jarang" dan "KAMBANG" yang artinya "Menampakkan Diri", yang senantiasa menenggelamkan diri dalam dekapan Allah SWT, Yang Maha Rahman. Ketika seorang sudah "Kambang" (Muncul) di permukaan dalam kehidupan bermasyarakat, maka ia harus mampu membawa dan menebarkan energi positif dengan memancarkan kasih sayang disekelilingnya, sebagaimana sifat Allah Yang Maha Rahman. Setelah itu seorang bisa menenggelamkan diri kembali kepada Allah Yang Maha Rahman. Ini artinya, ketika seorang hidup berada di tengah-tengah masyarakat dan menjalankan bhaktinya beramal shalih serta menebar kasih sayang, hendaknya dilakukan penuh ke ikhlasan dan semata-mata hanya karena Allah SWT, bukan karena ingin mendapat pujian, sanjungan dan penghargaan serta pamrih lain-lainnya. Untuk dapat menjaga hati agar senantiasa tetap ikhlas hanya karena Allah SWT, maka ia harus segera menenggelamkan diri kembali dalam dekapan Allah Yang Maha Rahman, setelah menjalankan bhaktinya tersebut.

SettiaBlog sendiri suka makan arang - arang kambang, kalau di pasaran ada yang udah di kasih durian untuk campuran kuah gula aren, kalau di sini biasa menggunakan buah nangka. Enak banget dan sangat berenergi. Agar energi positif  dapat menyelimuti pada diri seorang, maka ia harus melakukan Mujahadah dengan istiqomah, agar menjadi seorang yang bersih hatinya seperti ketan.  Dengan cara terus menerus dan istiqomah melakukan Mujahadah ini, maka akan menjadi dekat dan Makrifatullah atau mengenal Allah SWT, yang maha lembut (latif). Ini merupakan makna dari parutan kelapa yang lembut. Ketika sudah dekat dan Makrifatullah ini, maka Allah yang Maha Bercahaya (ber-energi), akan senantiasa melimpahkan energi positifnya. Dengan energi positif ini, maka akan menjadi mampu beramal shalih dan berbudi pekerti luhur, tahu benar dan salah serta Memayu Hayuning bawono. Hal ini karena dirinya senantiasa mendapatkan limpahan cahaya-Nya yang senantiasa menggerakan dan membimbing ke jalan yang di ridhoi Allah SWT, yakni "Shirothol Mustaqim". Ini merupakan jalan yang penuh kenikmatan dari Allah SWT, jalannya para Nabi dan Rasul serta Wali Allah.

Pengertian Mujahadah menurut arti bahasa, Syar'i dan istilah ahli hakikat, arti Mujahadah menurut ahli hakikat adalah memerangi nafsu amarah dan memberi beban kepadanya untuk melakukan sesuatu yang berat baginya yang sesuai dengan aturan Syara' (Agama). Sebagian ulama mengatakan : "Mujahadah adalah tidak menuruti kehendak nafsu", dan ada lagi yang mengatakan : "Mujahadah adalah menahan nafsu dari kesenangannya".
Adapun dalil yang melandasi agar seseorang melakukan Mujahadah adalah :
Allah SWT berfirman : Artinya ; " Dan orang-orang yang berjihad untuk ( mencari keridhoan ) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik". ( QS.29, Al-Ankabut : 69 )

Nabi Muhammad SAW bersabda : Arinya ; " Kalian telah pulang dari sebuah pertempuran kecil menuju pertempuran besar."
Lantas sahabat bertanya ; " Apakah pertempuran akbar ( yang lebih besar ) itu wahai Rasulullah ?"
Rasulullah SAW menjawab ; " Jihad ( memerangi ) hawa nafsu ". ( HR. Imam Baihaqi dan Nasa'i)
Hadist dari Fadlolah bin Ubaid ; Bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : Artinya ; " Orang yang berjihad ( bermujahadah ) adalah orang yang memerangi nafsunya dalam ( pendekatan dirinya kepada ) Allah ". ( HR. Imam Tirmidzi, Thabrani dan Ibnu Hiban dan Hakim )

          Dengan melakukan Mujahadah seperti pejelasan di atas, yang dikandung maksud agar kita semua dapat menang dalam perang dan mampu menundukkan hawa nafsunya yang senantiasa mengganggu dan mempengaruhi anggota badannya untuk melakukan perbuatan yang dilarang syariat agama. Dengan Mujahadah ini pula hati seorang dapat terjaga dari sifat-sifat tercela dan menjadi terhiasi dengan sifat-sifat mulia Allah SWT. Sifat mulia itu akan memancar dan memberi pengaruh kepada hati ( qolbu ), jasad dan seluruh anggota badan sehingga dalam hidupnya semakin menjadi manusia yang shalih secara vertikal ( pribadi dengan Allah SWT ), dan horisontal ( sosial ) serta mampu Memayu Hayuning Bawono.



Kalau video klip yang ini adalah "The Prayer Of Thousand Years". Ini termasuk Tibet-an music. Nuansanya memang menenangkan. SettiaBlog suka cosplaynya ini lho. Cosplay itu permainan kostum yang dilakukan oleh seseorang. Bagus kok ini, dia meniru lukisan dan di wujudkan dalam alam nyata. Kalau tanda di jidad nya itu, kalau ndak salah namanya bindi, simbol kecerdasan, kekuatan dan penetral energi negatif. Udah ya, yang jelas omongan SettiaBlog ndak usah terlalu di percaya.
Mujahadah An Nafs adalah sebuah sikap atau tindakan dalam upaya mengendalikan diri. Mengendalikan diri yang dimaksud dalam Mujahadah An Nafs adalah menahan diri agar tidak melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Adapun bentuk upaya mengendalikan diri yang dimaksud dalam Mujahadah An Nafs adalah segala upaya yang mencegah diri memiliki sifat serakah, tamak, dengki, dan sifat-sifat yang mendorong manusia untuk melakukan perbuatan buruk. Mujahadah An Nafs adalah salah satu bentuk jihad, karena mengendalikan diri sejatinya adalah memerangi hawa nafsu. Mujahadah An Nafs termasuk dalam ketegori jihad karena perang tersulit yang dihadapi manusia sejatinya bukanlah perang melawan musuh, melainkan melawan dirinya sendiri atau hawa nafsunya sendiri. Tentunya, Mujahadah An Nafs adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan oleh umat manusia, khususnya umat Islam. Sebab pengendalian diri yang baik akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment