Oct 3, 2023

Langkah Ini Membantu Menentukan Tujuan Hidup Anda

 


Pada bahasan kali ini backgroundnya SettiaBlog buat sedikit ngacau lagi. Ya, ini habis makan jajanan lama puthu mayang, itu lho yang bentuknya kriwul terus makannya pakai santan. Lagunya SettiaBlog kasih "meant to be" milik Bebe Rexha yang di cover Karolina. Peningkatan permainan biola kamu sudah maju pesat, kayak di lagu "meant to be" ini, pas banget gesekan biola kamu, ada sedikit yang mbleset c tapi itu wajar.  Karolin....ayo..., pakai gaya gerakan sendiri, biar ndak salah langkah.  Coba lihat yang di "srivalli" ini, gaya gerakan kamu sendiri. Pakai langkah segitiga, kadang langkah U, langkah lurus, ya sedikit angkatan kaki. Biasa c kelihatannya, tapi enak banget gerak langkahnya.


Lho...beneran yang SettiaBlog bilang ini. Menentukan langkah itu penting. Menjalani kehidupan yang monoton kerap menjadi kesulitan tersendiri untuk sebagian orang. Alih-alih menemukan pencapaian dalam hidup, kondisi ini justru bisa saja membuat seseorang terjebak dalam kehidupan yang itu-itu saja. Jika mengalami kondisi yang seperti ini, maka Anda  tentu kerap kebingungan tentang apa yang akan Anda capai dalam hidup ini.  Jangan berdiam diri dan kebingungan dengan tujuan hidup, sebab hal ini akan membuat Anda  jalan di tempat saja. Segera lakukan perubahan dari hal yang kecil terlebih dahulu. Berikut ini beberapa langkah jitu yang bisa dilakukan untuk segera menentukan tujuan hidup.

1. Tentukan tantangan 30 hari ke depan

Melakukan perubahan dalam skala yang besar merupakan hal yang terbilang sangat sulit untuk sebagian orang, jadi hindari hal tersebut. Anda  bisa memulai perubahan dari hal kecil terlebih dahulu yang bisa dilakukan.  Mulailah tentukan tantangan apa yang akan dicapai untuk 30 hari ke depan. Ini bisa Anda kaitkan dengan berbagai tujuan jangka panjang di dalam kehidupan Anda. Misalnya sejak lama Anda ingin membeli sebuah rumah pribadi, namun harga properti yang tinggi langsung membuat nyali menjadi ciut. Bukannya mengupayakan untuk bisa mewujudkannya, Anda hanya terpaku sambil melihat harga properti yang setiap tahun meningkat, sementara Anda tidak melakukan apapun untuk bisa memilikinya. Jika menginginkan perubahan dalam mencapai tujuan hidup di atas, maka mulailah ubah pola pikir tentang harga rumah yang mahal itu. Harga rumah memang tinggi, namun Anda bisa membelinya dengan melakukan langkah yang tepat. 

Anda bisa menantang diri selama 30 hari ke depan untuk menghasilkan uang yang bisa dipakai untuk membeli rumah ini dengan melakukan investasi. Lalu biarkan uang tersebut memberi Anda sejumlah keuntungan selama 30 hari ke depan. Ini bukan hanya mengubah pola pikir tentang masa depan, namun juga tentang mengelola uang dan mendapatkan rumah impian.

2. Teruslah mengasah skill 

Skill adalah aset berharga yang kelak akan menjadi sesuatu yang bisa menopang hidup. Apapun itu, jangan pernah sepelekan skill yang Anda  miliki. Asah skill Anda menjadi lebih baik lagi. Hal ini akan memungkinkan Anda menjadi seorang ahli di bidang yang Anda minati atau bahkan geluti sebagai pekerjaan utama. Selain itu, mempelajari berbagai skill baru juga tak kalah pentingnya. Anda akan selalu memiliki gairah untuk menguasai sebuah bidang tertentu, terutama yang bisa mendukung kesuksesan di masa depan. Skill yang baru ini tidak harus selalu yang sedang trend atau bahkan disukai banyak orang. Semakin unik keahlian yang dimiliki, maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan kesuksesan dari bidang tersebut, jadi jangan abaikan hal itu.

3. Kenali dan pahami diri sendiri

“Menemukan” diri sendiri merupakan hal yang tidak selalu mudah untuk sebagian orang, barangkali untuk Anda  juga. Apabila, Anda ingin mengubah masa depan, maka harus mulai mengenali diri sendiri dengan lebih baik lagi. Mulailah hal ini dengan bertanya pada diri sendiri tentang apa yang Anda sukai dan hal apa yang bisa membuat Anda bahagia. Pertanyaan tersebut akan membantu Anda menentukan visi dan misi di dalam hidup ke depannya. Anda tidak akan lagi “hilang” dan kebingungan dalam menjalani hidup, sebab Anda  bisa menentukan tujuan hidup dengan lebih tepat.

Masa Depan Anda Dimulai dari Sekarang

Masa depan Anda kelak tergantung dari apa yang Anda lakukan sekarang. Jika Anda hanya bermalas-malasan, maka jangan harap masa depan Anda cerah. Beda halnya dengan seseorang yang menyusun rencana masa depan atau tujuan hidup sejak sekarang. Sudah dipastikan kehidupan akan berjalan sesuai yang direncanakan. Luangkan waktu untuk mengasah kemampuan dan melihat apa saja yang ingin Anda capai di dalam hidup ini. Hal ini akan memudahkan Anda menentukan tujuan hidup, termasuk untuk mencapai berbagai tujuan tersebut dengan baik kedepannya.br>

••••ooOoo••••





Di lagu "the sound of silence" ini penampilan  kamu terlihat cantik dan anggun lho Karolin. Apalagi belahan rambutnya...mhmm...  Lirik lagunya juga memiliki makna cukup dalam, kayak pada bait,
"People talking without speaking People hearing without listening"
Ini semacam pertanyaan yang menohok kemanusiaan kita. Untuk peradaban kita.  Telah manusia kah kita sebagai manusia?  Benarkah saat kita bicara dan mendengar,  kita mengerti apa yang kita bicarakan?  Apakah ada maknanya?  Apakah saat mendengar orang bicara,  kita benar-benar mendengarkan? Ataukah empati telah menjadi barang langka? Di sisi lain, orang-orang yang 'sok tau', dan 'asbun' (asal bunyi) semakin banyak mengepung keseharian kita.   Ah,  ada apakah dengan kita?  Lirik berikutnya,
"And the people bowed and pray. To the neon God they made"
Sadar tanpa kita sadari,  banyak berhala yang saat ini kita puja. Demi mendongkrak eksistensi diri,  gengsi dan ambisi. Terkondisikan oleh sistem yang melecut kita untuk terus menerus bersaing sejak kecil,  sejak di sekolah,  berkompetisi,  membuat kita dininabobokan oleh perlombaan yang tiada henti.  Semacam terus menerus mereguk air di lautan.  Alih alih penawar dahaga,  yang ada kita kehausan terus. Kita lupa pada yang inti. Kita lupa menentukan misi diri berada di dunia ini.  Kita memilih ikut terseret arus gelombang besar kehidupan.  Yang penting merasa aman dan nyaman karena bersama dengan yang mayoritas memilih jalan yang sama.  Merasa benar.  Merasa 'on the right track'. Tanpa sempat memberi jeda untuk berefleksi,  berkontemplasi.  Merenung akan arti dari semua ini.  Ah,  mau kemanakah kita ini?  Padahal di atas langit masih ada langit.  Dan hidup hanya sementara saja.  Sekadar mampir dan minum kopi tho? ...he...he...

No comments:

Post a Comment